Meningkatkan Konsep Trigonometri Berbasis Nilai Keislaman Melalui Buku Saku

Penulis

  • Nova Nindarti UIN Raden Intan Lampung
  • Suherman Suherman UIN Raden Intan Lampung
  • Syaiful Anwar UIN Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.35450/jip.v6i03.115

Kata Kunci:

Nilai Keislaman, Trigonometri, buku saku

Abstrak

Trigonometri merupakan salah satu cabang ilmu dalam matematika yang mempelajari tentang sudut dan cara pengukurannya (Asti & Munif, 2009). Penerapan ilmu trigonometri pada kehidupan sehari-hari diantaranya yakni pembuatan gedung-gedung tinggi. Para arsitektur tidak akan bisa membangun-gedung-gedung bertingkat tanpa menerapkan ilmu trigonometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep trigonometri peserta didik melalui pembelajaran berbantuan buku saku matematika berbasis keislaman. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Liwa Lampung Barat pada bulan April 2018. Aspek yang diuji adalah pemahaman konsep trigonometri peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental berjenis quasi experimental design dengan prosedur nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik cluster sampling. Pelaksanaan penelitian yakni dengan memberikan pretest, melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan buku saku matematika berbasis keislaman, kemudian memberikan posttest kepada peserta didik sehingga peningkatan pemahaman konsep matematis dapat terlihat dari nilai pretest dan posttest yang dilakukan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alfianika, N. (2016). Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.

Ansori, M., & dkk. (2015). Pendidikan Karakter Wirausaha. Batam: Andi.

Asti, B. M., & Munif, J. A. (2009). 105 Tokoh Penemu & Perintis Dunia. Yogyakarta: Narasi.

Az-Za'balawi, S. M. (2007). Pendidikan Remaja Antara Islam dan Ilmu Jiwa. Jakarta: Gema Insani Press.

Efendi, J., & Ibrahim, J. (2016). Metode Penelitian Hukum Normatif dan Empiris. Depok: Prenada Media Group.

Fatqurhohman. (2016). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika , 127.

Hamidah, K., & Suherman. (2016). Proses Berfikir Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Kepribadian Keirsey. Aljabar, Jurnal Pendidikan Matematika , 232.
Herlanti, Y. (2014). Tanya Jawab Seputar Penelitian Pendidikan Sains. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Julia, Isrok'atun, & Safari, I. (2017). Prosiding Seminar Nasional. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Jumiati, Sari, M., & Akmalia, D. (2011). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Numbereds Heads Together (NHT) Pada Materi Gerak Tumbuhan di Kelas VIII SMP SEI Putih Kampar. Lectura , 170.

Khairani. (2016). Penelitian Geografi Terapan. Jakarta: Kencana.

Mawaddah, N. (2012). Rukun Islam. Jakarta Timur: Balai Pustaka.

Murizal, A., Yarman, & Yerizon. (2012). Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika , 19.

Natanael, Y. (2014). Belajar Otodidak SPSS Pasti Bisa. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Neolaka, A., & Neolaka, G. A. (2017). Landasan Pendidikan. Depok: Prenada Media Group.

Nofrion. (2016). Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Offirstson, T. (2014). Aktivitas Pembelajaran Matematika Melalui Inkuiri Berbantuan Software Cinderella. Yogyakarta: Deepublish.

Purwati, Qurbanlah, M., & Fadhilah, R. (2016). Pengaruh Metode Pemecahan Masalah Berbantuan Buku Saku Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pokok Stoikiometri di Kelas X SMA Negeri 1 Sungai Raya. Ar-Razi Jurnal Ilmiah , 109.

Ratnasari, D., Ishaq, S., & Sya'ban, M. A. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Penggunaan Model Pembelajaran Make a Match dengan Model Pembelajaran Numbered Heads Together. Jurnal Geografi Edukasi dan Lingkungan , 34.

Ridho, M. (2017). Evaluasi Terpadu Mandiri dan Rekreasi Matematika. Jakarta: Grasindo.

Ro'uf, A. M. (2018). Kritik Nalar Arab Muhammad 'Abid Al-Jabiri. Yogyakarta: LKiS.

Sagala, S. (2013). Etika dan Moralitas Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sampayya, A. S. (2007). Keseimbangan Matematika Dalam Al-Qur'an. Jakarta: Republika.

Santoso, S. (2010). Kupas Tuntas Riset Eksperimen dengan Excel 2007 dan Minitab 15. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Santoso, S. (2010). Statistik Multivariat. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pedidikan Matematika , 176.

Sirait, J. T. (2014). Memhami Aspek-Aspek Pengelolaan SDM Dalam Organisasi. Jakarta: Grasindo.

Situmorang, S. H. (2010). Analisis Data. Medan: USU Press.

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2003). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Pusat Bahasa Depdiknas.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, V. (2010). Jurus Sakti Menaklukkan Matematika. Surabaya: Kawan Pustaka.

Syahbana, A. (2015). Trigonometri Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Wicaksono, A. A., & Tisnawati, E. (2014). Teori Interior. Jakarta: Niaga Swadaya.

Wijaya, H. (2018). Analisis Data Kualitatif. Makassar: STT Jaffray.

Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Zuhra, F., Hasan, M., & Syafitri, R. (2017). Model pembelajaran Learning Cycle 7E Berbantuan Buku Saku Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia , 138.

Diterbitkan

2018-12-01

Cara Mengutip

Nindarti, N., Suherman, S., & Anwar, S. (2018). Meningkatkan Konsep Trigonometri Berbasis Nilai Keislaman Melalui Buku Saku. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 6(03), 291-300. https://doi.org/10.35450/jip.v6i03.115

Terbitan

Bagian

Articles