PENGARUH PANDEMI TERHADAP TATA KELOLA PEMERINTAHAN; STUDI KASUS PELAYANAN PUBLIK PEMERINTAH PROVINSI LAMPUNG

Penulis

  • Ridwan Saifuddin Balitbangda Provinsi Lampung

DOI:

https://doi.org/10.35450/jip.v9i03.272

Kata Kunci:

Covid-19, public services, satisfaction, technology, crisis, pandemic

Abstrak

Pandemi Covid-19 telah berdampak pada penyelenggaraan pelayanan publik. Berbagai penyesuaian dan penataan telah dilakukan perangkat daerah yang memberikan layanan publik di lingkungan Pemda Provinsi Lampung. Kapasitas organisasi perangkat daerah khususnya yang terkait dengan pelayanan publik di masih harus ditingkatkan. Identifikasi dampak dan alternatif respon yang penting dilakukan organisasi pelayanan publik dalam menghadapi pandemi ini dikaji dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil wawancara menggunakan kuesioner dengan responden ASN pemberi layanan publik di lingkungan Pemda Provinsi Lampung menunjukkan, kendala utama dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik yang penting segera diatasi adalah terkait kapasitas SDM aparatur, sarana-prasarana penunjang pelayanan publik, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang lebih optimal, serta komitmen pemimpin dalam mewujudkan organisasi dan pelayanan publik yang lebih berkualitas. Tata kelola terintegrasi dan investasi yang tepat dalam aspek sumber daya manusia, teknologi, dan manajerial semakin mendesak diwujudkan. Mekanisme interaksi dan keterhubungan antara penyedia dan pengguna layanan publik juga masih perlu ditingkatkan, sehingga diharapkan membuat pemerintah dan masyarkat menjadi lebih dekat, sinergi bisa lebih kuat, dan inisiatif baru lebih terfasilitasi. Publik perlu lebih terlibat dalam upaya perbaikan mutu pelayanan publik yang diberikan pemerintah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

khilmi Dzulqornain, (2020). Pendidikan Adab Sebagai Alternatif Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Inovasi Pembangunan Volume 08 No. 2.

Almutahar, H. (2014). Pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaaan Di Kawasan Perbatasan Kabupaten Bengkayang. Universitas Tanjungpura.

I Gusti Agung Rai, (2008). Audit Kinerja pada Sektor Publik; Konsep, Praktik, dan Studi Kasus.

E PRESS, (2008). Collaborative Governance: A New Era of Public Policy in Australia.” O’Flynn, Janine dan Wanna, John. The Australian National University (ANU). Australia.

Syafarudin, (2020). Covid-19 dan Disrupsi; Tatanan Sosial, Budaya, Ekonomi, Politik, dan Multi. Bandar Lampung.

Sri Harjanto, (2004). Dari Sistem Inovasi Nasional ke ABG: Catatan Kebijakan Iptek Nasional. Jurnal Inovasi, Vol. 2/XVI.

UNDP, (1997). Governance for sustainable human development. UNDP policy document. New York

Yogi Suwarno, (2008). Inovasi di Sektor Publik.https://www.researchgate.net/publication/328202667_INOVASI_DI_SEKTOR_PUBLIK/download

Richardus Eko Indrajit, (2000). Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi Informasi. Richardus Eko Indrajit. PT Elex Media Komputindo, Jakarta.


Parina, Robi Cahyadi Kurniawan, Dedy Hermawan, Ridwan Saifuddin, Annisa Yulyana Pibiand. AURA, (2021). Pandemi Covid-19 dan Perilaku Politik Masyarakat; Studi Rawan Konflik Pilkada 2020. Bandar Lampung.

John Creswell. London, (2007). Qualiitative Inquiry and Research Design.

Tyran, Jean-Robert, and Rupert Sausgruber (2003). The Diffusion of Policy Innovation: An Experimental Investigation. . Discussion Paper No.2003-14. Department of Economics, Universität St.Gallen.

https://dosen.perbanas.id/penelitian-kualitatif-pendekatan-fenomenologi/

https://isnet.or.id/amp/membangun-tata-kelola-pemerintahan-yang-kolaboratif-collaborative-governance/.

https://www.ui.ac.id/memaknai-tata-kelola-pemerintahan-kolaboratif/

Diterbitkan

2021-12-15

Cara Mengutip

Saifuddin, R. (2021). PENGARUH PANDEMI TERHADAP TATA KELOLA PEMERINTAHAN; STUDI KASUS PELAYANAN PUBLIK PEMERINTAH PROVINSI LAMPUNG. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 9(03), 219. https://doi.org/10.35450/jip.v9i03.272

Terbitan

Bagian

Articles