STRATEGI MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA USAHA KULINER DI KECAMATAN BENGKAYANG

Penulis

  • Friska Febrianti Institut Shanti Bhuana
  • Sabinus Beni Institut Shanti Bhuana

DOI:

https://doi.org/10.35450/jip.v11i02.384

Kata Kunci:

Strategi, Kepuaasan Pelanggan, Loyalitas

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi mempertahankan loyalitas pelanggan pada usaha kuliner. Penelitian ini dilakukan di kecamatan Bengkayang dari November 2022-Juni 2023. Berdasarkan hasil penelitian, Makanan adalah kebutuhan pokok yang sangat diperlukan manusia setiap hari. Semua bahan yang diolah maupun tidak diolah dan dimakan manusia akan bermanfaat bagi tubuh. Seiring dengan berkembangnya zaman fakta mengenai kuliner juga telah berkembang pesat. Tak sedikit orang yang memilih untuk membuka usaha dalam bidang kuliner. Hal ini dikarenakan suatu makanan atau minuman yang unik mudah dikenal oleh banyak orang. Banyak pula para wirausaha yang menggeluti bidang kuliner bukan karena hanya ingin mendapatkan keuntungan dan penghasilan, tetapi juga mau mengembangkan bakat yang ada supaya menjadi lebih bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Pengusaha kuliner di Kecamatan Bengkayang melakukan beberapa strategi demi mempertahankan pelanggannya yaitu dengan menjaga kualitas produk, kualitas pelayanan, kepuasan konsumen dan melakukan strategi tambahan menggunakan bauran pemasaran 4P.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Friska Febrianti, Institut Shanti Bhuana

Kewirausahaan

Sabinus Beni, Institut Shanti Bhuana

Kewirausahaan

Referensi

alam, Rayhan Hafiz Haidar. 2021. “Analisis Strategi Pemasaran Produk Makanan Pentol Bakar Cina ‘Yangno’ Terhadap Minat Beli Konsumen Di Banjarbaru.”
Alifia, Mayasyah. 2022. “Pengaruh Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Cafe D’nangklik Kepatihan Gresik.”
Amelia, Mia Siti. 2016. “Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Pada Cafe Coffee Time Kopo Bandung.”
Aprileny, Imelda, Devy Kartika Rizki, And Jayanti Apri Emarawati. 2022. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening.” Jurnal Stei Ekonomi 31(01): 37–51.
Asti, Eka, And Eka Ayuningtyas. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dn Harga Terhadap Kepuasan Konsumen.” Ekomabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis 1(01): 1–14.
Budi, Adi Asmariadi, Dian Sera Fauzela, And Eka Adistia. 2020. “Struktur Ekonomi Rapuh: Pelajaran Yang Didapat Dari Bumi Dipasena-Lampung Fragile Economic Structure: Lesson Learned From Bumi Dipasena-Lampung.”
Dewi, Pratiwie Nirmala, Chandra Hendriyani, And Rommy M Ramdhani. 2021. “Analisis Implementatasi Strategi Bauran Pemasaran 7p Pada Usaha Bakso Wong Jowo By Tiwi.” Jip (Jurnal Industri Dan Perkotaan) 17(2): 6–13.
Dyaz, Renaldi. 2022. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pd. Ikram Nusa Persada.”
Fauzela, Dian Sera. 2019. “Menelisik Pola Pembagian Kerja Kepala Daerah: Studi Deskriptif Agenda Harian Gubernur Lampung.” Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan 7(3): 229.
———. 2023. “Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Terhadap Produk Kosmetik Yang Mengandung Bahan Berbahaya Dalam Jual Beli Online (E-Commerce).” Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan 11(01): 1.
Fitria, Nurul, Leonard Adrie Manafe, And Wahyuni Cholifa Sari. 2021. “Kualitas Produk Ditinjau Dari Persepsi Konsumen Pentol Kluwung: Si Pentol Sehat Pelangi.” Jpek (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan) 5(2): 258–68.
Jumarodin, Jumarodin. 2019. “Pengaruh Variasi Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Bedukmutu Di Umy.” Jurnal Manajemen Bisnis 10(1): 102–19.
Kurniasari, Febri Eka, Gumoyo Mumpuni Ningsih, And Istis Baroh. 2022. “Analisis Loyalitas Konsumen" Pentol Kalangan".” Jurnal Pertanian Cemara 19(1): 35–42.
Kurniawan, Heri Diyan. 2018. “Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Ekobis Dewantara 1(4): 73–82.
Lesmana, Rosa. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pt. Radekatama Piranti Nusa.” Jurnal Pemasaran Kompetitif 2(2).
Liwe, Farli. 2013. “Kesadaran Merek, Keragaman Produk, Dan Kualitas Produk Pengaruhnya Terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen Membeli Di Kentucky Fried Chicken Manado.” Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 1(4).
Mamonto, Felisa W, Willem J F A Tumbuan, And Mirah H Rogi. 2021. “Analisis Faktor-Faktor Bauran Pemasaran (4p) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Podomoro Poigar Di Era Normal Baru.” Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 9(2).
Nugrahani, Farida, And M Hum. 2014. “Metode Penelitian Kualitatif.” Solo: Cakra Books 1(1): 3–4.
Nurkholiq, Adita, Oyon Saryono, And Iwan Setiawan. 2019. “Analisis Pengendalian Kualitas (Quality Control) Dalam Meningkatkan Kualitas Produk.” Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen 6(2): 393–99.
Putranto, Agung Tri. 2022. “Loyalitas Pelanggan.”
Putri, Ida Ayu Komang Trisna Mega, And Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi. 2022. “Loyalitas Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Pendidikan Ganesha Pada Penggunaan Tokopedia Berdasarkan Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan.” Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis 3(2): 163–71.
Rohani, Rohani. 2023. “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Warung Bebek Jaya Antika).” Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal 5(3): 733–40.
Rosyidi, Moh Arief Zadana, Abid Muhtarom, And Muhammad Chusnul Khitam. 2023. “Analisis Harga, Cita Rasa, Lokasi, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Keputusan Pembelian Pada Usaha Wakhid Pentol.” Jurnal Bina Bangsa Ekonomika 16(1): 115–30.
Santoso, Rudi, Rahayu Shinta, and Achmad Yanu Alif Fianto. 2019. “Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Wisata Bahari Jawa Timur.” Jurnal MEBIS (Manajemen dan Bisnis) 4(2): 73–86.
Siregar, Nurafrina. 2018. “Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Rumah Makan Kampoeng Deli Medan.” Jumant 8(2): 87–96.
Tsabit, Ahmad Majdi, Chasnul Khatim, and Fawaid Bakir. 2023. “Strategi Pemasaran Pentol Gepek Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Desa Ambunten Tengah, Kecamatan Ambunten, Kabupaten Sumenep.” Keadaban 4(2): 12–30.
Wardana, Ivan Fadilla Budi, and Sri Eka Astutiningsih. 2022. “Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan (Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Moderating) Perspektif Ekonomi Islam.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 8(3): 2626–40.


Alam, Rayhan Hafiz Haidar. 2021. “Analisis Strategi Pemasaran Produk Makanan Pentol Bakar Cina ‘Yangno’ Terhadap Minat Beli Konsumen Di Banjarbaru.”
Alifia, Mayasyah. 2022. “Pengaruh Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Cafe D’Nangklik Kepatihan Gresik.”
Amelia, Mia Siti. 2016. “Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Pada Cafe Coffee Time Kopo Bandung.”
Aprileny, Imelda, Devy Kartika Rizki, and Jayanti Apri Emarawati. 2022. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening.” Jurnal STEI Ekonomi 31(01): 37–51.
Asti, Eka, and Eka Ayuningtyas. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen.” EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis 1(01): 1–14.
Budi, Adi Asmariadi, Dian Sera Fauzela, and Eka Adistia. 2020. “Struktur Ekonomi Rapuh: Pelajaran Yang Didapat Dari Bumi Dipasena-Lampung Fragile Economic Structure: Lesson Learned From Bumi Dipasena-Lampung.”
Dewi, Pratiwie Nirmala, Chandra Hendriyani, and Rommy M Ramdhani. 2021. “Analisis Implementatasi Strategi Bauran Pemasaran 7P Pada Usaha Bakso Wong Jowo By Tiwi.” JIP (Jurnal Industri dan Perkotaan) 17(2): 6–13.
Dyaz, Renaldi. 2022. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pd. Ikram Nusa Persada.”
Fauzela, Dian Sera. 2019. “Menelisik Pola Pembagian Kerja Kepala Daerah: Studi Deskriptif Agenda Harian Gubernur Lampung.” Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan 7(3): 229.
———. 2023. “Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Terhadap Produk Kosmetik Yang Mengandung Bahan Berbahaya Dalam Jual Beli Online (E-Commerce).” Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan 11(01): 1.
Fitria, Nurul, Leonard Adrie Manafe, and Wahyuni Cholifa Sari. 2021. “Kualitas Produk Ditinjau Dari Persepsi Konsumen Pentol Kluwung: Si Pentol Sehat Pelangi.” JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan) 5(2): 258–68.
Jumarodin, Jumarodin. 2019. “Pengaruh Variasi Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Bedukmutu Di UMY.” Jurnal Manajemen Bisnis 10(1): 102–19.
Kurniasari, Febri Eka, Gumoyo Mumpuni Ningsih, and Istis Baroh. 2022. “Analisis Loyalitas Konsumen" Pentol Kalangan".” Jurnal Pertanian Cemara 19(1): 35–42.
Kurniawan, Heri Diyan. 2018. “Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Ekobis Dewantara 1(4): 73–82.
Lesmana, Rosa. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen PT. Radekatama Piranti Nusa.” Jurnal Pemasaran Kompetitif 2(2).
Liwe, Farli. 2013. “Kesadaran Merek, Keragaman Produk, Dan Kualitas Produk Pengaruhnya Terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen Membeli Di Kentucky Fried Chicken Manado.” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 1(4).
Mamonto, Felisa W, Willem J F A Tumbuan, and Mirah H Rogi. 2021. “Analisis Faktor-Faktor Bauran Pemasaran (4P) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Podomoro Poigar Di Era Normal Baru.” Jurnal EMBA: Jurnal riset ekonomi, manajemen, bisnis dan akuntansi 9(2).
Nugrahani, Farida, and M Hum. 2014. “Metode Penelitian Kualitatif.” Solo: Cakra Books 1(1): 3–4.
Nurkholiq, Adita, Oyon Saryono, and Iwan Setiawan. 2019. “Analisis Pengendalian Kualitas (Quality Control) Dalam Meningkatkan Kualitas Produk.” Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen 6(2): 393–99.
Putranto, Agung Tri. 2022. “Loyalitas Pelanggan.”
Putri, Ida Ayu Komang Trisna Mega, and Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi. 2022. “Loyalitas Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Pendidikan Ganesha Pada Penggunaan Tokopedia Berdasarkan Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan.” Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis 3(2): 163–71.
Rohani, Rohani. 2023. “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Warung Bebek Jaya Antika).” Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal 5(3): 733–40.
Rosyidi, Moh Arief Zadana, Abid Muhtarom, and Muhammad Chusnul Khitam. 2023. “Analisis Harga, Cita Rasa, Lokasi, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Keputusan Pembelian Pada Usaha Wakhid Pentol.” Jurnal Bina Bangsa Ekonomika 16(1): 115–30.
Santoso, Rudi, Rahayu Shinta, and Achmad Yanu Alif Fianto. 2019. “Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Wisata Bahari Jawa Timur.” Jurnal MEBIS (Manajemen dan Bisnis) 4(2): 73–86.
Siregar, Nurafrina. 2018. “Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Rumah Makan Kampoeng Deli Medan.” Jumant 8(2): 87–96.
Tsabit, Ahmad Majdi, Chasnul Khatim, and Fawaid Bakir. 2023. “Strategi Pemasaran Pentol Gepek Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Desa Ambunten Tengah, Kecamatan Ambunten, Kabupaten Sumenep.” Keadaban 4(2): 12–30.
Wardana, Ivan Fadilla Budi, and Sri Eka Astutiningsih. 2022. “Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan (Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Moderating) Perspektif Ekonomi Islam.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 8(3): 2626–40.

Diterbitkan

2023-08-01

Cara Mengutip

Febrianti, F., & Beni, S. (2023). STRATEGI MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA USAHA KULINER DI KECAMATAN BENGKAYANG. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 11(02), 189 - 210. https://doi.org/10.35450/jip.v11i02.384

Terbitan

Bagian

Articles