PERANCANGAN ANIMASI MOTION GRAPHICS SEBAGAI MEDIA PROMOSI APLIKASI SIP OKE (Sistem Informasi dan Pelayanan Online Kelurahan Mekarjaya Depok)

Penulis

  • Lukas Sugiyanto Politeknik Sains Seni Rekakreasi, Bogor
  • Moses Raissa Graceivan Politeknik Sains Seni Rekakreasi, Bogor
  • Dedek Kris Diyanto Politeknik Sains Seni Rekakreasi, Bogor

DOI:

https://doi.org/10.35450/jip.v8i02.583

Kata Kunci:

Media Promosi, Motion Graphics, Animasi

Abstrak

Pelayanan publik merupakan kegiatan memenuhi kebutuhan warga negara secara berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur. Pengembangan inovasi dengan teknologi IT Kelurahan Mekarjaya dibutuhkan untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pelayanan publik berbasis online dengan inovasi aplikasi SIP OKE (Sistem Informasi dan Pelayanan Online Kelurahan). Permasalahannya, masyarakat kurang mengenal dan memahami dengan aplikasi SIP OKE sehingga perlu dibuatkan media promosi berupa animasi motion graphics yang bisa diunggah di youtube atau media sosial. Metode penelitian menggunakan Research and Development dengan pendekatan deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, literature, dan wawancara. Perancangan animasi motion graphics ini dilakukan dalam 3 tahapan produksi, yaitu; (1) pra produksi, (2) proses produksi, (3) pasca produksi. Hasil perancangan animasi motion graphics yang berdurasi 2 menit ini dapat dimanfaatkan sebagai media informasi atau media promosi untuk memperkenalkan aplikasi SIP OKE Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ardian, A., & Munadi, S. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Student-Centered Learning dan Kemampuan Spasial terhadap Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(4), 454. https://doi.org/10.21831/jptk.v22i4.7843
Betancourt. (2013). The History of Motion Graphics. Wildside Press.
Binanto, I. (2010). Multimedia Digital: Dasar Teori dan Pengembangannya. Andi offset.
Hutabarat, J., & Huseini, M. (2012). Strategi Pendekatan Komprehensif dan Terintegrasi Strategic Excellence dan Operational Excellence Secara Simultan. Penerbit Universitas Indonesia.
Lupiyoadi. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa Edisi kedua. salemba empat.
Munir. (2013). Multimedia dan Konsep Aplikasi Dalam Pendidikan. Alfabeta.
Siregar. (2007). No Title. Pengaruh Bauran Promosi Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) ITMI Medan.
Sukarno, I. S., & Setiawan, P. (2015). Perancangan Motion Graphic Ilustratif Mengenai Majapahit Untuk Pemuda-Pemudi. Jurnal Tingkat Sarjana Senirupa Dan Desain, 1.
Tjiptono, F., & Diana, A. (2015). Pelanggan Puas? Tak Cukup! Plus: contoh spesifik riset kepuasan dan ketidak puasan pelanggan, strategi mewujudkan kepuasan pelanggan. Andi offset.
Undang-Undang RI. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.
Zimmerer. (2002). Essentials of Entrepreneurship and Small Business Management. Prentice-Hall.

Diterbitkan

2024-08-28

Cara Mengutip

Sugiyanto, L., Graceivan, M. R., & Diyanto, D. K. (2024). PERANCANGAN ANIMASI MOTION GRAPHICS SEBAGAI MEDIA PROMOSI APLIKASI SIP OKE (Sistem Informasi dan Pelayanan Online Kelurahan Mekarjaya Depok). Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 12(02). https://doi.org/10.35450/jip.v8i02.583

Terbitan

Bagian

Articles