Nilai Karakter dalam Tradisi Membangunkan Sahur Menggunakan Musik Tongkek (Studi di Kelurahan Pancor Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur)
DOI:
https://doi.org/10.35450/jip.v12i03.610Keywords:
Nilai Karakter, Tradisi Membangunkan Sahur, Musik TongkekAbstract
Masyarakat multikultural adalah masyarakat yang terdiri dari berbagai keanekaragaman didalamnya seperti keberagaraman tradisi, agama, suku, ras dan bahasa. Tradisi merupakan serangkaian unsur kebiasaan dan nilai-nilai yang dapat dijadikan sebagai suatu pembelajaran dan pengetahuan. Tradisi yang ada di Indonesia tentunya sangat beragam salah satunya adalah tradisi membagunkan sahur, tradisi ini juga dilakukan oleh masyarakat suku sasak. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui nilai karakter yang terdapat dalam tradisi membangunkan sahur menggunakan musik tongkek (Studi di Kelurahan Pancor Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur). Dalam penelitian ini membahas tentang : 1.) proses pelaksanaan tradisi membangukan sahur menggunakan musik tongkek, 2.) nilai karakter yang terdapat dalam tradisi membangunkan sahur menggunakan musik tongkek. Metode penelitian ini menggunakan pendekatakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan untuk hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pelaksanaan tradisi membangunkan sahur menggunakan musik tongkek di Kelurahan Pancor Kecamatan Selong Kabupatan Lombok Timur terdiri dari beberapa tahap yaitu: 1.) tahap persiapan (musyawarah, mempersiapkan alat dan bahan, latihan tongkek), 2.) tahap inti (bedodok atau berkeliling membangunkan sahur), dan tahap penutup (betakeran). Sedangkan untuk nilai karakter dalam tradisi membangunkan sahur menggunakan musik tongkek terdiri dari : 1.) nilai karakter peduli sosial, 2.) nilai karakter demokratis, 3.) nilai karakter disiplin, 4.) nilai karakter cinta damai, 5.) nilai karakter tanggung jawab.
Downloads
References
Andea, P. W. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Tradisi Bakoba Di Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. Skripsi, 8.5.2017, 2003–2005.
Arikunto. (2003). Arikunto (1998, h.309). Pencegahan Dan Penanggulangan Kebakaran, 32 ، ص 117.
Ayu, S. (2018). Pengertian Objek Penelitian. Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 8(1), 1–2.
Azizah, M. (2020). Tradisi Ruwatan Anak Ontang Anting dalam Perspektif Hukum Islam. Eteshes IAIN Kediri, 1–23.
Azkiya, V. (2021). Indonesia Miliki 1.239 Warisan Budaya Takbenda. Katadata Media Network. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/21/indonesia-miliki-1239-warisan-budaya-takbenda
Chandra, P. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Tradisi Pondok Pesantren. Nuansa, 12(2), 64–80. https://doi.org/10.29300/nuansa.v12i2.2760
Creswell. (2013). Bagaimana Simbol Komunikasi Pada Kelompok Touring? Studi Interaksi Simbolik Pada Anggota Komunitas Fast Rider Di Bandung, 71–92.
Erviana, V. Y. (2021). Penanganan Dekadensi Moral melalui Penerapan Karakter Cinta Damai dan Nasionalisme Handling Moral Decadence Through the Application of Peace Love Characters and Nationalism. 14(1), 1–9.
Fajarwati. (2011). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Dan Menulis Permulaan Pada Anak Usia Dini Di Ba Aisyiyah I Grogol. 2003, 26–33. http://eprints.ums.ac.id/14125/
Fauzan, A., & Rahmah, N. (2022). Pembentukan Karakter Demokratis Melalui Pelaksanaan Metode Pembelajaran Kooperatif tipe Number Head Together pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Kota Bima.
Gea, A, A. (2006). Integritas Diri: Keunggulan Pribadi Tangguh. Character Building Journal, Vol 3(No 1), 16–26. https://core.ac.uk
Halim, A. R., Mislinawati, M., & others. (2020). Upaya guru dalam menerapkan karakter cinta damai pada siswa sekolah dasar negeri 51 Kota Banda Aceh. Elementary Education Research, 5(2).
Hanik, E. U., Istiqomah, N., Hanifah, A. N., Trisnawati, W., & Syifa, L. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Kedisiplinan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. 14–19.
Hariandi, A., Orsalia, C., Sari, Y., Zahara, D., Hapsari, H. P., & Mubarokah, L. B. (2023). Nilai-Nilai Moral Terkandung dalam Tradisi Arakan Sahur di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. 5(1), 83–96. https://doi.org/10.37364/jireh.v5i1.133
Harus, H. Y., & Dalam, D. (n.d.). Salah satu kunci keberhasilan suatu survei terletak pada proses wawancara . Wawancara adalah teknik mengumpulkan informasi dengan cara menanyakan beberapa pertanyaan terstruktur kepada responden . Sehingga untuk dapat berhasil dalam melakukan wawancara , .
Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163
Ihsan, M. (2019). Nilai-Nilai Karakter dalam Tradisi Gebyag Cah Angon pada Masyarakat Desa Entak Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen. 3301415073.
Ismah, F., Asiyah, S., Mustaqimah, D., Nurhayati, A., Islam, U., Kiai, N., Achmad, H., Jember, S., Islam, U., Kiai, N., Achmad, H., Jember, S., Islam, U., Kiai, N., Achmad, H., Jember, S., Islam, U., Kiai, N., Achmad, H., … Jember, S. (2023). JIIPSI : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia Eksplorasi Nilai Tradisi Musik Patrol Sebagai Peningkatan Jiipsi : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia. 3.
Jauhari, H., Islam, U., Sunan, N., & Djati, G. (2018). Makna Dan Fungsi Upacara Adat Nyangku Bagi. 15(2).
Kholidi, A. K. (2014). Tradisi Merariq Masyarakat Bangsawan dan Masyarakat Biasa Suku Sasak di Lombok: Studi Kasus di Desa Banyu Urip Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat. 1–123. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24188/
Kriyantono. (2020). Metode Wawancara dalam penelitian kualitatif. Teknik Pengumpulan Data, i, 16–28. https://kc.umn.ac.id/14232/5/BAB_III.pdf
Kurnia, F. (2023). Analisis Data: Definisi, Jenis, Model, Sampai Prosedurnya. Dailysocial.Id. https://dailysocial.id/post/analisis-data
Kusnaedi, R. (2016). Implementasi Nilai-Nilai…, Rocilia Kusnaedi, FKIP UMP, 2019. 10–37.
Melati, R. S., Ardianti, S. D., & Fardani, M. A. (2021). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Analisis Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. 3(5), 3062–3071.
Na’imah, I., & Bawani, I. (2021). Penanaman pendidikan karakter demokratis di pondok pesantren. 6(2).
Nasith, I. F. A. & A. (2022). Dinamika Sosial : Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Budaya Sekolah Dan Pembelajaran Ips. 1(2), 81–95.
Ningrum, R. W., Ismaya, E. A., & Fajrie, N. (2020). Faktor--Faktor Pembentuk Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Dalam Ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1).
Ningtyas, M. (2014). Observasi dan Wawancara. Metode Penelitian, 32–41.
Patmawati, S. (2018). Penerapan pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa di SD Negeri No. 13/1 Muara Bulian. Jurnal Penerapan Pendidikan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Di Sd Negeri No. 13/1 Muara Bulian.
Putra, & Herbudy, A. D. (2018). Studi Tipologi Dan Morfologi Palebahan Saren Kangin Delodan Puri Saren Agung Ubud Sebagai Bentuk Adaptasi Bangunan Budaya Untuk Menjaga Tradisi. E-Journal Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 51–78. http://e-journal.uajy.ac.id/17653/
Rachman, T. (2018). Tradisi. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., Rachman, T. (2018) ‘Tradisi’’,’ Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., pp. 10–27., 10–27.
Rahayu Mahadewi, N. P. (2022). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Tradisi Ngusaba Aya di Desa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sosial, 1, 169–174.
Ramadhanti, L. R., & Vinayastri, A. (2022). Pengembangan Instrumen Karakter Cinta Damai Pada Anak Usia Dini. 6(02), 393–404.
Rambe, N. A., & Medan, U. N. (n.d.). Implementasi model role playing untuk meningkatkan nilai- nilai karakter demokrasi dalam pembelajaran pkn. 523–531.
Safitri, T., Affandi, L. H., & Zain, M. I. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Permainan Tradisional Suku Sasak Di Desa Babussalam Gerung Lombok Barat. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 3(1), 63–76. https://doi.org/10.29303/pendas.v3i1.1071
Saleh, Z. (2021). BAB III analisis 2. 1Lexy J. Meleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007), 1, 9–25. http://repository.iainpare.ac.id/2732/
Salsabila, A., Affifah, A. N., & Cahyati, S. Y. (2020). Penanaman Karakter Disiplin Pada Siswa Sdn Jelupang 01. 2(2014), 318–333.
Sukitman, T. (2016). Internalisasi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 85–96.
Sumarto, S. (2019). Budaya, Pemahaman dan Penerapannya. Jurnal Literasiologi, 1(2), 16. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v1i2.49
Syariah, K. B., & Ilmu, G. (n.d.). Definisi instrumen penelitian. september 2016, 1–6.
Syifa, U. Z., Ardianti, S. D., & Masfuah, S. (2022). Analisis Nilai Karakter Tanggung Jawab Anak Dalam Pembelajaran Daring. 8(8), 568–577. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2071
Teniwut, M. (2022). Teknik Pengumpulan Data dan Metode Penelitian. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/humaniora/539107/teknik-pengumpulan-data-dan-metode-penelitian
Tongkek, M. (2021). Tongkek, Musik Tradisional Khas Pancor yang Masih Lestari. Jejak Lombok. https://www.jejaklombok.com/2021/04/tongkek-musik-tradisional-khas-pancor.html
Waldi, A., Luthfi, Z. F., & Reinita, R. (2019). Pembiasaan Peserta Didik dalam Mewujudkan Pendidikan Damai (Peace Education) di Lingkungan Sekolah. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 4(2), 38–45.
Yasin, M. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin, Tanggung Jawab Dan Rasa Hormat Di Min 05 Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.
Zubaedi, M. A. (2015). Desain Pendidikan Karakter. Prenada Media.
Published
How to Cite
Issue
Section
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shell be assigned to Development Innovation: Jurnal Kelitbangan (JIP) , Balitbangda Provinsi Lampung as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations, the reproduction of any part of this journal, its storeage in databases and its transmission by any form or media. such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc.