Strategi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam Pengembangan Desa Wisata Di Wisata Taman Ghanjaran Desa Ketapanrame Kecamatan Trawas
DOI:
https://doi.org/10.35450/jip.v12i02.553Kata Kunci:
Pengembangan Desa Wisata, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)Abstrak
: Penelitian ini bertujuan guna melihat strategi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam Pengembangan Desa Wisata di Wisata Taman Ghanjaran Desa Ketapanrame Kecamatan Trawas. Penelitian ini dilaksanakan di BUMDes Mutiara Welirang Desa Ketapanrame Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto. Metode yang dipakai di penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan informan yaitu Kepala Desa Ketapanrame, Direktur BUMDes Mutiara Welirang dan Para wisatawan di Taman Ghanjaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) strategi organisasi dan tujuan BUMDes Mutiara Welirang secara garis besar untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa dengan cara mengeksplorasi potensi untuk didayagunakan dan membuka pola wirausaha masyarakat desa, b) strategi program yakni Wisata Taman Ghanjaran yang dikelola BUMDes di bawah unit wisata ini dikembangkan melalui program investasi masyarakat Desa Ketapanrame dan memanfaatkan media promosi namun dalam pelaksanaannya kurang optimal dikarenakan tim IT tidak fokus pada unit Wisata Taman Ghanjaran saja c) Strategi pendukung sumber daya, dalam meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan untuk pengelolaan serta pengembangan unit usaha, BUMDes Mutiara Welirang menggandeng pihak pemerintah kabupaten, swasta serta akademisi, d) dalam Strategi kelembagaan, struktur BUMDes Mutiara Welirang sudah berjalan dengan semestinya, namun koordinasi pada pelaku usaha masih kurang.
Unduhan
Referensi
N. A. U. Purba and E. Rining Nawangsari, “Prinsip Saemaul Undong dalam Pengelolaan Desa Wisata oleh BUMDesa di Desa Ketapanrame Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto,” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 5, no. 7, pp. 2142–2147, 2022, doi: 10.54371/jiip.v5i7.684.N. Maulidiah and S. Megawati, “Implementasi Kebijakan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Dalam Pengembangan Desa Wisata,” Publika, vol. 10, no. 2, pp. 391–406, 2022.
Budhi Pamungkas Gautama, A. K. Yuliawati, N. S. Nurhayati, E. Fitriyani, and I. I. Pratiwi, “Pengembangan Desa Wisata Melalui Pendekatan Pemberdayaan Masyarakat,” BERNAS J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 4, pp. 355–369, 2020, doi: 10.31949/jb.v1i4.414.
Surti, “Jumlah Desa Wisata di Indonesia 2023, Terbaru!,” Fortune.id, 2023, [Online]. Available: https://www.fortuneidn.com/news/surti/jumlah-desa-wisata-di-indonesia
H. W. R. Hafit and H. W. R. Hendra Sukmana, “Strategi BUMDes Dalam Pengembangan Pariwisata Di Wisata Bahari Tlocor,” Dialekt. J. Ekon. dan Ilmu Sos., vol. 8, no. 2, pp. 317–331, 2023, doi: 10.36636/dialektika.v8i2.3396.
J. Iskandar, Engkus, Fadjar Tri Sakti, N. Azzahra, and N. Nabila, “STRATEGI PENGEMBANGAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA,” J. Dialekt. J. Ilmu Sos., vol. 19, no. 2, pp. 1–11, 2021, doi: 10.54783/dialektika.v19i2.1.
T. Prasetijowati, B. A. Kurniwan, and A. Firniasari, “Strategi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Mutiara Welirang Dalam Kesejahteraan Desa Ketapanrame Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto,” J. Ilm. Muqoddimah J. Ilmu Sos. Polit. dan Hum., vol. 7, no. 2, p. 572, 2023, doi: 10.31604/jim.v7i2.2023.572-577.
Karinov, Pengertian Bauran Pemasaran (7P – Marketing Mix). 2018.
Cahyaningrum and T. Tukiman, “Strategi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam Mengembangkan Wisata Taman Ghanjaran di Desa Ketapanrame Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto,” J. Ilm. Univ. Batanghari Jambi, vol. 22, no. 2, p. 1133, 2022, doi: 10.33087/jiubj.v22i2.2328.
R. N. Pradini, “Strategi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Di Desa Kedungturi Kabupaten Sidoarjo,” J. Pemerintah. Dan Keamanan Publik (JP dan KP), pp. 57–67, 2020, doi: 10.33701/jpkp.v2i1.1000.
J. Kooten, Strategic Management in Publicang NonProfit. Newyork: Praeger Publishers., 1991.
H. Willy, “Strategi Pembangunan Desa dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Desa Melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) (Studi Pada Badan Pengelolaan Air Minum (BPAM) di Desa Ketapanrame Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto),” vol. 5, no. 1, 2015.
D. N. C. Permatasari, “Perancangan Destination Branding Desa Wisata Bongan melalui Visual Branding dan Digital Marketing,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. Makardhi, vol. 2, no. 1, pp. 9–22, 2022, doi: 10.52352/makardhi.v2i1.794.
D. F. Eprilianto, Y. Lestari, S. Megawati, and T. A. Oktariyanda, “Pendampingan Tata Kelola Pemerintahan Berbasis Digital Sebagai Upaya Adaptasi Desa Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Era New Normal,” Community Dev. J. J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 3, pp. 767–776, 2021, doi: 10.31004/cdj.v2i3.2587.
Tamianingsih and D. Febriyan Eprilianto, “Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Community Based Tourism,” Publika, vol. 10, no. 3, pp. 1025–1040, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/46900%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/publika/article/download/46900/39739
J. Ivancevich, Perilaku & Manajemen Organisasi. Jakarta: Erlangga, 2007.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2024 Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan jurnal harus mengerti bahwa jurnal yang diterima dan dipublikasikan, hak cipta jurnal tersebut diberikan kepada Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan (JIP), Balitbangda Provinsi Lampung sebagai penerbit jurnal.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan jurnal ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi sejenis lainnya, serta terjemahan, reproduksi sebagian / bagian dari jurnal ini, penyimpanannya di basis data dan penularannya oleh bentuk atau media apapun seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dll.