PERANCANGAN MEDIA EDUKASI DALAM MENJAGA KEAMANAN DATA PRIBADI DI INTERNET (MOTION GRAPHIC SEBAGAI MEDIA UTAMA)

Penulis

  • Moses Raissa Graceivan Politeknik Sains Seni Rekakreasi, Bogor
  • Lukas Sugiyanto Politeknik Sains Seni Rekakreasi, Bogor
  • Wisnu Cahyo Pratama Politeknik Sains Seni Rekakreasi, Bogor

DOI:

https://doi.org/10.35450/jip.v8i02.581

Kata Kunci:

Media Edukasi dan Motion Graphic

Abstrak

Pemanfaatan media internet dalam kehidupan sehari-hari memberikan banyak kemudahan, tetapi juga membawa berbagai masalah terkait keamanan dan privasi data pribadi. Tujuan penelitian untuk merancang media edukasi dalam menjaga keamanan data pribadi di internet dengan menggunakan motion graphic sebagai media Utama. Metode penelitian menggunakan research and development dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan studi literatur Kesimpulan: (1) Tahapan proses pra produksi, produksi dan pasca produksi. Dalam tahap pra produksi membuat perancangan ide, perancangan storyline dan storyboard. Pada tahap produksi membuat desain vector yang akan di animasikan dan proses di animasikan. Sedangkan tahap pasca produksi menambahkan voice over narasi dan background musik. (2) menggunakan kombinasi gambar dan grafik, data dapat disajikan dengan cara intuitif yang lebih mudah digunakan dalam video format pendek. (3) Hasil perancangan video berdurasi 2 menit dari keleseluruhan pembuatan. (4) Pengaplikasian desain promosi yang terpilih pada media pendukung seperti poster, banner x, mug, kaos, dan keychain.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahmadi, F., Witanto, Y., & Ratnaningrum, I. (2017). Pengembangan media edukasi “multimedia indonesian culture” (MIC) sebagai penguatan pendidikan karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 34(2), 127–136.
Anugerah, F., & Tantimin, T. (2022). Pencurian Data Pribadi Di Internet Dalam Perspektif Kriminologi. Jurnal Komunikasi Hukum (JKH), 8(1), 419–435. https://doi.org/10.23887/jkh.v8i1.45434
Crook, I., & Beare, P. (2017). Motion graphic: Principles & practice from the ground up. Bloomsbury Publishing.
Fassa, N., Aryani, D. I., Wianto, E., Komunikasi, D., Rupa, S., Desain, D., & Maranatha, K. (2023). Perancangan Animasi sebagai Media Edukasi Kesadaran Masyarakat terhadap Kasus Penipuan File APK. Jurnal Penelitian Mahasiswa Desain, 3(2), 204–221. https://ojs.unikom.ac.id/index.php/divagatra
Kehista, A. P., Fauzi, A., Tamara, A., Putri, I., Fauziah, N. A., Klarissa, S., & Damayanti, V. B. (2023). Analisis Keamanan Data Pribadi pada Pengguna E-Commerce: Ancaman, Risiko, Strategi Kemanan (Literature Review). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 4(5), 625–632. https://dinastirev.org/JIMT/article/view/1541
Mahendra, R., Perssela, R. P., & Rahmadianti, W. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektivitas Komunikasi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA), 2(3), 650–656. https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i3.4525
Riyana, C., & Susilana, R. (2018). Media Pembelajaran. Bandung. Wacana Prima.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963

Diterbitkan

2024-08-28

Cara Mengutip

Graceivan, M. R., Sugiyanto, L., & Pratama, W. C. (2024). PERANCANGAN MEDIA EDUKASI DALAM MENJAGA KEAMANAN DATA PRIBADI DI INTERNET (MOTION GRAPHIC SEBAGAI MEDIA UTAMA). Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 12(02). https://doi.org/10.35450/jip.v8i02.581

Terbitan

Bagian

Articles