MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL MELALUI MEDIA INTERAKTIF: PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI DENGAN SCRATCH

Authors

  • Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35450/jip.v12i03.625

Keywords:

Media Interaktif, Scracth, Computational Thinking, Literasi Digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif berbasis computational thinking menggunakan aplikasi Scratch pada materi trigonometri, dengan fokus untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan media dalam meningkatkan kemampuan literasi digital. Penelitian ini dilakukan di MA Al Hikmah, Bandar Lampung. Model pengembangan pada penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Teknik  pengumpulan data yang digunakan berupa non-tes dari observasi dan wawancara. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen angket berupa lembar validasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif terhadap hasil validasi.  Hasil analisis validasi penelitian oleh tiga validator diperoleh rata-rata validasi media pembelajaran sebesar 86,8% yang termasuk kategori “sangat layak”, penilaian ahli materi sebesar 86%. Media juga telah diuji kemenarikan dan memperoleh rata-rata dengan kriteria “sangat menarik” selanjutnya untuk melihat efektivitas menggunakan uji N-Gain memperoleh kategori “sedang”. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media interaktif ini dikatakan berpengaruh terhadap peningkatakan kemampuan literasi digital

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggoro, B. S. (2015). Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solvin Guntuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 121-130.

Anggoro, B. S., Puspita, N., Pratiwi, D. D., Agustina, S., Komala, R., Widyastuti, R., & Widyawati, S. (2021). Mathematical-analytical thinking skills: The impacts and interactions of open-ended learning method & self-awareness (Its application on bilingual Test instruments). Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 89-107.

Aulia, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Scratch Dengan Metode Computational Thinking Pada Materi Trigonometri Di Kelas X SMA Negeri 7 Mandau (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Elpira, N., & Ghufron, A. (2015). Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(1), 94–104.

Erwin Januarisman, Anik Ghufron. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuksiswa Kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Volume 3, No 2, Oktober 2016 (166-182)p-ISSN: 2407-0963, e-ISSN: 2460-7177.

Fatirul, Admad Noor., Djoko A.di W.aluyo,. (2018).Meode Peneitian & Pengembangan (Kajian Tahapan Penelitian dan Pengembangan). SurabayaCV. Zaifatama Jawara.

Fauzyah, S., Hamdani, N. A., & Margana, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media interaktif Berbasis Audio Visual Terhadap Peningkatan Motivasi Dan Kompetensi Dasar Matematika Kelas V Di SD Negeri 1 Cimaragas. Jurnal Teknologi Guruan Dan Pembelajaran, 4(1), 799–815.

Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Guruan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 10–15.

Kementerian Guruan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2021). Panduan Literasi Digital untuk Peserta Didik. Jakarta : Kemendikbudristek.

Muthia, N., Netriwati, N., & Sugiharta, I. (2018). THE Pengembangan Modul Matematika untuk Menerapkan Model PQ4R. Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan, 6(03), 301-316.

Nurjanah, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Matematika Berbasis Scartch pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Prisma dan Limas Pada Kelas VIII. FIP UMJ.

Rahma, F. I. (2019). Media interaktif ( kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran bagi Anak Sekolah Dasar ). Jurnal Studi Islam, 14(2), 87–99.

Rahmawati, I., & Leksono, I. P. (2020). Pengembangan Game Petualang untuk Pembelajaran Berhitung. Edcomtech.

Ramli, M. (2012). Media dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin: IAIN Antasari Press.

Soejoto. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Ekonomi Mikro Interaktif Berkarakter Pembelajaran Hybrid. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan.Volume 5, No1, April 2018 (82-90).

Suranti, A.mpera D.ina. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Prezi pada Mata Pelajaran validitas prezi_Restika.pdf. (n.d.).


Tobarat, M., Lokolo, L. J., & Abarua, H. (2018). Pengembangan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Bola Kecil Tradisional Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Paud Perbatasan Batarkusu Fursuy. Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan, 6(03), 134-145.

Wangka, A., & Usman, M. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Dan Review) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pai. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 68-76.

Yuliasari, E. (2017). Eksperimentasi Model Pbl dan Model Gdl Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Kemandirian Belajar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(1),1-10

Published

2024-12-02

How to Cite

Fitria Lutfiatul, Bambang Sri, & Siska. (2024). MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL MELALUI MEDIA INTERAKTIF: PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI DENGAN SCRATCH. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 12(03). https://doi.org/10.35450/jip.v12i03.625