PERANCANGAN ANIMASI MOTION GRAPHICS SEBAGAI MEDIA PROMOSI APLIKASI SIP OKE (Sistem Informasi dan Pelayanan Online Kelurahan Mekarjaya Depok)
DOI:
https://doi.org/10.35450/jip.v8i02.583Kata Kunci:
Media Promosi, Motion Graphics, AnimasiAbstrak
Pelayanan publik merupakan kegiatan memenuhi kebutuhan warga negara secara berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur. Pengembangan inovasi dengan teknologi IT Kelurahan Mekarjaya dibutuhkan untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pelayanan publik berbasis online dengan inovasi aplikasi SIP OKE (Sistem Informasi dan Pelayanan Online Kelurahan). Permasalahannya, masyarakat kurang mengenal dan memahami dengan aplikasi SIP OKE sehingga perlu dibuatkan media promosi berupa animasi motion graphics yang bisa diunggah di youtube atau media sosial. Metode penelitian menggunakan Research and Development dengan pendekatan deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, literature, dan wawancara. Perancangan animasi motion graphics ini dilakukan dalam 3 tahapan produksi, yaitu; (1) pra produksi, (2) proses produksi, (3) pasca produksi. Hasil perancangan animasi motion graphics yang berdurasi 2 menit ini dapat dimanfaatkan sebagai media informasi atau media promosi untuk memperkenalkan aplikasi SIP OKE Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat.
Unduhan
Referensi
Betancourt. (2013). The History of Motion Graphics. Wildside Press.
Binanto, I. (2010). Multimedia Digital: Dasar Teori dan Pengembangannya. Andi offset.
Hutabarat, J., & Huseini, M. (2012). Strategi Pendekatan Komprehensif dan Terintegrasi Strategic Excellence dan Operational Excellence Secara Simultan. Penerbit Universitas Indonesia.
Lupiyoadi. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa Edisi kedua. salemba empat.
Munir. (2013). Multimedia dan Konsep Aplikasi Dalam Pendidikan. Alfabeta.
Siregar. (2007). No Title. Pengaruh Bauran Promosi Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) ITMI Medan.
Sukarno, I. S., & Setiawan, P. (2015). Perancangan Motion Graphic Ilustratif Mengenai Majapahit Untuk Pemuda-Pemudi. Jurnal Tingkat Sarjana Senirupa Dan Desain, 1.
Tjiptono, F., & Diana, A. (2015). Pelanggan Puas? Tak Cukup! Plus: contoh spesifik riset kepuasan dan ketidak puasan pelanggan, strategi mewujudkan kepuasan pelanggan. Andi offset.
Undang-Undang RI. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.
Zimmerer. (2002). Essentials of Entrepreneurship and Small Business Management. Prentice-Hall.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2024 Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan jurnal harus mengerti bahwa jurnal yang diterima dan dipublikasikan, hak cipta jurnal tersebut diberikan kepada Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan (JIP), Balitbangda Provinsi Lampung sebagai penerbit jurnal.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan jurnal ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi sejenis lainnya, serta terjemahan, reproduksi sebagian / bagian dari jurnal ini, penyimpanannya di basis data dan penularannya oleh bentuk atau media apapun seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dll.