PENGEMBANGAN MODUL SPESIFIKASI DAN KARAKTERISTIK BETON PADA MATA PELAJARAN DASAR- DASAR KONSTRUKSI BANGUNAN DI SMK NEGERI 1 LOTU
DOI:
https://doi.org/10.35450/jip.v12i03.640Keywords:
Pengembangan, Modul Spesifikasi dan Karakteristik Beton.Abstract
Pada penelitian ini yang menjadi permasalahan utama yaitu belum ada sumber atau bahan ajar lain yang digunakan oleh guru untuk menunjang pembelajaran di kelas dan metode pembelajaran yang digunakan masih konvensional yaitu guru masih menggunakan metode ceramah dan hanya melakukan sedikit praktik dalam pelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian penelitian research and development dengan model pengembangan “Four-D” Thiagarajan berupa empat tahap : pendefinisian (define), perancangan (design) dan pengembangan (develop). Sedangkan tahap penyebaran (disseminate) tidak dilakukan karena penelitian ini hanya sebatas uji kelayakan dan efektivitas media pembelajaran berupa modul. Produk diujicobakan di kelas X Jurusan DPIB SMK Negeri 1 Lotu. Instrumen yang digunakan berupa angket dan soal tes.Dalam penelitian ini modul divalidasi oleh 3 orang ahli yaitu ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media/desain. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar angket. Analisis data menggunakan analisis angket. Data tersebut digunakan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan efektivitas modul Spesifikasi dan Karakteristik Beton . Berdasarkan hasil penilaian, penilaian ahli materi sebesar 90% dalam kategori layak, penilaian ahli bahasa sebesar 88,5% dalam kategori sangat layak, dan ahli media dan desain sebesar 97,7% dalam kategori sangat layak. Hasil penilaian siswa pada uji coba perorangan sebesar 96% dalam kategori layak, hasil uji coba kelompok kecil sebesar 83,3 hasil uji coba lapangan sebesar 87,4% dalam kategori sangat layak. Hasil keefektifan sebesar 81,3% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Modul Spesifikasi dan Karakteristik Beton dinyatakan layak digunakan pada mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung
Downloads
References
Bunyamin. (2021). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta Selatan: UPT UHAMKA Press.
Dhea Amalia (2020). Dasar-dasar Konstruksi Bangunan Dan Teknik Pengukuran Tanah. Yogyakarta; Universitas Negeri Yogyakarta
Husaini Usman Darmono. (2016) Pendidikan kejuruan
Najuah. (2020). Modul Elektronik : Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya. (S. Janner, Ed.). Yayasan Kita Menulis.
Oktafiana, Ratnawuri, & Pritandhani. (2020). Pengembangan Modul Ekonomi Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 2 Metro.
Pamundi, Muhammad Lukman. "Pengembangan Modul Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi dan Pemetaan Tanah di SMK Negeri 7 Surabaya." Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan 6.1 (2020).
Rahmi, E., Ibrahim, N., & Kusumawardani, D. (2021). Pengembangan Modul Online Sistem Belajar Terbuka Dan Jarak Jauh Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pada Program Studi Teknologi Pendidikan. Visipena, 12(1), 44–66. https://doi.org/10.46244/visipena.v12i1.1476
Renson Haloho, Kemala Juempa, (2023). Modul Dasar Konstruksi Bangunan. Medan; Universitas Negeri Medan
Rulianti, Novi, and M. T. Slamet Widodo. "Pengembangan Modul Spesifikasi dan Karakteristik Beton pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan di SMK Negeri 2 Klaten." Jurnal Elektronik Mahasiswa Pendidikan Teknik Sipil (JEPTS) 6.3 (2018): 23-32.
Septora, R., & Metro, U. M. (2017). Pengembangan Moduk Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Pada Kelas X, 2(1), 86–98.
Setiawan, A. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. Book, 09(02), 193–210. Diambil dari https://www.coursehero.com/file/52663366/Belajar-dan-Pembelajaran1-convertedpdf
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. ALFABETA
Sukiman. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 6). Yogyakarta.
Universitas Nias. (2022). Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah, Gunungsitoli ; UNIAS
Yubertin. (2018). Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pendidikan. Psikologi Pendidikan (Vol. 1). Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja (Aura).
Published
How to Cite
Issue
Section
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shell be assigned to Development Innovation: Jurnal Kelitbangan (JIP) , Balitbangda Provinsi Lampung as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations, the reproduction of any part of this journal, its storeage in databases and its transmission by any form or media. such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc.