PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI SINERGI KEBIJAKAN ANTARA PEMERINTAH PROVINSI, KABUPATEN, DAN KOTA
DOI:
https://doi.org/10.35450/jip.v7i3.156Abstrak
Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi bentuk sinergi antara pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota dalam pengelolaan pendidikan dasar dan menengah dengan melibatkan lintas pemangku kepentingan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Kesimpulan penelitian ini pembangunan sektor pendidikan tidak bisa dilakukan secara parsial. Diperlukan wadah (lembaga) untuk koordinasi, integrasi, dan akselerasi peningkatan serta pemerataan mutu pendidikan di Provinsi Lampung, yang merepresentasikan otoritas pengambil kebijakan tingkat provinsi, kabupaten, dan kota. Peningkatan kompetensi guru perlu menjadi perhatian (prioritas) utama pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota dalam upaya peningkatan serta pemerataan kualitas pendidikan dasar dan menengah, termasuk kemampuan dan penguasaan soft skill. Infrastruktur penunjang juga sangat menentukan keberhasilan pembangunan sektor pendidikan. Pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota juga perlu mengembangkan model pembelajaran khusus, yang ditujukan bagi peserta didik dengan potensi kecerdasan dan bakat istimewa.
Kata kunci: sinergi, pembangunan, kompetensi, pendidikan, infrastruktur.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Penulis yang mengirimkan jurnal harus mengerti bahwa jurnal yang diterima dan dipublikasikan, hak cipta jurnal tersebut diberikan kepada Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan (JIP), Balitbangda Provinsi Lampung sebagai penerbit jurnal.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan jurnal ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi sejenis lainnya, serta terjemahan, reproduksi sebagian / bagian dari jurnal ini, penyimpanannya di basis data dan penularannya oleh bentuk atau media apapun seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dll.