PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA 212 MART KELURAHAN BABURA, MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.35450/jip.v13i01.847Abstrak
Pertumbuhan bisnis ritel di Indonesia terus mengalami peningkatan seiring dengan perubahan pola konsumsi masyarakat. Minimarket menjadi salah satu pilihan utama bagi konsumen dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari karena menawarkan kenyamanan, harga yang kompetitif, serta berbagai promo menarik. 212 Mart hadir sebagai minimarket berbasis ekonomi syariah yang mengutamakan kebersamaan dan keberlanjutan bisnis umat Muslim. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei untuk mengumpulkan data primer dari responden yaitu konsumen 212 Mart Kelurahan Babura Medan. Penentuan jumlah sampel dilakukan dengan menggunakan rumus Lemeshow, yang digunakan ketika populasi tidak diketahui secara pasti yaitu didapatkan 96 responden. Penyebaran kuesioner dilakukan secara langsung dengan cara accidental sampling. Metode statistik yang sesuai yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian yaitu kualitas pelayanan dan harga berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap kepuasan konsumen pada 212 Mart Kelurahan Babura Medan.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2025 Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan jurnal harus mengerti bahwa jurnal yang diterima dan dipublikasikan, hak cipta jurnal tersebut diberikan kepada Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan (JIP), Balitbangda Provinsi Lampung sebagai penerbit jurnal.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan jurnal ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi sejenis lainnya, serta terjemahan, reproduksi sebagian / bagian dari jurnal ini, penyimpanannya di basis data dan penularannya oleh bentuk atau media apapun seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dll.