PEMASARAN HIJAU, KUALITAS LAYANAN, DAN KENYAMANAN TEMPAT DI KEDAI KOPI BANDAR LAMPUNG TERHADAP NIAT BELI PADA GENERASI MILENIAL MENGGUNAKAN TEORI PERILAKU TERENCANA (Studi pada Konsumen Kedai Kopi Milenial di Bandar Lampung)

Penulis

  • Raihan Deny Ramadhan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Muhammad Kurniawan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Dimas Pratomo Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35450/jip.v13i01.985

Kata Kunci:

Pemasaran Hijau, Kualitas Layanan, Kenyamanan Tempat, Generasi Milenial, Minat Pembelian

Abstrak

Industri kopi di Bandar Lampung cepat berkembang sejalan dengan pertumbuhan gaya hidup masyarakatdan tren konsumsi kopi, khususnya di kalangan generasi milenial. Seiring dengan meningkatnya kesadaran lingkungan, konsep green marketing menjadi strategi penting dalam industri kedai kopi. Namun, penelitian yang mengkaji pengaruh green marketing, kualitas layanan, dan kenyamanan tempat terhadap minat beli konsumen masih terbatas. Penelitian ini Studi ini dimaksudkan untuk mengevaluasi dampak dari green marketing, kualitas layanan, dan kenyamanan tempat terhadap minat beli konsumen generasi milenial pada coffeshop di Bandar Lampung. menggunakan pendekatan Theory of Planned Behavior. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) melalui SmartPLS 4.0. Data dikumpulkan melalui kuesioner online dengan teknik purposive sampling kepada konsumen berusia 29–44 tahun yang pernah mengunjungi kedai kopi di Bandar Lampung dalam tiga bulan terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa green marketing dan kenyamanan tempat berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, sedangkan kualitas layanan tidak berpengaruh signifikan. Model penelitian ini memiliki nilai R-square sebesar 0,804 yang menunjukkan daya prediksi yang kuat. Penerapan strategi pemasaran hijau dan penciptaan tempat yang nyaman menjadi kunci utama dalam meningkatkan minat beli konsumen milenial di kedai kopi. Temuan ini memberikan implikasi strategis bagi pengembangan usaha kedai kopi berbasis keberlanjutan di Bandar Lampung.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Andreti, J., Zhafira, N. H., Akmal, S. S., & Kumar, S. (2013). The Analysis of Product, Price, Place, Promotion and Service Quality on Customers’ Buying Decision of Convenience Store: A Survey of Young Adult in Bekasi, West Java, Indonesia. International Journal of Advances in Management and Economics, 2(6), 72–78. www.managementjournal.info

Anggetha, D. A. (2024). Pengaruh kualitas layanan dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan dan niat pembelian sewa kost di singgahsini mamikos thesis. dspace.uii.ac.id/123456789/52036

Ayatulloh Michael Musyaffi , Hera Khairunnisa, D. K. R. (2022). KONSEP DASAR STRUCTURAL EQUATION MODEL- PARTIAL LEAST SQUARE (SEM-PLS ). Pascal Books.

Candra Susanto, P., Ulfah Arini, D., Yuntina, L., Panatap Soehaditama, J., & Nuraeni, N. (2024). Konsep Penelitian Kuantitatif: Populasi, Sampel, dan Analisis Data (Sebuah Tinjauan Pustaka). Jurnal Ilmu Multidisplin, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.38035/jim.v3i1.504

Dewi, R. (2021). Pengaruh Kemampuan Kerja, Motivasi dan Pengembangan Karier Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bina Buana Semesta. JEBI) Jurnal Ekonomi Bisnis Indonesia, 16(1), 19–25.

Fitriyanti, J., Hasibuan, A. A., Rahayu, I. P., & Sanjaya, V. F. (n.d.). Analisis Agroindustri Kopi di Lampung : Tinjauan Literatur terhadap Potensi , dan Tantangan Produksi.

Gustian, M., Wulandari, S., Anggraini, S., & Yustina, I. (2024). Teknik Perkecambahan Terhadap Jumlah Pertumbuhan Benih Kopi Robusta (Coffea Canephora). JAGO TOLIS : Jurnal Agrokompleks Tolis, 4(2), 97. https://doi.org/10.56630/jago.v4i2.562

Hair, J. F. (2016). Evaluating structural equation models with unobservable variables and measurement error. Journal of Marketing Research This, 18(1), 39–50.

Henseler, J., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2015). A new criterion for assessing discriminant validity in variance-based structural equation modeling. Journal of the Academy of Marketing Science, 43(1), 115–135. https://doi.org/10.1007/s11747-014-0403-8

Munamba, R., & Nuangjamnong, C. (2021). The Impact of Green Marketing Mix and Attitude towards the Green Purchase Intention among Generation y Consumers in Bangkok. SSRN Electronic Journal, December. https://doi.org/10.2139/ssrn.3968444

Pokhrel, S. (2024). ANALISIS PENGARUH SEKTOR PERTANIAN DAN SEKTOR INDUSTRI PENGOLAHAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN LAMPUNG TENGAH PERIODE 2019-2024 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Jurnal Mubtadiin Pendidikan Islam, 15(1), 37–48.

Pranajaya, A. R., & Warganegara, T. L. P. (2024). Pengaruh Suasana Café, Lokasi dan Inovasi Terhadap Minat Beli di Bengkel Kopi Bandar Lampung. Jurnal EMT KITA, 8(3), 1153–1164. https://doi.org/10.35870/emt.v8i3.2680

Priyono, A., & Tampubolon, S. (2023). Pengaruh Job Insecurity dan Beban Kerja terhadap Turnover Intention (Studi Kasus pada Karyawan Milenial dan Gen Z di Bank BJB Cabang Daan Mogot). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Madani, 5(2), 15–33. https://doi.org/10.51353/jmbm.v5i2.768

Publikasilampung.com. (2023). Newtown Coffee, Tempat Hangout Nyaman di Bandar Lampung. https://publikasilampung.id/newtown-coffee-tempat-hangout-nyaman-di-bandar-lampung

Radartv.diswai.id. (2024). Keren, Ini Deretan Cafe Baru di Bandar Lampung Tawarkan Sensasi Santai Berbeda. https://radartv.disway.id/read/19904/keren-ini-deretan-cafe-baru-di-bandar-lampung-tawarkan-sensasi-santai-berbeda

Rifqi Ashfa, M., & Ishak, A. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Niat Beli dan Pembelian Sebenarnya Tokopedia. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 02(05), 108–132. https://journal.uii.ac.id/selma/index

Sari, Evi Kurnia and , Ir. Irmawati, S.E., M. S. (2025). Analisis Pengaruh Green Marketing Mix Dan Product Knowledge Terhadap Perilaku Pembelian Produk Teh Kotak Dengan Variabel Niat Beli Sebagai Variabel Mediasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta., Volume 7 N. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/130015

Sarstedt, M., Ringle, C. M., & Hair, J. F. (2020). Partial least squares structural equation modeling. In Handbook of Market Research (Issue July). https://doi.org/10.1007/978-3-319-05542-8

Sarstedt, M., Ringle, C. M., Henseler, J., & Hair, J. F. (2014). On the Emancipation of PLS-SEM: A Commentary on Rigdon (2012). Long Range Planning, 47(3), 154–160. https://doi.org/10.1016/j.lrp.2014.02.007

Statistik. (2025). Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin di Kota bandar lampung, 2025. In Badan Pusat Statistik Kota Bandar Lampung.

Sudirjo, F., Candra Dewi, L. K., Desty Febrian, W., Sani, I., & Dharmawan, D. (2024). The Measurement Analysis of Online Service Quality Toward State Banking Customers Using Structural Equation Modeling. Jurnal Informasi Dan Teknologi, 6, 50–56. https://doi.org/10.60083/jidt.v6i1.471

Suriani, N., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.55

Sustainable consumption in national context (Issue February). (2024).

Diterbitkan

2025-05-29

Cara Mengutip

Raihan Deny Ramadhan, Muhammad Kurniawan, & Dimas Pratomo. (2025). PEMASARAN HIJAU, KUALITAS LAYANAN, DAN KENYAMANAN TEMPAT DI KEDAI KOPI BANDAR LAMPUNG TERHADAP NIAT BELI PADA GENERASI MILENIAL MENGGUNAKAN TEORI PERILAKU TERENCANA (Studi pada Konsumen Kedai Kopi Milenial di Bandar Lampung). Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 13(1). https://doi.org/10.35450/jip.v13i01.985

Terbitan

Bagian

Articles