IMPLEMENTASI PEMIKIRAN IMAM AL-GHAZALI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SMPQTA AN NUR GEDONG TATAAN TAHUN 2024/2025

Penulis

  • Faqihuddin Akbar Muallim Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung
  • Umi Hijriyah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Nur Asiah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Listiyani Siti Romlah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Sunarto Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.35450/jip.v13i01.856

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pemikiran Imam Al-Ghazali dalam pembentukan karakter peserta didik di SMPQTA An Nur Gedong Tataan tahun ajaran 2024/2025. Fokus penelitian ini adalah penerapan nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab, dan empati sebagai bagian dari pendidikan karakter berbasis Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi, melibatkan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah menerapkan pendidikan karakter melalui pembiasaan nilai-nilai Islam, program mentoring, serta kegiatan sosial yang melibatkan peserta didik dalam praktik kejujuran, tanggung jawab, dan empati. Hambatan utama yang dihadapi dalam implementasi ini meliputi pengaruh lingkungan luar sekolah dan keterbatasan sumber daya. Meskipun demikian, penelitian ini menegaskan bahwa pemikiran Imam Al-Ghazali dapat dijadikan model dalam membangun generasi berakhlak mulia melalui pendekatan keteladanan dan pembiasaan nilai-nilai karakter dalam kehidupan sehari-hari.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2025-03-30

Cara Mengutip

Faqihuddin Akbar Muallim, Umi Hijriyah, Nur Asiah, Listiyani Siti Romlah, & Sunarto. (2025). IMPLEMENTASI PEMIKIRAN IMAM AL-GHAZALI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SMPQTA AN NUR GEDONG TATAAN TAHUN 2024/2025. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 13(01). https://doi.org/10.35450/jip.v13i01.856

Terbitan

Bagian

Articles