THE Pengembangan Modul Matematika untuk Menerapkan Model PQ4R

Penulis

  • Novicha Muthia UIN Raden Intan Lampung
  • Netriwati Netriwati UIN Raden Intan Lampung
  • Iip Sugiharta UIN Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.35450/jip.v6i03.110

Kata Kunci:

Pengembangan Modul Matematika, Model PQ4R

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa modul berbantuan model PQ4R dalam pembelajaran matematika. Prosedur  yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran adalah prosedur ADDIE yaitu analyze, design, development, implementation and evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dokumentasi dan test. Tehnik analisis data yang digunakan adalah uji kelayakan, uji kemenarikan dan uji t. hasil utama penelitian dan pengembangan ini adalah modul pembelajaran matematika untuk model PQ4R yang telah dnyatakan layak dan valid oleh 3 ahli materi dengan skor rata-rata 3,42 dan ahli media 3,77 dengan masing-masing pada kriteria valid atau layak digunakan sebagai media pembelajaran. Sedangkan uji kemenarikan diperoleh dari skala kecil dengan skor rata-rata 3,49 dan skala besar memperoleh skor rata-rata 3,71 dengan masing-masing pada kriteria sanagt menarik.  Ditinjau dari efektifitas penggunaan media diperoleh hasil  sebesar 2,224 dan  sebesar 2,051, hal ini berarti  maka . Berdasarkan hal ini dapat disimpulkan bahwa modul membelajaran untuk model  PQ4R berpengaruh atau efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik. Berdasarkan hal ini maka dapat disimpulkan media yang dikembangkan layak dan sangat menarik digunakan sebagai media pembelajaran. Selain itu media yang telah dikembangkan juga efektif meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan himpunan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anggoro, B. S. (2015). Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solvin Guntuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 121–130.

Diana, M., Netriwati, N., & Suri, F. I. (2018). Modul Pembelajaran Matematika Bernuansa Islami Dengan Pendekatan Inkuiri. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 7–13. Https://Doi.Org/10.24042/Djm.V1i1.1906

Lasmiyati, L., & Harta, I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Minat SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 161–174.

Masykur, R., Nofrizal, N., Syazali, M., Nugroho, A. A., Putra, R. W. Y., & Putra, F. G. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177–185.

Mujib, M., Hayati, P., & Widyastuti, R. (2017). Analisis Tingkat Keterampilan Geometri Berdasarkan Tahap Berpikir Van Hiele Ditinjau Dari Kecerdasan Spasial Tinggi Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Bandar Lampung. Dalam Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Vol. 1, Hlm. 151–163).

Nasution, N. H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran PQ4R Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma Materi Ekosistem. Proceeding Of Biology Education, 1(1), 24–29.

Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika Dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1). Diambil Dari Http://Ejournal.Umm.Ac.Id/Index.Php/Jmkpp/Article/View/2194

Rachmayani, D. (2014). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 2(1).

Sari, A. U., Farida, F., & Putra, F. G. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Web Dengan Pendekatan Etnomatematika Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 209–214.

Sari, F. K., Farida, F., & Syazali, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran (Modul) Berbantuan Geogebra Pokok Bahasan Turunan. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 135–152.

Sari, K. W., Saputro, S., & Hastuti, B. (2014). Pengembangan Game Edukasi Kimia Berbasis Role Playing Game (RPG) Pada Materi Struktur Atom Sebagai Media Pembelajaran Mandiri Untuk Siswa Kelas X SMA Di Kabupaten Purworejo. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(2), 96–104.

Sarimanah, E. (2016). Efeectivenes Of PQ4R Metacognitive Strategy Based Reading Learning Models In Junior High School. Ijlecr-International Journal Of Language Education And Culture Review, 2(1), 74–81.

Syahrir, S., & Susilawati, S. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Mandala Education (Jime), 1(2), 162–171.

Wangka, A., & Usman, M. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Dan Review) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pai. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 68–76.

Widyawati, S. (2017). Pengaruh Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas IX SMP Di Kota Metro. Iqra’: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 1(1), 47–68.

Yuliasari, E. (2017). Eksperimentasi Model Pbl Dan Model Gdl Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(1), 1–10.

Yuliyanto, Y., & Jailani, J. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri Smp Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing Pada Kelas Viii Semester Ii. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 127–138.

Diterbitkan

2018-12-01

Cara Mengutip

Muthia, N., Netriwati, N., & Sugiharta, I. (2018). THE Pengembangan Modul Matematika untuk Menerapkan Model PQ4R. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 6(03), 301-316. https://doi.org/10.35450/jip.v6i03.110

Terbitan

Bagian

Articles