STRATEGI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TEKNIK PROBLEM-BASED-LEARNING (PBL) UNTUK MENGEMBANGKAN KESADARAN KARIER SISWA DI SMA
DOI:
https://doi.org/10.35450/jip.v13i01.780Keywords:
Bimbingan Klasikal, Problem-Based Learning, Kesadaran Karier, Siswa SMAAbstract
Strategi layanan bimbingan klasikal berbasis Problem-Based Learning (PBL) bertujuan untuk meningkatkan kesadaran karier siswa di tingkat SMA. Kesadaran karier, yang mencakup pemahaman tentang potensi diri, pilihan karier, dan kemampuan mengambil keputusan, merupakan elemen penting untuk membantu siswa merencanakan masa depan secara mandiri. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur untuk mengeksplorasi implementasi strategi PBL dalam bimbingan klasikal. Hasil analisis menunjukkan bahwa PBL, melalui penyelesaian masalah nyata, mendorong siswa untuk berpikir kritis, bekerja sama, dan membuat keputusan berbasis informasi. Strategi ini memberikan manfaat signifikan dalam pengembangan kesadaran karier siswa, meskipun menghadapi tantangan seperti kesiapan konselor dan siswa serta waktu pelaksanaan yang lebih panjang dibanding metode tradisional. Dengan pelatihan konselor, dukungan teknologi, dan integrasi aktivitas interaktif, PBL dapat menjadi solusi efektif untuk memperkuat layanan bimbingan karier di Indonesia
Downloads
References
Oktaviani, S. N., & Syawaluddin, S. (2023). Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Menguatkan Karakter Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 115-119.
Muslihati, M. (2024). Peran bimbingan dan konseling dalam penguatan pendidikan karakter di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 4(3), 12.
Anriani, S. R., Hasanuddin, H., & Alam, S. P. (2021). Strategi kolaboratif dalam manajemen pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah. Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 1(1), 48-62.
Ayu, H. P., Suci, M. W., Adifa, M. P., Amelia, A., Azhari, M., Farhan, M. R., & Marlia, A. (2023). Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Mendukung Siswa: Proses, Tantangan, Dan Dampak Konseling, Serta Kolaboratif Dengan Guru Pai Dan Di Smp Negeri 33 Palembang. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(5), 64-71.
Nurhayani, N., & Simanungkalit, S. (2024). Kolaborasi Guru Bidang Studi Akidah Akhlak dan Guru Bimbingan Konseling Dalam Membina Karakter Peserta Didik di MAN 1 Medan. Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset, 2(1), 62-69.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2025 Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shell be assigned to Development Innovation: Jurnal Kelitbangan (JIP) , Balitbangda Provinsi Lampung as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations, the reproduction of any part of this journal, its storeage in databases and its transmission by any form or media. such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc.