PENGARUH VIRAL MARKETING DAN CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA FLAVOAM LAMPUNG
DOI:
https://doi.org/10.35450/jip.v13i01.766Kata Kunci:
Viral Marketing, Usaha, Digital, FlavoamAbstrak
Penelitian ini menganalisis pengaruh Viral Marketing dan Celebrity Endorsement terhadap Keputusan Pembelian konsumen di Flavoam, usaha jasa pencucian sepatu di Lampung. Di era digital, Viral Marketing memungkinkan penyebaran informasi produk cepat dan murah melalui media sosial, sementara Celebrity Endorsement memanfaatkan daya tarik selebriti untuk meningkatkan kepercayaan konsumen. Dengan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan melalui kuesioner dari 59 responden pelanggan Flavoam Lampung. Pengujian dalam studi ini mencakup analisis deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji t serta uji f. Hasil menunjukkan bahwa Viral Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Celebrity Endorsement berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dan kedua strategi tersebut secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Temuan ini memberikan wawasan bagi Flavoam Lampung dalam merumuskan strategi pemasaran yang lebih efektif dan berkontribusi pada pengembangan teori pemasaran.
Unduhan
Referensi
Andora, M., & Yusuf, A. (2021). Pengaruh Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepercayaan Pelanggan Pada Platform Shopee. Jurnal MANAJERIAL, 20(2), 208–216. https://doi.org/10.17509/manajerial.v20i2.29138
Azizah, Y. J., & Fikriyah, K. (2023). Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim Pada Produk Scarlett Whitening Di Surabaya. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 4(1), 37–47. https://doi.org/10.15575/jim.v4i1.23552
Bukit, E. F., & Mayangsari, F. D. (2023). Pengaruh Viral Marketing , Celebrity Endorser , dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Skintific. 204, 322–332. https://doi.org/10.32509/wacana.v22i2.3361
Indriyani, V. (2023). Pengaruh Online Customer Review dan Celebrity Endorsment Terhadap Eksistensi Di Media Sosial Instagram pada Toko Elv _ Bucket Pringsewu. 1(3), 277–284.
Jaelani, D., Herdiana, D., & Yusuf, A. (2024). Pengaruh Pemasaran Celebrity Endorsment pada Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli pada Produk Pakaian Kaum Wanita Generasi Z Dikota Karawang. Economic Reviews Journal, 3(3), 1262–1288. https://doi.org/10.56709/mrj.v3i3.287
Kholiq, I., & Sari, D. K. (2021). Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser, Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kosmetik Make Over Di Sidoarjo. 4, 1–14. https://doi.org/10.21070/acopen.4.2021.2604
Kristanto, O. D., Manajemen, J., Jember, U., Indraningrat, K., Manajemen, J., Jember, U., Prasetiyaningtiyas, S., Manajemen, J., & Jember, U. (2017). PENGARUH VIRAL MARKETING , CELEBRITY ENDORSER DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI. 11(1), 62–75.
Kumar, S., & Venkata Ramana, V. (2019). Celebrity Endorsement, Consumer Based Brand Equity: A Literature Review. International Journal of Management Studies, VI(3), 54. https://doi.org/10.18843/ijms/v6i3/08
Liu, H.-H., & Wang, Y.-N. (2019). Interrelationships between Viral Marketing and Purchase Intention via Customer-Based Brand Equity. Journal of Business and Management Sciences, 7(2), 72–83. https://doi.org/10.12691/jbms-7-2-3
Manggalania, L. K., & Soesanto, H. (2021). Pengaruh Celebrity Endorsement , Country Of Origin Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal Management, 10(6), 1–15.
Maulida, A. R., Hermawan, H., & Izzuddin, A. (2022). Pengaruh Viral Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(1), 27–37. https://doi.org/10.37606/publik.v9i1.260
Najwah, J., & Chasanah, A. N. (2023). Pengaruh Viral Marketing, Online Consumer Reviews, Harga, Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Tokopedia. BISECER (Business Economic Entrepreneurship), 5(2), 1. https://doi.org/10.61689/bisecer.v5i2.343
Pratiwi, A. (2019). Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen : Studi Kasus 212 Mart Cikaret PENDAHULUAN Latar Belakang Masalah Perkembangan dan pertumbuhan trend perilaku berbelanja konsumen yang saat ini lebih mengutamakan kepraktisan dan kemudahan , maka timbul. 2(2), 150–159. https://doi.org/10.47467/elmal.v2i2.345
Rimbasari, A., Widjayanti, R. E., & Thahira, A. (2023). PENGARUH VIRAL MARKETING DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PLATFORM TIKTOK. https://e-journal.unipma.ac.id/index.php/capital/article/view/15304/pdf
Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. https://e-journals.unmul.ac.id/index.php/psikoneo/article/view/4870/pdf
Vidyanata, D. (2019). PERAN BRAND CREDIBILITY SEBAGAI MEDIASI PENGARUH STRATEGI CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP BRAND EQUITY. 6. https://e-journal.unair.ac.id/JMTT/article/view/12812/pdf
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2025 Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan jurnal harus mengerti bahwa jurnal yang diterima dan dipublikasikan, hak cipta jurnal tersebut diberikan kepada Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan (JIP), Balitbangda Provinsi Lampung sebagai penerbit jurnal.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan jurnal ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi sejenis lainnya, serta terjemahan, reproduksi sebagian / bagian dari jurnal ini, penyimpanannya di basis data dan penularannya oleh bentuk atau media apapun seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dll.