Perancangan Perancangan Media Pembelajaran Teknik Dasar Bola Voli Mengunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android
DOI:
https://doi.org/10.35450/jip.v8i03.207Kata Kunci:
Augmented Reality, Android Augmented Reality, Media Pembelajaran berbasis AR,Abstrak
Media pembelajaran adalah sebuah alat untuk proses belajar mengajar. Bola voli adalah salah satu cabang olahraga prestasi yang ada di Indonesia. Penguasaan terhadap teknik dasar merupakan hal yang penting dalam menciptakan prestasi yang optimal dalam setiap cabang olahraga. Teknik dasar permainan bola voli merupakan unsur yang dapat menentukan menang atau kalah dalam suatu pertandingan selain kondisi fisik, taktik, dan mental. keterbatasan ruang dan waktu menjadi salah satu faktor utama bagi seorang pembelajar dalam penguasaan teknik dasar permainan bola voli sehingga mengakibatkan penguasaan teknik menjadi lama. Kontribusi pada penelitian ini adalah merancang media pembelajaran teknik dasar bola voli, yang bisa digunakan pengguna untuk memahami teknik-teknik dasar permainan bola voli dan memberikan media alternatif bagi masyarakat umum, yaitu sebuah media pembelajaran teknik dasar bola voli menggunakan Teknologi augmented reality berbasis android. Sistem dibangun menggunakan perangkat lunak Unity yang bekerja pada platform android, metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Sistem diuji menggunakan ISO 9126 dengan memperoleh nilai Usability, sebesar 89%, Functionality sebesar 98%, dan Portability sebesar 73%. Berdasarkan hasil dari beberapa pengujian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa aplikasi media pembelajaran tersebut dapat digunakan oleh masyarakat umum sebagai media sarana belajar untuk meningkatkan pengetahuan tentang bola voli khususunya teknik-teknik dasar dalam permainan bola voli.
Unduhan
Referensi
Ahdan, Syaiful, and Putri Indah Sari. 2020. “Pengembangan Aplikasi Web Untuk Simulasi Simpan Pinjam ( Studi Kasus : Bmt L-Risma ).” Jurnal TEKNO KOMPAK 14(1): 33–40.
Alkhattabi, Mona. 2017. “Augmented Reality as E-Learning Tool in Primary Schools’ Education: Barriers to Teachers’ Adoption.” International Journal of Emerging Technologies in Learning 12(2): 91–100.
Elmqaddem, Noureddine. 2019. “Augmented Reality and Virtual Reality in Education. Myth or Reality?” International Journal of Emerging Technologies in Learning 14(3): 234–42.
FAKHRUDIN, Ali, Sri YAMTINAH, and RIYADI RIYADI. 2017. “Implementation of Augmented Reality Technology in Natural Sciences Learning of Elementary School To Optimize the Students’ Learning Result.” Journal Plus Education 19(1/2018): 92–102.
Ghavifekr, Simin, and Wan Athirah Wan Rosdy. 2015. “Teaching and Learning with Technology: Effectiveness of ICT Integration in Schools.” International Journal of Research in Education and Science 1(2): 175–91.
Hasbi, Muhammad, Herman Tolle, and Ahmad Afif Supianto. 2020. “The Development of Augmented Reality Educational Media Using Think-Pair-Share Learning Model For Studying Buginese Language.” Journal of Information Technology and Computer Science 5(1): 38.
Holla, Suhas, and Mahima M Katti. 2012. “Android Based Mobile Application Development And Its Security.” Continuum 3(3): 486–90.
Khan, Jamil, and Sara Shahzad. 2016. “Android Architecture and Related Security Risks.” Asian Journal of Technology & Management Research 05(March): 2249–2892.
Markamah, Nisaun, Subiyanto Subiyanto, and Agus Murnomo. 2018. “The Effectiveness of Augmented Reality App to Improve Students Achievement in Learning Introduction to Animals.” Journal of Education and Learning (EduLearn) 12(4): 651.
Marneanu, I., M. Ebner, and T. Rößler. 2014. “Evaluation of Augmented Reality Frameworks for Android Development.” International Journal of Interactive Mobile Technologies 8(4): 37–44.
Milgram, Paul, and Fumio Kishimo. 1994. “A Taxonomy of Mixed Reality.” IEICE Transactions on Information and Systems 77(12): 1321–29.
Pieterse, H., M. S. Olivier, and R. P. Van Heerden. 2016. “Reference Architecture for Android Applications to Support the Detection of Manipulated Evidence.” SAIEE Africa Research Journal 107(2): 92–103.
Risnawati, Zubaidah Amir, and Novita Sari. 2018. “The Development of Learning Media Based on Visual, Auditory, and Kinesthetic (VAK) Approach to Facilitate Students’ Mathematical Understanding Ability.” Journal of Physics: Conference Series 1028(1).
Sari, Puspita Andika, and Ananda Setiawan. 2018. “The Development of Internet-Based Economic Learning Media Using Moodle Approach.” International Journal of Active Learning 3(2): 100–109. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijal.
Sousa, Thiago C. de, Luciano Kelvin, Constantino Dias Neto, and Carlos Giovanni N. de Carvalho. 2017. “A Formal Semantics for Use Case Diagram Via Event-B.” Journal of Software 12(4): 189–200.
Touseef, Muhammad, Naveed Anwer, Altaf Hussain, and Aamer Nadeem. 2015. “Testing from UML Design Using Activity Diagram: A Comparison of Techniques.” International Journal of Computer Applications 131(5): 41–47.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Penulis yang mengirimkan jurnal harus mengerti bahwa jurnal yang diterima dan dipublikasikan, hak cipta jurnal tersebut diberikan kepada Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan (JIP), Balitbangda Provinsi Lampung sebagai penerbit jurnal.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan jurnal ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi sejenis lainnya, serta terjemahan, reproduksi sebagian / bagian dari jurnal ini, penyimpanannya di basis data dan penularannya oleh bentuk atau media apapun seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dll.