Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Model Children Learning In Science (Clis) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Pada Kelas Ix

Penulis

  • mela mardayanti

DOI:

https://doi.org/10.35450/jip.v8i01.178

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk megembangkan lembar kerja peserta didik berbasis model children learning in science untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS), mengetahui pendapat para ahli, respon pendidik dan peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik ini dan juga melihat peningkatakan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian R&D dengan model pengembangan 4D. Hasil penelitian ini adalah : 1) Produk akhir yang telah dihasilkan  pada pengembangan adalah lembar kerja peserta didik dengan skor rata-rata dar ahli media sebesar 91,25%, ahli materi 90,33% dengan kriteria sangat baik, 2) Kemenarikan produk ini untuk peserta didik pada uji coba kelompok kecil dengan persentase sebesar 83,33% , uji coba lapangan dengan persentase sebesar 86% dengan kriteria sangat menarik. 3) Respon uji coba produk ke pendidik terhadap lembar kerja peserta didik  ini dengan persentase sebesar 86% dengan kriteria sangat baik. 4) Kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik meningkat setelah menggunakan lembar kerja peserta didik ini. Bahan ajar berupa lembar kerja peserta didik berbasis model pembelajaran children learning in science sudah baik dan menarik untuk digunakan sebagai bahan ajar IPA serta sudah mampu meningkatkan kemapuan berpikir tingkat tinggi (HOTS)  peserta didik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2020-04-01

Cara Mengutip

mardayanti, mela. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Model Children Learning In Science (Clis) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Pada Kelas Ix. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 8(01), 73. https://doi.org/10.35450/jip.v8i01.178

Terbitan

Bagian

Articles