PENGARUH MEDIA SOSIAL,ENDORSEMENT INFLUENCER DAN HARGA TIKET TERHADAP MINAT PEMBELIAN TIKET KONSER ANAK MUDA DI ERA DIGITAL DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI PADA GENERASI Z DI BANDAR LAMPUNG)

Authors

  • Nanda Dian Fadillah Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung
  • Muhammad Kurniawan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Gustika Nurmalia Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.35450/jip.v13i01.862

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh media sosial, endorsement influencer, dan harga tiket terhadap minat pembelian tiket konser di kalangan generasi Z di Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik purposive sampling, melibatkan 100 responden. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dan Partial Least Squares (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel yang diteliti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya media sosial dan endorsement influencer dalam meningkatkan minat beli, serta perlunya penentuan harga tiket yang kompetitif. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan prinsip-prinsip etika bisnis Islam dalam strategi pemasaran dapat memperkuat hubungan antara konsumen dan penyelenggara konser. Penelitian ini memberikan wawasan baru tentang strategi pemasaran yang efektif di era digital, khususnya dalam konteks generasi Z.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-03-29

How to Cite

Nanda Dian Fadillah, Muhammad Kurniawan, & Gustika Nurmalia. (2025). PENGARUH MEDIA SOSIAL,ENDORSEMENT INFLUENCER DAN HARGA TIKET TERHADAP MINAT PEMBELIAN TIKET KONSER ANAK MUDA DI ERA DIGITAL DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI PADA GENERASI Z DI BANDAR LAMPUNG). Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 13(01). https://doi.org/10.35450/jip.v13i01.862