DESAIN PEMBELAJARAN MATERI MELUKIS SEGITIGA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK

Penulis

  • Bernadus Bin Frans Resi institut keguruan dan teknologi larantuka

DOI:

https://doi.org/10.35450/jip.v12i03.630

Kata Kunci:

Pendidikan Matematika Realistik, Penelitian Desain, Tractory Pembelajaran Hipotetis, Melukis Segitiga

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk merancang lintasan pembelajaran materi lukis segitiga jika diketahui tiga sisi menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) siswa kelas VIII SMP Dharma Nusa. Peneliti merancang lintasan pembelajaran yang terdiri dari tujuan pembelajaran, kegiatan yang dilakukan guru dan siswa, serta dugaan jawaban siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan kajian literatur. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah: pembuatan desain, uji desain, dan analisis retrospektif. Namun pada artikel ini peneliti hanya mengkaji bagaimana membuat desain lintasan pembelajaran pada materi lukis segitiga. Rancangan pembelajaran yang dibuat terdiri dari tinjauan pustaka dan rancangan lintasan pembelajaran dengan memperhatikan karakteristik RME. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pada pembelajaran pertemuan pertama, peneliti merancang 2 masalah (masalah 1 dan masalah 2) yaitu melukis segitiga menggunakan apersepsi lingkaran. Soal pertama ada 8 dugaan jawaban siswa sedangkan soal kedua ada 12 dugaan jawaban siswa; (2) Pada pembelajaran pertemuan kedua, peneliti merancang masalah (masalah 3) yaitu melukis segitiga jika diketahui mengukur ketiga sisinya. Soal ketiga terdiri dari 3 soal, yaitu soal pertama melukis segitiga sama sisi, soal kedua melukis segitiga sama sisi, dan soal ketiga melukis segitiga sama kaki. Setiap pertanyaan memiliki 4 jawaban yang dicurigai berbeda; (3) Rancangan pembelajaran berdasarkan karakteristik RME yaitu: adanya masalah yang dikonstruksi oleh siswa, terjadinya matematika horizontal dan vertikal, kontribusi yang dilakukan siswa dalam memecahkan masalah, adanya interaksi dalam pembelajaran di kelas (baik antar sesama siswa dan siswa dengan guru), serta adanya keterkaitan antara materi atau konsep yang telah dipelajari sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akker, Jan Van Den, Gravemeijer K., McKenney S., dan Nieveen N. (2006). Educational Design Research. New York: Taylor
Endah, Apriyani. (2010). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Menggunakan Metode Spesialisasi Tugas Tipe Co-Op Co-Op Pada Siswa Kelas VIII SMP N 3 Berbah. Skripsi UNY: tidak diterbitkan
Gravemeijer, K. (1994). Educational Development and Developmental Research in Mathematics Education Author(s). Journal for Research in Mathematics Education, Vol. 25, No. 5 (Nov. 1994), pp. 443-471
Hadi, Sutarto. (2015). Pendidikan Matematika Realistik dan Implementasinya. Banjarmasin: Tulip Banjarmasin
Hadi, Sutarto. (2017). Pendidikan Matematika Realistik: Teori, Pengembangan, dan Implementasinya. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Prahmana, Rully Charitas Indra. (2017). Desing Research (Teori dan Implementasinya: Suatu Pengantar). Depok: PT Rajagrafindo Persada
Resi, Bernadus Bin Frans (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Menurut Langkah Polya Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Edukreasi, Vol. 4, No. 1 (Des 2018), halaman 1-8
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta CV
Zamroni. (2000). Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Bigraf Publishing.

Diterbitkan

2024-11-15

Cara Mengutip

Resi, B. B. F. (2024). DESAIN PEMBELAJARAN MATERI MELUKIS SEGITIGA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 12(3). https://doi.org/10.35450/jip.v12i03.630

Terbitan

Bagian

Articles