PERAN KOLABORATIF ORANG TUA DENGAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMA IT BAITUL JANNAH
DOI:
https://doi.org/10.35450/jip.v13i01.756Kata Kunci:
Peran Orang tua, Guru Bimbingan Konseling, KarakterAbstrak
Siswa adalah masa depan bangsa. Membentuk karakter siswa merupakan tanggung jawab guru dan orang tua. upaya membentuk karakter anak melalui pendidikan sudah dilakukan sejak zaman kolonial. Tujuan tulisan ini ingin mengetahui bagaimana peran orang tua dengan guru bimbingan konseling dalam meningkatkan karakter peserta didik di SMA IT Baitul Jannah. Maka karakter ini merupakan sebuah perilaku atau nilai dari bentuk perilaku seseorang tersebut. Guru bimbingan dan konseling dalam menguatkan karakter siswa ini dengan memberikan pemahaman kepada siswa dengan materi tentang karakter, tidak hanya materi, guru bimbingan dan konseling juga memberikan renungan kepada siswa. dengan adanya materi atau renungan karakter ini siswa bisa sadar dengan apa yang telah di kerjakannya. Kendala yang dirasakan oleh guru bimbingan dan konseling yaitu, kerjasama antara guru BK dengan orang tua terkadang ada orang tua yang kurang komunikatif dan bersikap pasif Namun untuk menangani hal tersebut guru bk memberikan penguatan dan pemahaman kepada orang tua agar bisa berkolaborasi dan bekerja sama demi meningkatkan karakter peserta didik yang lebih optimal.
Unduhan
Referensi
Oktaviani, S. N., & Syawaluddin, S. (2023). Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Menguatkan Karakter Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 115-119.
Muslihati, M. (2024). Peran bimbingan dan konseling dalam penguatan pendidikan karakter di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 4(3), 12.
Anriani, S. R., Hasanuddin, H., & Alam, S. P. (2021). Strategi kolaboratif dalam manajemen pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah. Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 1(1), 48-62.
Ayu, H. P., Suci, M. W., Adifa, M. P., Amelia, A., Azhari, M., Farhan, M. R., & Marlia, A. (2023). Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Mendukung Siswa: Proses, Tantangan, Dan Dampak Konseling, Serta Kolaboratif Dengan Guru Pai Dan Di Smp Negeri 33 Palembang. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(5), 64-71.
Nurhayani, N., & Simanungkalit, S. (2024). Kolaborasi Guru Bidang Studi Akidah Akhlak dan Guru Bimbingan Konseling Dalam Membina Karakter Peserta Didik di MAN 1 Medan. Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset, 2(1), 62-69.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2025 Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan jurnal harus mengerti bahwa jurnal yang diterima dan dipublikasikan, hak cipta jurnal tersebut diberikan kepada Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan (JIP), Balitbangda Provinsi Lampung sebagai penerbit jurnal.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan jurnal ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi sejenis lainnya, serta terjemahan, reproduksi sebagian / bagian dari jurnal ini, penyimpanannya di basis data dan penularannya oleh bentuk atau media apapun seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dll.