Pengetahuan Deklaratif Siswa Tunanetra Dalam Pembelajaran Matematika

Penulis

  • Suherman suherman UIN Raden Intan Lampung
  • Eva Damayanti Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Septuri Septuri Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.35450/jip.v7i2.132

Kata Kunci:

Pembelajaran Matematika, Pengetahuan Deklaratif, Tunanetra

Abstrak

Pemberlakuan kurikulum 2013 pada Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB) memberlakukan kepada siswa untuk memperhatikan konsep pengetahuan deklaratif dalam pembelajaran, termasuk bagi siswa SMALB tuna netra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan deklaratif siswa dalam pembelajaran matematika SLB A Bina Insani Bandar Lampung. Subjek penelitian adalah guru matematika dan siswa kelas XI SLB A Bina Insani Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi waktu, yaitu dengan mencocokkan data perilaku metakognisi siswa tunanetra pada pengumpulan data kedua dan ketiga. Langkah-langkah dalam analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan deklaratif siswa dalam pembelajaran matematika meliputi mengingat informasi penting dalam pembelajaran, dapat menyajikan informasi dengan bahasa sendiri, dapat membandingkan dan membedakan konsep, mengetahui kesulitan dalam belajar, mengetahui strategi belajar diri sendiri, mengetahui sumber-sumber belajar, dan mengetahui tujuan soal, sedangkan perilaku metakognisi siswa tunanetra tentang pengetahuan prosedural dalam pembelajaran matematika meliputi mengetahui penerapan strategi belajar yang baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

AFIDAH, N. (2015). Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Terhadap HasilBelajar Matematika Siswa Tunanetra Kelas V SLBA. Jurnal Pendidikan Khusus, 7(2).

Arkham, H. P. (2014). Tingkat Kemampuan Metakognisi Siswa Berdasarkan Schraw dan Dennison pada Mata Pelajaran Matematika. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Efendi, M. (2008). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkenalan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Gani, T., Auliah, A., & Faika, S. (2013). Penguasaan Pengetahuan Deklaratif dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Prodi. Pendidikan Kimia. CHEMICA, 12(2), 1–9.

Romli, M. (2012). Strategi membangun metakognisi siswa SMA dalam pemecahan masalah matematika. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2/Septembe).

Widyastuti, R. (2016). Pola Interaksi Guru dan Siswa Tunanetra. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 257–266.

Diterbitkan

2019-08-06

Cara Mengutip

suherman, S., Damayanti, E., & Septuri, S. (2019). Pengetahuan Deklaratif Siswa Tunanetra Dalam Pembelajaran Matematika. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 7(2), 173. https://doi.org/10.35450/jip.v7i2.132

Terbitan

Bagian

Articles