PENGENALAN STRATEGI PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA SISWA SMPS DHARMA NUSA

Penulis

  • Bernadus Bin Frans Resi institut keguruan dan teknologi larantuka

DOI:

https://doi.org/10.35450/jip.v12i03.629

Kata Kunci:

HOTS, Pemecahan Masalah, Masalah Matematika

Abstrak

Kemampuan memecahkan masalah matematika merupakan sebuah kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh siswa, baik pada jenjang SD, SMP, SMA, bahkan Perguruan Tinggi. Berdasarkan data hasil observasi dan penelitian yang pernah dilakukan oleh tim pelaksana, terdapat permasalahan yang dialami oleh siswa dalam hal kemampuan pemecahan masalah matematika. Hasil OSN juga menunjukkan kemampuan siswa masih sangat rendah.  Soal OSN bidang matematika disusun menggunakan standar Higher Order thinking Skills (HOTS). Siswa tidak dibiasakan menyelesaikan soal matematika berorientasi HOTS. Dengan demikia, sebuah solusi yang dapat ditempuh guna mengatasi masalah tersebut adalah memprkenalkan siswa lebih dini mengenai strategi pemecahan masalah berorientasi HOTS. Kegiatan pengenalan soal berorientasi HOTS dilakukan pada siswa SMP Dharma Nusa. Waktu pelaksanaan tanggal 06 – 07 Oktober 2023. Metode pelaksanaan adalah ceramah dan diskusi kelompok. Hasil dari kegiatan menunjukkan bahwa kemampuan siswa setelah mengikuti pelatihan pengenalan soal berorientasi HOTS mengalami peningkatan. Sebesar 63% pada level C-4, 17% pada level C-5, 13% pada level C-6, dan sisanya pada level C-3.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anderson, L. W., Krathwohl M. C. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching and Assesing. New York: Longman
Annuuru, T. A., Johan, R. C., & Ali, M. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Treffinger. Eduthecnologica, 3(2), 136–144.
Budiarta, K., Harahap, M. H., Faisal, & Mailani, E. (2018). Potret Implementasi Pembelajaran Berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) di Sekolah Dasar Kota Medan. Jurnal Pembangunan Perkotaan, 6(2), 102–111
Kemendikbud. (2017). Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Kemendikbud. (2019). Laporan Hasil Ujian Nasional dapat diakses di https://kemendikbud.go.id/hasil-un/ Jakarta: Kemendikbud.
OECD. (2016). Programme For International Students Assessment (PISA) Result From PISA 2015. Paris: OECD.
Puspitasari, A. (2019). Ungkap Persentase Hasil UNBK SMP 2019, dapat diakses pada blog.ruangguru.com/ungkap-persentase-hasil-unbk-smp-2019?hs_amp=true. Jakarta: Blog Ruangguru.

Sumaryanta. (2018). Penilaian HOTS dalam Pembelajaran Matematika. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 8 (8), 500-509.
Suryapuspitarini, B. K., Wardono, & Kartono. (2018). Analisis Soal-Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Kurikulum 2013 untuk Mendukung Kemampuan Literasi Siswa. Seminar Nasional Matematika (pp. 876-884). Semarang: PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika.
Suryowati, E. (2018). Mendikbud Jelaskan Mengapa UNBK Tahun Ini Lebih Sulit. Jakarta: kompas.com :https://www.kompas.com/nasional/read/2018/04/13/20350661/mendikbud-jelaskanmengapa-unbk-tahun-ini-lebih-sulit
Tanujaya, B., Mumu, J., & Margono, G. (2017). The Relationship between Higher Order Thinking Skills and Academic Performance of Student in Mathematics Instruction. International Education Studies, 10(11), 78–85. https://doi.org/10.5539/ies.v10n11p78
Thomas, G., & Thorne, A. (2009). How To Increase Higher Level Thinking. Metarie, LA: Center for Development and Learning, 2009, 1–17. https://doi.org/http://www.cdl.org/resourcelibrary/articles/HOT.php?type=subject&id=18

Diterbitkan

2024-11-15

Cara Mengutip

Resi, B. B. F. (2024). PENGENALAN STRATEGI PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA SISWA SMPS DHARMA NUSA. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 12(3). https://doi.org/10.35450/jip.v12i03.629

Terbitan

Bagian

Articles