STRATEGI PEMASARAN PARIWISATA WAY BELERANG, KALIANDA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG DAN RETRIBUSI DAERAH KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Penulis

  • Ade Sandra Dewi Sang Bumi Ruwa Jurai University ,Bandar Lampung

DOI:

https://doi.org/10.35450/jip.v12i03.715

Kata Kunci:

pariwisata way belerang, strategi pemasaran, jumlah pengunjung, retribusi daerah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran Pariwisata Way Belerang dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung dan Retribusi Daerah Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif karena Penelitian ini mempunyai tujuan untuk memperoleh jawaban yang terkait dengan pendapat, tanggapan atau persepsi seseorang sehingga pembahasannya harus secara kualitatif atau menggunakan uraian kata-kata. “Penelitian deskriptif mencoba mencari deskripsi yang tepat dan cukup dari semua aktivitas, objek, proses, dan manusia” (Sulistyo, 2010). Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi Pemasaran Pariwisata Way Belerang yang tepat adalah  menggunakan strategi bauran 4A (attraction, accessibility, amenity, ancellery) + 3P (price, place, promotion) berdasarkan Undang-undang Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan, yang dapat dikembangkan lagi strategi pemasarannya disesuaikan dengan perkembangan Pariwisata Way Belerang kedepannya sehingga dapat meningkatkan jumlah pengunjung dan retribusi daerah Kabupaten Lampung Selatan dari sektor Pariwisata

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Asmariadi, adi. (2023). PENGEMBANGAN PARIWISATA BUDAYA DI KOTA BANDUNG DALAM SUDUT PANDANG IMPLEMENTASI KERJA SAMA PEMERINTAH DENGAN BADAN USAHA. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 11(02), 109 - 124. https://doi.org/https://doi.org/10.35450/jip.v11i02.403

Dianggorobles, S., Fairliantina, E., & ., L. (2024). PERAN TEKNOLOGI IMMERSIF DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING INDUSTRI PARIWISATA. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 12(01). https://doi.org/https://doi.org/10.35450/jip.v7i3.555

Nurdin, B. (2016). Study of Tourism Anthropology and Ethno-Ecotourism in Tourism Development in Lampung Province. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 4(02), 116-123. https://doi.org/https://doi.org/10.35450/jip.v4i02.13

Purbohastuti, A. W. (2021). The marketing mix effectiveness on indomaret's consumer purchase decision. Sains Manajemen, 7(1), 1-17

Purnomo F, Andriani N. 2021. Model Strategi Pemasaran Usaha Industri Batik (Studi Pada Belva Batik Tulis Madura di Burneh, Kabupaten Bangkalan). J. Kaji. Ilmu Manaj. 1: 310–319.

Rangkuti, Freddy. 2015. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sanusi, Anwar. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono D. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 346 p.

Supriyatno, Bambang. (2016). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Jumlah Pengunjung Objek Wisata diKabupaten ngawi.Media Prestasi.16(2).

Syahdanur dan Ona Gustina Mardianti. (2018). Strategi Pengembangan Pariwisata Syariah Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Muslim Domesik dan Mancanegara di Provinsi Riau.

Thamrin dan Francis. (2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers. Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono. (2012). Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta, Andi

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.

Undang-Undang Republik Indonesia No 9 Tahun 1990 Tentang Kepariwisataan.

Undang-Undang Republik Indonesia No 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan. Vellas, Francois dan Lionel Becherel. (2008). Pariwisata Internasional: Sebuah Pendekatan Strategis. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan. (Http://lampungselatankab.go.id)

Yoeti, Oka Adlis. (2008). Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Jakarta: Pradnya Paramita.

Yusuf M. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana. 493 p.

Diterbitkan

2024-12-19

Cara Mengutip

Dewi, A. S. (2024). STRATEGI PEMASARAN PARIWISATA WAY BELERANG, KALIANDA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG DAN RETRIBUSI DAERAH KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 12(03). https://doi.org/10.35450/jip.v12i03.715

Terbitan

Bagian

Articles