PENGARUH GREEN PRODUCT KNOWLEDGE DAN PERCEIVED PRICE TERHADAP GREEN PURCHASE INTENTION PEMBELIAN KENDARAAN BERMOTOR TYPE HYBRID DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pengguna Kendaraan Bermotor Type Hybrid Di Kota Bandar Lampung)

Authors

  • Devi Tri Wulan Sari Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung
  • Femei Purnamasari Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Heni Verawati Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.35450/jip.v13i01.864

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Green Product Knowledge dan Perceived Price Terhadap Green Purchase Intention Pembelian Kendaraan Bermotor Type Hybrid Dalam perspektif Ekonomi Islam dengan studi pada pengguna kendaraan bermotor Type Hybrid di Kota Bandar Lampung. Pada penelitian penulis menggunakan metode penelitian eksploratif dengan pendekatan kuantitatif. Metode kuantitatif adalah penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme untuk meneliti populasi atau sampel tertentu dan pengambilan sampel secara random dengan pengumpulan data menggunakan instrumen, analisis data bexrsifat statistic. Sampel yang dibutuhkan adalah 96,04 responden, dengan pertimbangan menghindari kekurangan data, peneliti membulatkan angka jumlah sampel menjadi 97 responden. Hasil penelitian adalah Green Product Knowledge mempunyai hubungan yang tidak signifikan terhadap green purchase intention, sedangkan Perceived price berpengaruh signifikan terhadap green purchase intention. Lalu dalam perspektif Islam, Kebutuhan berkaitan dengan segala sesuatu yang harus dipenuhi supaya suatu barang berfungsi secara sempurna dan keinginan berkaitan dengan hasrat yang apabila dipenuhi belum tentu berfungsi dengan sempurna. Islam tidak melarang manusia memenuhi kebutuhan maupun keinginannya, selama dengan pemenuhan tersebut mampu meningkatkan martabat manusia.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-03-30

How to Cite

Devi Tri Wulan Sari, Femei Purnamasari, & Heni Verawati. (2025). PENGARUH GREEN PRODUCT KNOWLEDGE DAN PERCEIVED PRICE TERHADAP GREEN PURCHASE INTENTION PEMBELIAN KENDARAAN BERMOTOR TYPE HYBRID DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pengguna Kendaraan Bermotor Type Hybrid Di Kota Bandar Lampung). Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 13(01). https://doi.org/10.35450/jip.v13i01.864