EFEK BOIKOT EKONOMI : DETERMINASI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN STARBUCK
DOI:
https://doi.org/10.35450/jip.v13i01.889Abstrak
Tujuan penenlitia ini untuk mengeksplorasi dengan pendekatan Analisa sentiment media sosial untuk meihat sejauh mana boikot ekonomi dengan media sosial media memengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap produk Starbucks, serta dengan metode kuantitatif hendak mengetahui determinasi keputusan pembelian di masa boikot ekonomi dengan memahami faktor-faktor yang menjadi pendorong atau penghalang dalam proses pengambilan keputusan tersebut.. Penelitian ini memakai kombinasi dua metode yakni kuantitatif dengan menggunakan analisa sentimen media sosial dengan hasil sumber data berasal dari data sekunder yang dihasilkan oleh media sosial dilakukan selama 4 bulan selama Juli-Oktober 2024 dengan melakukan validsi cross validation dan tren sentimen validation sedangkan untuk metode kuantitatif dengan penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling, sampel berasal dari konsumen Starbuks yang berada di DKI Jakarta dengan jumlah sampel sebayak 25 . Hasil Penelitian ini adalah terdapat hubungan positif dan signifikan antara variabel perilaku konsumen, citra merek dan kepuasan konsumen terhadap keputusan konsumen.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2025 Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan jurnal harus mengerti bahwa jurnal yang diterima dan dipublikasikan, hak cipta jurnal tersebut diberikan kepada Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan (JIP), Balitbangda Provinsi Lampung sebagai penerbit jurnal.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan jurnal ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi sejenis lainnya, serta terjemahan, reproduksi sebagian / bagian dari jurnal ini, penyimpanannya di basis data dan penularannya oleh bentuk atau media apapun seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dll.