THE Pengembangan Modul Matematika untuk Menerapkan Model PQ4R
DOI:
https://doi.org/10.35450/jip.v6i03.110Kata Kunci:
Pengembangan Modul Matematika, Model PQ4RAbstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa modul berbantuan model PQ4R dalam pembelajaran matematika. Prosedur yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran adalah prosedur ADDIE yaitu analyze, design, development, implementation and evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dokumentasi dan test. Tehnik analisis data yang digunakan adalah uji kelayakan, uji kemenarikan dan uji t. hasil utama penelitian dan pengembangan ini adalah modul pembelajaran matematika untuk model PQ4R yang telah dnyatakan layak dan valid oleh 3 ahli materi dengan skor rata-rata 3,42 dan ahli media 3,77 dengan masing-masing pada kriteria valid atau layak digunakan sebagai media pembelajaran. Sedangkan uji kemenarikan diperoleh dari skala kecil dengan skor rata-rata 3,49 dan skala besar memperoleh skor rata-rata 3,71 dengan masing-masing pada kriteria sanagt menarik. Ditinjau dari efektifitas penggunaan media diperoleh hasil sebesar 2,224 dan sebesar 2,051, hal ini berarti maka . Berdasarkan hal ini dapat disimpulkan bahwa modul membelajaran untuk model PQ4R berpengaruh atau efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik. Berdasarkan hal ini maka dapat disimpulkan media yang dikembangkan layak dan sangat menarik digunakan sebagai media pembelajaran. Selain itu media yang telah dikembangkan juga efektif meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan himpunan.
Unduhan
Referensi
Diana, M., Netriwati, N., & Suri, F. I. (2018). Modul Pembelajaran Matematika Bernuansa Islami Dengan Pendekatan Inkuiri. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 7–13. Https://Doi.Org/10.24042/Djm.V1i1.1906
Lasmiyati, L., & Harta, I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Minat SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 161–174.
Masykur, R., Nofrizal, N., Syazali, M., Nugroho, A. A., Putra, R. W. Y., & Putra, F. G. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177–185.
Mujib, M., Hayati, P., & Widyastuti, R. (2017). Analisis Tingkat Keterampilan Geometri Berdasarkan Tahap Berpikir Van Hiele Ditinjau Dari Kecerdasan Spasial Tinggi Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Bandar Lampung. Dalam Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Vol. 1, Hlm. 151–163).
Nasution, N. H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran PQ4R Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma Materi Ekosistem. Proceeding Of Biology Education, 1(1), 24–29.
Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika Dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1). Diambil Dari Http://Ejournal.Umm.Ac.Id/Index.Php/Jmkpp/Article/View/2194
Rachmayani, D. (2014). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 2(1).
Sari, A. U., Farida, F., & Putra, F. G. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Web Dengan Pendekatan Etnomatematika Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 209–214.
Sari, F. K., Farida, F., & Syazali, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran (Modul) Berbantuan Geogebra Pokok Bahasan Turunan. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 135–152.
Sari, K. W., Saputro, S., & Hastuti, B. (2014). Pengembangan Game Edukasi Kimia Berbasis Role Playing Game (RPG) Pada Materi Struktur Atom Sebagai Media Pembelajaran Mandiri Untuk Siswa Kelas X SMA Di Kabupaten Purworejo. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(2), 96–104.
Sarimanah, E. (2016). Efeectivenes Of PQ4R Metacognitive Strategy Based Reading Learning Models In Junior High School. Ijlecr-International Journal Of Language Education And Culture Review, 2(1), 74–81.
Syahrir, S., & Susilawati, S. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Mandala Education (Jime), 1(2), 162–171.
Wangka, A., & Usman, M. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Dan Review) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pai. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 68–76.
Widyawati, S. (2017). Pengaruh Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas IX SMP Di Kota Metro. Iqra’: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 1(1), 47–68.
Yuliasari, E. (2017). Eksperimentasi Model Pbl Dan Model Gdl Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(1), 1–10.
Yuliyanto, Y., & Jailani, J. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri Smp Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing Pada Kelas Viii Semester Ii. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 127–138.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Penulis yang mengirimkan jurnal harus mengerti bahwa jurnal yang diterima dan dipublikasikan, hak cipta jurnal tersebut diberikan kepada Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan (JIP), Balitbangda Provinsi Lampung sebagai penerbit jurnal.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan jurnal ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi sejenis lainnya, serta terjemahan, reproduksi sebagian / bagian dari jurnal ini, penyimpanannya di basis data dan penularannya oleh bentuk atau media apapun seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dll.