EVALUASI PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP) SEBAGAI UPAYA PEMERATAAN PENDIDIKAN DI SD NEGERI 1 JEJAWI

Authors

  • Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Universitas Sriwijaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35450/jip.v12i03.631

Keywords:

evaluasi, Program Indonesia Pintar (PIP), pemerataan pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi Program Indonesia Pintar (PIP) sebagai upaya pemerataan pendidikan di SD Negeri 1 Jejawi. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, pengambilan sumber data dilakukan secara purposive dan snowball, teknik pengumpulan data dengan triangulasi (gabungan), dan teknik analisis data menggunakan analisis data model interaktif yaitu context, input, process, serta product (CIPP). Hasil penelitian menunjukkan evaluasi PIP di SD Negeri 1 Jejawi sudah berjalan dengan optimal. Secara keseluruhan, evaluasi konteks, input, proses, dan produk PIP di SD Negeri 1 Jejawi sudah berjalan sesuai dengan aturan pemerintah, baik dari mekanisme pengusulan, penetapan, dan penyaluran kepada siswa yang berhak menerima bantuan. Faktor pendukung PIP di SD Negeri 1 Jejawi yaitu kepemimpinan kepala sekolah yang aktif dan terampil, operator sekolah yang memastikan pengelolaan program yang efisien, dukungan orang tua serta komite sekolah, dan infrastruktur sekolah yang memadai. Sedangkan, faktor penghambat pelaksanaan program yaitu antrean panjang di bank penyalur, kurangnya sosialisasi, sulitnya memonitoring pemanfaatan dana, dan masalah administrasi kependudukan siswa. Kolaborasi yang baik antara dinas pendidikan, sekolah, dan orang tua siswa diharapkan dapat meningkatkan dampak positif dari program Indonesia Pintar di SD Negeri 1 Jejawi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Astuti, D., Febriyanti, D., & Kariem, M. Q. (2023). Evaluasi Kebijakan Program Kartu Indonesia Pintar (PIP) di Kelurahan Tuan Kentang Tahun 2020. The Journalish: Social and Government, 4(3), 249-256.
Basrowi, & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Budiyanto, M. N. (2002). Implementasi Demokrasi dalam Otonomi Desa. JKAP, 6(1), 29-54.
Edrial, Sujastiawan, A., & Putrama, R. (2022, Juni). Evaluasi Kebijakan Program Indonesia Pintar (PIP) Di SMA Negeri 1 Utan Tahun 2019-2020. JKSAP, 3(1), 109-116.
Haq, M. D., Sukidin, & Suharso, P. (2023). Evaluasi Program INdonesia Pintar (PIP) melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) di MTSN 5 Jember Tahun 2021. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 17(1), 59-66.
Idrus, M. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif (Edisi Revisi). Jakarta: Erlangga.
Kemdikbud. (2024, Juli 3). PIP Kemdikbud. Retrieved from PIP Kemdikbud Web Site: https://pip.kemdikbud.go.id/siswa/sekolah
Mahmudi. (2022). Ilmu Pendidikan Mengupas Komponen Pendidikan. Yogyakarta: Deepublisher.
Miles, B. M., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru (Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi). Jakarta: UI Press.
Rakista, P. M. (2020). Implementasi Kebijakan Program Indonesia Pintar (PIP) (Studi Kasus pada Sekolah Dasar di Kabupaten Banyumas). SWALA, 8(2), 224-232.
Rohaeni, N. E., & Saryono, O. (2018, Juni). Implementasi Kebijakan Program Indonesia Pintar (PIP) Melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) dalam Upaya Pemerataan Pendidikan. IJEMAR, 2(1), 193-204.
Rustanto, B. (2015). Menangani Kemiskinan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Setyawan, D. M. (2018). Evaluasi Implementasi Kebijakan Program Indonesia Pintar di SDN Magersari Kabupaten Rembang. EFFICIENT, 1(3), 270-281.
Wirastiani, Ismanto, B., & Wasitohadi. (2019). Evaluasi Program Indonesia Pintar dalam Peningkatan Akses Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama. Kelola, 6(1), 44-53.

Published

2024-11-15

How to Cite

Bustan, Muhammad Nur, & Raniasa. (2024). EVALUASI PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP) SEBAGAI UPAYA PEMERATAAN PENDIDIKAN DI SD NEGERI 1 JEJAWI. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 12(3). https://doi.org/10.35450/jip.v12i03.631