PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA KELAS PAK 2024D PADA MATA PERKULIAHAN PENGANTAR MANAJEMEN DAN BISNIS

Penulis

  • Muhammad Miftah Farid Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Rochmawati Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Susanti Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Eko Wahjudi Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Suci Rohayati Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35450/jip.v13i01.828

Abstrak

Penelitian ini mengevaluasi dampak penerapan Problem Based Learning (PBL) dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah Pengantar Manajemen dan Bisnis. Tujuan utama penelitian ini adalah menganalisis bagaimana metode ini meningkatkan pemahaman konsep, keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, serta motivasi belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart dengan data yang diperoleh melalui evaluasi akademik, kuesioner kepuasan mahasiswa, serta observasi kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL dengan metode eksperimen secara signifikan meningkatkan nilai akademik, keterampilan analitis, serta kemandirian belajar mahasiswa. Selain itu, metode ini menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan student-centered, meningkatkan inovasi dalam pengajaran dosen, serta memperkuat relevansi kurikulum dengan dunia kerja. Dengan demikian, PBL dengan metode eksperimen dapat menjadi strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi. Rekomendasi dari penelitian ini mencakup perluasan penerapan PBL ke mata kuliah lain, pengembangan studi kasus yang lebih variatif, serta peningkatan pelatihan bagi dosen untuk mendukung implementasi metode ini secara optimal.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2025-03-13

Cara Mengutip

Muhammad Miftah Farid, Rochmawati, Susanti, Eko Wahjudi, & Suci Rohayati. (2025). PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA KELAS PAK 2024D PADA MATA PERKULIAHAN PENGANTAR MANAJEMEN DAN BISNIS. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 13(01). https://doi.org/10.35450/jip.v13i01.828

Terbitan

Bagian

Articles