STRATEGI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TEKNIK PROBLEM-BASED-LEARNING (PBL) UNTUK MENGEMBANGKAN KESADARAN KARIER SISWA DI SMA
DOI:
https://doi.org/10.35450/jip.v13i01.780Kata Kunci:
Bimbingan Klasikal, Problem-Based Learning, Kesadaran Karier, Siswa SMAAbstrak
Strategi layanan bimbingan klasikal berbasis Problem-Based Learning (PBL) bertujuan untuk meningkatkan kesadaran karier siswa di tingkat SMA. Kesadaran karier, yang mencakup pemahaman tentang potensi diri, pilihan karier, dan kemampuan mengambil keputusan, merupakan elemen penting untuk membantu siswa merencanakan masa depan secara mandiri. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur untuk mengeksplorasi implementasi strategi PBL dalam bimbingan klasikal. Hasil analisis menunjukkan bahwa PBL, melalui penyelesaian masalah nyata, mendorong siswa untuk berpikir kritis, bekerja sama, dan membuat keputusan berbasis informasi. Strategi ini memberikan manfaat signifikan dalam pengembangan kesadaran karier siswa, meskipun menghadapi tantangan seperti kesiapan konselor dan siswa serta waktu pelaksanaan yang lebih panjang dibanding metode tradisional. Dengan pelatihan konselor, dukungan teknologi, dan integrasi aktivitas interaktif, PBL dapat menjadi solusi efektif untuk memperkuat layanan bimbingan karier di Indonesia
Unduhan
Referensi
Oktaviani, S. N., & Syawaluddin, S. (2023). Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Menguatkan Karakter Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 115-119.
Muslihati, M. (2024). Peran bimbingan dan konseling dalam penguatan pendidikan karakter di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 4(3), 12.
Anriani, S. R., Hasanuddin, H., & Alam, S. P. (2021). Strategi kolaboratif dalam manajemen pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah. Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 1(1), 48-62.
Ayu, H. P., Suci, M. W., Adifa, M. P., Amelia, A., Azhari, M., Farhan, M. R., & Marlia, A. (2023). Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Mendukung Siswa: Proses, Tantangan, Dan Dampak Konseling, Serta Kolaboratif Dengan Guru Pai Dan Di Smp Negeri 33 Palembang. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(5), 64-71.
Nurhayani, N., & Simanungkalit, S. (2024). Kolaborasi Guru Bidang Studi Akidah Akhlak dan Guru Bimbingan Konseling Dalam Membina Karakter Peserta Didik di MAN 1 Medan. Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset, 2(1), 62-69.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2025 Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan jurnal harus mengerti bahwa jurnal yang diterima dan dipublikasikan, hak cipta jurnal tersebut diberikan kepada Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan (JIP), Balitbangda Provinsi Lampung sebagai penerbit jurnal.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan jurnal ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi sejenis lainnya, serta terjemahan, reproduksi sebagian / bagian dari jurnal ini, penyimpanannya di basis data dan penularannya oleh bentuk atau media apapun seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dll.