EVALUASI PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP) SEBAGAI UPAYA PEMERATAAN PENDIDIKAN DI SD NEGERI 1 JEJAWI
DOI:
https://doi.org/10.35450/jip.v12i03.631Keywords:
evaluasi, Program Indonesia Pintar (PIP), pemerataan pendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi Program Indonesia Pintar (PIP) sebagai upaya pemerataan pendidikan di SD Negeri 1 Jejawi. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, pengambilan sumber data dilakukan secara purposive dan snowball, teknik pengumpulan data dengan triangulasi (gabungan), dan teknik analisis data menggunakan analisis data model interaktif yaitu context, input, process, serta product (CIPP). Hasil penelitian menunjukkan evaluasi PIP di SD Negeri 1 Jejawi sudah berjalan dengan optimal. Secara keseluruhan, evaluasi konteks, input, proses, dan produk PIP di SD Negeri 1 Jejawi sudah berjalan sesuai dengan aturan pemerintah, baik dari mekanisme pengusulan, penetapan, dan penyaluran kepada siswa yang berhak menerima bantuan. Faktor pendukung PIP di SD Negeri 1 Jejawi yaitu kepemimpinan kepala sekolah yang aktif dan terampil, operator sekolah yang memastikan pengelolaan program yang efisien, dukungan orang tua serta komite sekolah, dan infrastruktur sekolah yang memadai. Sedangkan, faktor penghambat pelaksanaan program yaitu antrean panjang di bank penyalur, kurangnya sosialisasi, sulitnya memonitoring pemanfaatan dana, dan masalah administrasi kependudukan siswa. Kolaborasi yang baik antara dinas pendidikan, sekolah, dan orang tua siswa diharapkan dapat meningkatkan dampak positif dari program Indonesia Pintar di SD Negeri 1 Jejawi
Downloads
References
Astuti, D., Febriyanti, D., & Kariem, M. Q. (2023). Evaluasi Kebijakan Program Kartu Indonesia Pintar (PIP) di Kelurahan Tuan Kentang Tahun 2020. The Journalish: Social and Government, 4(3), 249-256.
Basrowi, & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Budiyanto, M. N. (2002). Implementasi Demokrasi dalam Otonomi Desa. JKAP, 6(1), 29-54.
Edrial, Sujastiawan, A., & Putrama, R. (2022, Juni). Evaluasi Kebijakan Program Indonesia Pintar (PIP) Di SMA Negeri 1 Utan Tahun 2019-2020. JKSAP, 3(1), 109-116.
Haq, M. D., Sukidin, & Suharso, P. (2023). Evaluasi Program INdonesia Pintar (PIP) melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) di MTSN 5 Jember Tahun 2021. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 17(1), 59-66.
Idrus, M. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif (Edisi Revisi). Jakarta: Erlangga.
Kemdikbud. (2024, Juli 3). PIP Kemdikbud. Retrieved from PIP Kemdikbud Web Site: https://pip.kemdikbud.go.id/siswa/sekolah
Mahmudi. (2022). Ilmu Pendidikan Mengupas Komponen Pendidikan. Yogyakarta: Deepublisher.
Miles, B. M., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru (Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi). Jakarta: UI Press.
Rakista, P. M. (2020). Implementasi Kebijakan Program Indonesia Pintar (PIP) (Studi Kasus pada Sekolah Dasar di Kabupaten Banyumas). SWALA, 8(2), 224-232.
Rohaeni, N. E., & Saryono, O. (2018, Juni). Implementasi Kebijakan Program Indonesia Pintar (PIP) Melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) dalam Upaya Pemerataan Pendidikan. IJEMAR, 2(1), 193-204.
Rustanto, B. (2015). Menangani Kemiskinan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Setyawan, D. M. (2018). Evaluasi Implementasi Kebijakan Program Indonesia Pintar di SDN Magersari Kabupaten Rembang. EFFICIENT, 1(3), 270-281.
Wirastiani, Ismanto, B., & Wasitohadi. (2019). Evaluasi Program Indonesia Pintar dalam Peningkatan Akses Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama. Kelola, 6(1), 44-53.
Published
How to Cite
Issue
Section
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shell be assigned to Development Innovation: Jurnal Kelitbangan (JIP) , Balitbangda Provinsi Lampung as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations, the reproduction of any part of this journal, its storeage in databases and its transmission by any form or media. such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc.