MODERASI BERAGAMA SEBAGAI PILAR HARMONI DI SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.35450/jip.v13i01.754Keywords:
Moderasi Beragama, Toleransi, Pendidikan, MultikulturalismeAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi moderasi beragama di lingkungan SMP Pangudi Luhur Bandar Lampung pada tahun ajaran 2024/2025. Moderasi beragama, yang mencakup sikap tengah, toleransi, anti kekerasan, dan penghormatan terhadap budaya lokal, menjadi elemen penting dalam membangun kerukunan antar umat beragama. Fokus penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana nilai-nilai moderasi diterapkan dalam pembelajaran, kegiatan sekolah, serta interaksi sosial di lingkungan sekolah yang multikultural. Dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi dari kepala sekolah, guru, dan siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMP Pangudi Luhur telah mengintegrasikan nilai-nilai moderasi beragam melalui kegiatan kurikulum dan ekstrakurikuler yang inklusif, meskipun masih terdapat tantangan dalam konsistensi penerapan dan dukungan dari pihak eksternal. Temuan ini memberikan wawasan bagi pengembangan pendidikan agama yang lebih toleran dan harmonis di Indonesia. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam membangun lingkungan pendidikan yang mendukung keberagaman dan kebersamaan.
Downloads
References
EBI FERNANDES, E. B. I., & Amrullah, A. (2024). Penguatan Moderasi Beragama dalam Proses Kaderisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (Pmii) Pengurus Cabang (Pc) Rejang Lebong. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP. http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6989
Hamzah, S. A. (2024). Manajemen Strategis Dalam Upaya Meningkatkan Literasi Siswa SMA Islam Nurul Jadid Pamekasan. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21–46. https://doi.org/https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163
Islamy, A. (2022). Pendidikan Islam Multikultural Dalam Indikator Moderasi Beragama Di Indonesia. Jurnal Analisa Pemikiran Insaan Cendikia, 5(1), 48–61.
Kiswahni, A. (2022). Peran Masyarakat Majemuk dalam Melestarikan Keanekaragaman Budaya di Indonesia. De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(6 SE-Articles), 235–243. https://doi.org/10.56393/decive.v2i6.1670
Kumowal, R. (2024). MODERASI BERAGAMA SEBAGAI TANGGAPAN DISRUPSI ERA DIGITAL. DA’AT : Jurnal Teologi Kristen, 5(2 SE-), 126–150. https://doi.org/10.51667/djtk.v5i2.1739
Miftahul Hasan, & Ainur Rofiq Sofa. (2024). Implementasi Konsep Islam Rahmatan lil ’Alamin dalam Pendidikan Karakter di SDN Seneng 1 Krucil Probolinggo. Al-Tarbiyah : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1 SE-Articles), 253–271. https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v3i1.1972
Mukhibat, M., Nurhidayati Istiqomah, A., & Hidayah, N. (2023). Pendidikan Moderasi Beragama di Indonesia (Wacana dan Kebijakan). Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 4(1 SE-), 73–88. https://doi.org/10.21154/sajiem.v4i1.133
Patih, A., Nurulah, A., Hamdani, F., & Abdurrahman, A. (2023). Upaya membangun sikap moderasi beragama melalui pendidikan agama Islam dan pendidikan kewarganegaraan pada mahasiswa perguruan tinggi umum. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(001). https://doi.org/https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.6139
Purbajati, H. I. (2020). Peran Guru Dalam Membangun Moderasi Beragama di Sekolah. FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, 11(2), 182–194.
Rozak, A. (2023). ANALISIS PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS VII DI SEKOLAH MTS NEGERI 01 PAMULANG TANGERANG SELATAN: PENDEKATAN METODE LITERATURE STUDY AND REVIEW (LSR). El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 6(1 SE-Articles). https://doi.org/10.54125/elbanar.v6i1.149
Siswanto, E., & Islamy, A. (2022). Fikih Moderasi Beragama Dalam Kehidupan Bernegara di Indonesia. Al-Adalah: Jurnal Hukum Dan Politik Islam, 7(2), 198–217.
Siti Hanifah Parawansah, & Ainur Rofiq Sofa. (2024). Pendekatan Komprehensif Berbasis Al-Qur’an dan Hadits dalam Pengembangan Pendidikan Islam: Integrasi Nilai, Metode, Evaluasi, Sosio-Kultural, dan Kompetensi Pendidik. Karakter : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(1 SE-Articles), 187–205. https://doi.org/10.61132/karakter.v2i1.407
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Sutrisno, E. (2019). Aktualisasi moderasi beragama di lembaga pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(2), 323–348. https://doi.org/https://doi.org/10.37302/jbi.v12i2.113
Umar Al Faruq, & Dwi Noviani. (2021). Pendidikan Moderasi Beragama Sebagai Perisai Radikalisme di Lembaga Pendidikan . TAUJIH: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1 SE-Articles), 59–77. https://doi.org/10.53649/taujih.v3i1.91
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2025 Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shell be assigned to Development Innovation: Jurnal Kelitbangan (JIP) , Balitbangda Provinsi Lampung as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations, the reproduction of any part of this journal, its storeage in databases and its transmission by any form or media. such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc.