IMPLEMENTASI PEMIKIRAN IMAM AL-GHAZALI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SMPQTA AN NUR GEDONG TATAAN TAHUN 2024/2025
DOI:
https://doi.org/10.35450/jip.v13i01.856Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pemikiran Imam Al-Ghazali dalam pembentukan karakter peserta didik di SMPQTA An Nur Gedong Tataan tahun ajaran 2024/2025. Fokus penelitian ini adalah penerapan nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab, dan empati sebagai bagian dari pendidikan karakter berbasis Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi, melibatkan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah menerapkan pendidikan karakter melalui pembiasaan nilai-nilai Islam, program mentoring, serta kegiatan sosial yang melibatkan peserta didik dalam praktik kejujuran, tanggung jawab, dan empati. Hambatan utama yang dihadapi dalam implementasi ini meliputi pengaruh lingkungan luar sekolah dan keterbatasan sumber daya. Meskipun demikian, penelitian ini menegaskan bahwa pemikiran Imam Al-Ghazali dapat dijadikan model dalam membangun generasi berakhlak mulia melalui pendekatan keteladanan dan pembiasaan nilai-nilai karakter dalam kehidupan sehari-hari.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2025 Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan jurnal harus mengerti bahwa jurnal yang diterima dan dipublikasikan, hak cipta jurnal tersebut diberikan kepada Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan (JIP), Balitbangda Provinsi Lampung sebagai penerbit jurnal.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan jurnal ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi sejenis lainnya, serta terjemahan, reproduksi sebagian / bagian dari jurnal ini, penyimpanannya di basis data dan penularannya oleh bentuk atau media apapun seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dll.