TALKING STICK BERBANTU MEDIA ULAR TANGGA: UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.35450/jip.v13i01.844Abstrak
Berdasarkan permasalahan yang ditemukan yakni rendahnya kemampuan berpikir secara kritis para siswa kelas VII pelajaran akidah akhlak. Penelitian kali ini memiliki tujuan guna mengetahui pengaruh model pembelajaran talking stick berbantu media ular tangga terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII pada mata pelajaran Akidah Akhlak sub bab taat, ikhlas, khauf dan taubat di MTS Guppi 1 Kesumadadi lampung tengah. Penelitian kali ini menggunakan metode kuantitaif dengan jenis Quasy Eksperiment dengan Nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini yaitu semua siswa kelas VII menggunakan teknik sampel jenuh. Alat pengumpulan data berupa wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil Uji Independent sample t-test menunjukan nilai Sig.(2 tailed) sebesar 0.000 < 0,05. Demikian ditarik Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menyatakan bahwa model pembelajaran Talking Stick yang dibantu oleh Media Ular Tangga berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2025 Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan jurnal harus mengerti bahwa jurnal yang diterima dan dipublikasikan, hak cipta jurnal tersebut diberikan kepada Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan (JIP), Balitbangda Provinsi Lampung sebagai penerbit jurnal.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan jurnal ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi sejenis lainnya, serta terjemahan, reproduksi sebagian / bagian dari jurnal ini, penyimpanannya di basis data dan penularannya oleh bentuk atau media apapun seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dll.