TALKING STICK BERBANTU MEDIA ULAR TANGGA: UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Penulis

  • Fitri Novita Sari UIN Raden Intan Lampung
  • Umi Hijriyah UIN Raden Intan Lampung
  • Beti Susilawati UIN Raden Intan Lampung
  • Agus Pahrudin UIN Raden Intan Lampung
  • Istihana UIN Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.35450/jip.v13i01.844

Abstrak

Berdasarkan permasalahan yang ditemukan yakni rendahnya kemampuan berpikir secara kritis para siswa kelas VII pelajaran akidah akhlak. Penelitian kali ini memiliki tujuan guna mengetahui pengaruh model pembelajaran talking stick berbantu media ular tangga terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII pada mata pelajaran Akidah Akhlak sub bab taat, ikhlas, khauf dan taubat di MTS Guppi 1 Kesumadadi lampung tengah. Penelitian kali ini menggunakan metode kuantitaif dengan jenis Quasy Eksperiment dengan Nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini yaitu semua siswa kelas VII menggunakan teknik sampel jenuh. Alat pengumpulan data berupa wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil Uji Independent sample t-test menunjukan nilai Sig.(2 tailed) sebesar 0.000 < 0,05. Demikian ditarik Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menyatakan bahwa model pembelajaran Talking Stick yang dibantu oleh Media Ular Tangga berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2025-04-21

Cara Mengutip

Sari, F. N., Hijriyah, U., Susilawati, B., Pahrudin, A., & Istihana. (2025). TALKING STICK BERBANTU MEDIA ULAR TANGGA: UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA . Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 13(01). https://doi.org/10.35450/jip.v13i01.844

Terbitan

Bagian

Articles