PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI SINERGI KEBIJAKAN ANTARA PEMERINTAH PROVINSI, KABUPATEN, DAN KOTA

Penulis

  • Ridwan Saifuddin Balitbangda Provinsi Lampung

DOI:

https://doi.org/10.35450/jip.v7i3.156

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi bentuk sinergi antara pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota dalam pengelolaan pendidikan dasar dan menengah dengan melibatkan lintas pemangku kepentingan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Kesimpulan penelitian ini pembangunan sektor pendidikan tidak bisa dilakukan secara parsial. Diperlukan wadah (lembaga) untuk koordinasi, integrasi, dan akselerasi peningkatan serta pemerataan mutu pendidikan di Provinsi Lampung, yang merepresentasikan otoritas pengambil kebijakan tingkat provinsi, kabupaten, dan kota. Peningkatan kompetensi guru perlu menjadi perhatian (prioritas) utama pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota dalam upaya peningkatan serta pemerataan kualitas pendidikan dasar dan menengah, termasuk kemampuan dan penguasaan soft skill. Infrastruktur penunjang juga sangat menentukan keberhasilan pembangunan sektor pendidikan. Pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota juga perlu mengembangkan model pembelajaran khusus, yang ditujukan bagi peserta didik dengan potensi kecerdasan dan bakat istimewa.

 

Kata kunci: sinergi, pembangunan, kompetensi, pendidikan, infrastruktur.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2019-12-01

Cara Mengutip

Saifuddin, R. (2019). PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI SINERGI KEBIJAKAN ANTARA PEMERINTAH PROVINSI, KABUPATEN, DAN KOTA. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 7(3), 253. https://doi.org/10.35450/jip.v7i3.156

Terbitan

Bagian

Articles