PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA 212 MART KELURAHAN BABURA, MEDAN

Penulis

  • Monalisa Marbun Universitas Budi Darma
  • Ronda Deli Sianturi Universitas Budi Darma
  • Siti Nurhaliza Universitas Budi Darma
  • Yuter Hindar Daeli Universitas Budi Darma

DOI:

https://doi.org/10.35450/jip.v13i01.847

Abstrak

Pertumbuhan bisnis ritel di Indonesia terus mengalami peningkatan seiring dengan perubahan pola konsumsi masyarakat. Minimarket menjadi salah satu pilihan utama bagi konsumen dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari karena menawarkan kenyamanan, harga yang kompetitif, serta berbagai promo menarik. 212 Mart hadir sebagai minimarket berbasis ekonomi syariah yang mengutamakan kebersamaan dan keberlanjutan bisnis umat Muslim. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei untuk mengumpulkan data primer dari responden yaitu konsumen 212 Mart Kelurahan Babura Medan. Penentuan jumlah sampel dilakukan dengan menggunakan rumus Lemeshow, yang digunakan ketika populasi tidak diketahui secara pasti yaitu didapatkan 96 responden. Penyebaran kuesioner dilakukan secara langsung dengan cara accidental sampling. Metode statistik yang sesuai yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian yaitu kualitas pelayanan dan harga berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap kepuasan konsumen pada 212 Mart Kelurahan Babura Medan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2025-04-22

Cara Mengutip

Marbun, M., Ronda Deli Sianturi, Siti Nurhaliza, & Yuter Hindar Daeli. (2025). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA 212 MART KELURAHAN BABURA, MEDAN. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 13(01). https://doi.org/10.35450/jip.v13i01.847

Terbitan

Bagian

Articles