KEPEMIMPINAN STRATEGIS: MENINGKATKAN KINERJA GURU MELALUI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMUNIKASI YANG EFEKTIF
DOI:
https://doi.org/10.35450/jip.v13i2.1140Kata Kunci:
Strategic Leadership, School Principal, Effective Communication, Teacher PerformanceAbstrak
Peningkatan kualitas pendidikan sangat bergantung pada kompetensi dan kinerja guru sebagai pelaksana utama proses pembelajaran. Dalam hal ini, kepemimpinan kepala sekolah dan komunikasi yang efektif memegang peran strategis dalam menciptakan lingkungan kerja yang mendukung profesionalisme guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan komunikasi yang efektif terhadap kinerja guru. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan campuran (mixed methods), yang menggabungkan data kuantitatif melalui angket dari 30 guru serta data kualitatif melalui wawancara dengan tiga guru. Analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dan komunikasi yang efektif secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, dengan nilai signifikansi 0,000 dan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,524. Temuan ini diperkuat melalui wawancara, di mana guru menyatakan bahwa kepemimpinan yang suportif dan komunikasi yang terbuka mendorong peningkatan motivasi dan kinerja. Dengan demikian, pendekatan kepemimpinan strategis yang mengintegrasikan visi, kolaborasi, dan komunikasi interpersonal terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas kerja guru di lingkungan sekolah. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan kapasitas kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya memperkuat mutu pendidikan secara menyeluruh.
Unduhan
Referensi
Al Faruq, M. H., & Supriyanto. (2020). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan (JDMP), 5(1), 68–76.
Aldawsariذ, R. (2020). The relationship between leaders’ emotional intelligence and leadership effectiveness from perspectives of leaders and faculty members at university of hafr al batin
Andayani, D., Elfrianto, & Akrim. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Partisipatif, Disiplin Kerja, Motivasi, Terhadap Kompetensi Profesional Guru di SMP Swasta Budi Utomo Binjai. Journal of Administration and Educational Management, 5(1), 28–39.
Andrews, S. (2023). Strategic leadership, change and growth in not-for-profit, membership-based, value-driven organisations. Journal of Organizational Change Management, 36(4), 517-540. https://doi.org/10.1108/jocm-08-2021-0252
Anggiani & Fatonah. (2024). The Influence of Strategic Digital Leadership and Organizational Communication in Improving Organizational Performance in Educational Institutions. Journal of Social Research, 3(12), 1-7.
https://ijsr.internationaljournallabs.com/index.php/ijsr
Anwar, F., Asrin, A., & Setiadi, D. (2022). Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SMP Negeri 1 Sakra. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1229–1237. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.750
Asvio, N., Yamin, M., & Risnita. (2019). Influence of Leadership Style, Emotional Intelligence and Job Satisfaction toward Organizational Commitment (Survey at SMA Muhammadiyah South Sumatera). International Journal of Scientific & Technology Research 8 (8).
Black, S. (2015). Qualities of effective leadership in higher education. Open Journal of Leadership, 04(02), 54-66. https://doi.org/10.4236/ojl.2015.42006
Danim, S., & Suparno. (2019). Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan. Jakarta: Rineka Cipta.
Dewi dan Poernomo. (2022). Peran Komunikasi Organisasi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMK Bina Rahayu Depok. Jurnal Mahardika Adiwidia, 2(1), 34–44.
https://doi.org/10.36441/mahardikaadiwidi.v2i1.765
Gaol, N. T. L., & Siburian, P. (2018). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Dan Mutu Sekolah. Kelola, Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 66–73. https://doi.org/10.47467/jdi.v1i1.60
Gazali, H., Ridho, M., & Gistituati, N. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMK Negeri 1 Singkarak. Journal of Education Research, 4(3), 1193–1201. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.354
Gumus, S., & Bellibas, M. S. (2020). The relationship between professional development and school principals ’ leadership practices : the mediating role of self-efficacy. International Journal of Educational Management, 34(7), 1155–1170. https://doi.org/10.1108/IJEM-10-2019-0380
Hutahaean, W. S. (2021). Pengantar Kepemimpinan. Jakarta: Ahlimedia Press.
Nurman, M., Yuliejantiningsih, Y., & Roshayanti, F. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah Dan Kompetensi Guru Terhadap Mutu Sekolah Smp Negeri Di Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 7(3), 231–247. https://doi.org/10.26877/jmp.v7i3.3141
Pemana, A. W., & Karwanto. (2020). Gaya kepemimpinan partisipatif dalam upaya meningkatkan profesional guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 5(1), 58–67.
Ratnasari, S. L., & Siregar, D. (2020). Bagaimana Upaya Meningkatkan Kinerja Guru? Jurnal BENING Prodi Manajemen Universitas Kepulauan Batam, 7(1), 119–125.
Siagian, N. (2021). Statistika dasar: konseptualisasi dan aplikasi (1st ed.). CV. Kultura Digital Media.
Suryadhiningrat, R. F. K., Yuniarsih, T., & Sojanah, J. (2022). Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Kasus Sekolah Dasar Muhammadiyah Priangan Kota Bandung). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 7(2), 164–174.
Susanti, H. (2021). Manajemen Pendidikan, Tenaga Kependidikan, Standar Pendidik, dan Mutu Pendidikan. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(1), 33–48. https://doi.org/10.46963/asatiza.v2i1.254
Szeto, E., & Cheng, A. Y. (2017). Principal – teacher interactions and teacher leadership development : beginning teachers ’ perspectives. International Journal of Leadership in Education, 3124(January), 1–17. https://doi.org/10.1080/13603124.2016.1274785
Taufik, M. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Wahana Karya Ilmiah_Pascasarjana (S2) PAI Unsika, 3(2), 465–479.
Thien, L., Adams, D., Kho, S., & Yap, P. (2022). Exploring value-driven leadership: Perspectives from school leaders. Journal of Research on Leadership Education,
Tjiptadi, D. D., & Sari, E. D. R. (2021). Kepemimpinan-Fundamental Teori (Issue December). Yayasan Kita Menulis.
Ulum, M. B., Sarwoko, E., & Yuniarianto, A. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru: Peran Mediasi Motivasi Kerja. JAMP: Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(4), 299–307.
Widodo, D. S. (2017). Pengaruh Budaya Organisasi, Kepemimpinan Dan Kompensasi Melalui Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Manajemen Motivasi, 13(2), 896. https://doi.org/10.29406/jmm.v13i2.723
Yuneti, A., Hamdan, & Prananosa, A. G. (2019). Kepemimpinan Partisipatif dan Komunikasi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. 2(2), 113–125.
Zhang, L., Fu, M., & Li, D. (2020). Hong kong academics’ perceived work environment and job dissatisfaction: The mediating role of academic self-efficacy. Journal of Educational Psychology, 112(7), 1431-1443. https://doi.org/10.1037/edu0000437
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2025 Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan jurnal harus mengerti bahwa jurnal yang diterima dan dipublikasikan, hak cipta jurnal tersebut diberikan kepada Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan (JIP), Balitbangda Provinsi Lampung sebagai penerbit jurnal.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan jurnal ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi sejenis lainnya, serta terjemahan, reproduksi sebagian / bagian dari jurnal ini, penyimpanannya di basis data dan penularannya oleh bentuk atau media apapun seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dll.









