STRATEGI PELESTARIAN KULINER TRADISIONAL PAPUA (SAGU SEP) MELALUI PEMASARAN DIGITAL

Authors

  • Universitas Musamus, Indonesia
  • Universitas Musamus, Indonesia
  • Universitas Musamus, Indonesia
  • Universitas Musamus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35450/jip.v12i03.622

Keywords:

Pemasaran digital, Sagu sep, strategi pemasaran

Abstract

Sagu Sep adalah makanan tradisional dari Papua yang sarat dengan nilai budaya. Eksistensinya mulai memudar di tengah perubahan preferensi makanan generasi muda yang cenderung memilih makanan cepat saji. Penurunan minat terhadap Sagu Sep menunjukkan perlunya strategi baru untuk melestarikan kuliner tradisional ini. Kurangnya promosi dan eksposur di platform digital mengakibatkan Sagu Sep jarang dikenal di pasar modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi pemasaran digital yang efektif untuk mempromosikan Sagu Sep khususnya bagi gerenasi muda, sambil mempertahankan nilai-nilai budaya yang melekat. Pendekatan kualitatif dan studi kasus digunakan dalam penelitian ini, melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap produsen, konsumen, pemasar digital, serta pakar kuliner dan budaya. Teknik analisis deskriptif dan penjodohan pola digunakan untuk meningkatkan validitas temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterbatasan akses bahan baku, rendahnya permintaan pasar, kurangnya keterampilan digital produsen, preferensi konsumen terhadap makanan cepat saji, minimnya kampanye interaktif, terbatasnya edukasi dan konten pemasaran, jarangnya produk di supermarket dan ritel modern, serta pewarisan resep yang masih bersifat lisan, menjadi kendala signifikan dalam memasarkan Sagu Sep secara optimal. Oleh karena itu, strategi yang disarankan mencakup pemanfaatan konten pemasaran kreatif, kolaborasi, serta penggunaan platform digital untuk meningkatkan aksesibilitas. Penelitian ini menekankan pentingnya pemasaran digital untuk pelestarian Sagu Sep. Strategi pemasaran yang efektif dapat memperkuat identitas budaya Papua dan membangun kesadaran generasi muda terhadap kuliner tradisional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abubakar, A., Sagir, J., & Husnan, L. H. (2021). Analisis Strategi Toko/Ritail Tradisonal Dalam Penghadapi Minimarket/Ritail Modern Di Kabupaten Lombok Tengah. Distribusi-Journal of Management and Business, 9(2), 171–192.
Aisyah, S., & Rachmadi, K. R. (2022). Digitalisasi Pemasaran Melalui Sosial Media Marketing Pada Pelaku UMKM Guna Peningkatan Pendapatan. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 442–448.
AL-Fakih, Ghassan. O. A., Ilyas, R. A., Huzaifah, M. R. M., & El-Shafay, A. S. (2024). Recent advances in sago (Metroxylon sagu) fibres, biopolymers, biocomposites, and their prospective applications in industry: A comprehensive review. International Journal of Biological Macromolecules, 269, 132045. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijbiomac.2024.132045
Andirwan, A., Asmilita, V., Zhafran, M., Syaiful, A., & Beddu, M. (2023). Strategi Pemasaran Digital: Inovasi untuk Maksimalkan Penjualan Produk Konsumen di Era Digital. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Amsir, 2(1), 155–166.
Aprilasari, S. N., Christantyawati, N., & Putro, H. E. (2023). Analisis Digital Content Marketing pada Akun Instagram@ filosofidarjo. Journal Communication Specialist, 2(3), 534–547.
Ardhya, R. P., Kholik, A., & Rizki, M. F. (2024). Strategi Content Marketing melalui Media Sosial Instagram@ Voffice dalam Meningkatkan Brand Awareness. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 16814–16824.
Blongkod, F. R., & Paute, V. Y. J. (2022). Pendampingan dalam Pemanfaatan Content Marketing Guna Meningkatkan Kesadaran Masyarakat tentang Manfaat Hygiene Sanitasi dan Bahaya Dislipidemia. Journal of Hulonthalo Service Society (JHSS), 1(2), 95–104.
Chua, S. N. D., Kho, E. P., Lim, S. F., & Hussain, M. H. (2022). Sago palm (M etroxylon sagu) starch yield, influencing factors and estimation from morphological traits. Advances in Materials and Processing Technologies, 8(2), 1845–1866.
Dewandari, K. T., Mulyawanti, I., & Iriani, E. S. (2023). Strategi peningkatan pemanfaatan tepung sagu terstandar pada industri mi. Warta BSIP Perkebunan, 1(3), 8–15.
Farida, N. E. A., Fitria, T. D., & Kusumo, S. H. (2024). Manajemen Merek. CV Rey Media Grafika.
Fauzan, M. A., Sahir, S. H., & Salqaura, S. A. (2024). The Influence Of Storytelling And Content Marketing On Brand Awareness In The Volunteer Programs Of The Bakti Millennial Organization. Faculty of Economics and Business International Conference (FEBIC), 1109–1117.
Hartati, S., Rubiyanto, R., Ceprudin, C., & Mariyam, S. (2023). Perlindungan Hukum Pelaku Usaha Tradisional dari Ekspansi Ritel Modern Perspektif Negara Hukum Pancasila. Iqtisad: Reconstruction of Justice and Welfare for Indonesia, 10(2), 189–212.
Hartatik, H., Rukmana, A. Y., Efitra, E., Mukhlis, I. R., Aksenta, A., Ratnaningrum, L. P. R. A., & Efdison, Z. (2023). TREN TECHNOPRENEURSHIP: Strategi & Inovasi Pengembangan Bisnis Kekinian dengan Teknologi Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Hendarsyah, D. (2020). Pemasaran digital dalam kewirausahaan. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 9(1), 25–43.
Husna, N. K., & Mala, I. K. (2024). Strategi Pemasaran Konten Dalam Meningkatkan Interaksi Konsumen Di Media Sosial. Ekonomika, 12(2), 21–31.
Juhana, D., Komara, A. T., Sidharta, I., & Suzanto, B. (2024). Pengantar E-Commerce dan Platform Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Kadir, A., Suharno, S., Reawaruw, Y., Komari, K., & Mahuze, A. (2022). Ethnobotanical knowledge of marind-anim tribe in utilizing sago (metroxylon sagu) in merauke, papua, indonesia. Biodiversitas Journal of Biological Diversity, 23(1).
Kamma, W. A., Rampisela, D. A., & Rasyid, B. (2021). Identification of sago land and its potential for development in the Coastal Area of North Luwu Regency. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 886(1), 012042.
Kurniawan, W. E. (2024). Strategi Bauran Pemasaran dengan Analisis SWOT untuk Meningkatkan Daya Saing pada Rumah Makan Pelangi. Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 7(2), 1277–1291.
Letsoin, S. M. A., Purwestri, R. C., Rahmawan, F., & Herak, D. (2022a). Recognition of sago palm trees based on transfer learning. Remote Sensing, 14(19), 4932.
Letsoin, S. M. A., Purwestri, R. C., Rahmawan, F., & Herak, D. (2022b). Recognition of sago palm trees based on transfer learning. Remote Sensing, 14(19), 4932.
Luckyardi, S., & Apriliani, D. A. (2022). Pemasaran Kuliner Indonesia Berbasis Digital Marketing sebagai Sarana Gastro Diplomasi. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 16(2), 282–291.
Paranoan, N., Palalangan, C. A., & Sau, M. (2022). Mengungkap Strategi Penerapan Digital Marketing dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM Produk Kuliner di Makassar. Accounting Profession Journal (APAJI), 4(1).
Pradika, M. F., & Dwi, A. H. (n.d.). Tiktok Sebagai Social-Commerce Dalam Pemenuhan Kebutuhan Manusia Di Era Digital. Konaikom 3.0, 153.
Prasetyo, R., Djoefrie, M. H. B., & Sudradjat, S. (2023). Kondisi Vegetatif Tanaman Sagu (Metroxylon Spp) Saat Fase Masak Tebang di Kabupaten Luwu Timur. Perbal: Jurnal Pertanian Berkelanjutan, 11(2), 115–125.
Rahmawaty, I., Sa’adah, L., & Musyafaah, L. (2023). Pengaruh Live Streaming Selling, Review Product, Dan Discount Terhadap Minat Beli Konsumen Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Riset Entrepreneurship, 6(2), 80–93.
Rapsanjani, H., Yohanes, R. A., Fredy, F., & Mahuze, F. N. (2023). Eksplorasi Etno Sains Masyarakat Malind Untuk Penguatan Pemahaman Konsep IPA di Sekolah Dasar. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 11(2), 63–74.
Rawung, J. B. M., & Indrasti, R. (2021). The Constraints to sago development and improvement efforts in siau tagulandang biaro (sitaro) islands. E3S Web of Conferences, 232, 01029.
REFIANA SAID, L. (2021). UMKM 5.0 Strategies and Innovation to Digital Business Transformation. Universitas Lambung Mangkurat.
Sapiri, M. (2023). Penerapan Model Konsep Digital Marketing dalam Meraup Segmentasi Pasar Melalui Smart Digital Content Marketing.
Saragih, O. R., Sanubari, T. P. E., & Wijaya, F. A. (2022). Kontribusi Supermarket Lokal" Ada Baru" terhadap Akses Pangan Ibu Rumah Tangga di Kota Salatiga. Amerta Nutrition, 6(1).
Setiawan, B., Fetriyuna, F., Letsoin, S. M. A., Purwestri, R. C., & Jati, I. R. A. P. (2022). A Sago positive character: a literature review. A Sago Positive Character: A Literature Review, 11(2), 145–155.
Setiawan, Z., Nurdiansyah, N., Kushariyadi, K., & Sari, M. D. (2024). Strategi Pemasaran: Konsep dan Inovasi Pemasaran di Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sitorus, K. P. S., Wijayanto, G., & Nursanti, A. (2024). The Effect of Social Media Marketing on Purchase Intention Through Brand Awareness on Sociolla E-Commerce Users in Pekanbaru City. InJEBA: International Journal of Economics, Business and Accounting, 2(3), 311–327.
Supriyadi, S., Palittin, I. D., & Martini, C. (2020). Kajian etnosains pada indigenous science suku malind dalam upaya pengembangan pembelajaran ipa kontekstual papua. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 8(1).
Tamara, C. A. J., Tumbuan, W. J. F. A., & Gunawan, E. M. (2023). Chatbots in E-Commerce: a Study of Gen Z Customer Experience and Engagement–Friend or Foe? Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(3), 161–175.
Tana, M. F. A., Windewani, B. L., Tekege, M., Tebai, M., & Boari, Y. (2023). Potensi Sagu Sebagai Sumber Daya Multifungsi di Papua: Aspek Ekonomi, Sosial, dan Kesehatan. Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 500–507.
Taruna, K. T. P. (2021). Pengaruh Hubungan Parasosial, Kredibilitas Influencer, Dan Kredibilitas Merek Terhadap Purchase Intention Pada Produk Endorsement Dalam Instagram (Studi Pada Mahasiswa/i S1 Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(2).
Taufik, R. T. R. L. B. R., Bau, R. L., & Nggego, D. A. N. D. A. (2022). Tinjauan Literatur: Optimalisasi Penggunaan Kecerdasan Buatan Pada Perancangan Antarmuka E-Commerce. Journal of Scientech Research and Development, 4(2), 264–268.
Trisia, M. A., Tachikawa, M., & Ehara, H. (2021). The role of the sago supply chain for rural development in Indonesia: a review and perspective. Reviews in Agricultural Science, 9, 143–156.
Vita, N. U. N., Oryz, O. A. D., Gitana, G. T. A., & Rezky, R. A. Q. (2024). Penggunaan Media Sosial Sebagai Strategi Digital Marketing Bagi Industri Sepatu Sandal S3shop. Jurnal Pengabdian UCIC, 3(1).
Wahyudi, W., Mukrodi, M., Sugiarti, E., Marayasa, I. N., & Mawardi, S. (2022). Mengenal pemasaran digital dan market place: Solusi meningkatkan penjualan di masa pandemi covid-19. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 44–53.
Warnaen, A., Solichah, J. M., & Prasetyo, H. (2023). Content Marketing Instagram untuk Membangun Brand awareness Produk Susu. Agritech: Jurnal Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 25(1), 17–27.
Widiawati, K., & Yuliani, T. (2022). Strategi Pemasaran Melalui Google Bisnisku Dengan SEO Untuk Meningkatkan Penjualan Spandek. Jurnal Administrasi Kantor, 10(2), 276–294.
Widiyanto, A. (2024). Digital content marketing strategies to enhance the promotion of hand-written batik: A case study of Ibu Mastira’s Hand-written Batik, Cirebon. Journal of Islamic Finance and Ekonomics, 1(02), 269–274.
Winata, J. N., & Alvin, S. (2022). Strategi Influencer Marketing Dalam Meningkatkan Customer Engagement (Studi Kasus Instagram Bonvie. id). Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 4262–4272.
Wirapraja, A., Hariyanti, N. T., & Aribowo, H. (2023). Kajian Literatur Dampak dan Pengaruh Digital Influencer Marketing terhadap Perkembangan Strategi Bisnis. Konstelasi: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(1), 37–47.
Yopita, L., & Kurnianingsih, A. (2024). Buttonscarves’s Digital Content Marketing On Its Social Media Instagram Account To Maintain Brand. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 182–192.
Zaharani, G. F. R., Kusumawati, N., & Aprilianty, F. (2021). The Impact of Micro-Influencer on Brand Image and Purchase Intention in Local Culinary Products on Instagram. Proceeding B. 6th ICNEM, No, 11–13.

Published

2024-11-13

How to Cite

Dodhy Hyronimus Ama, Bhujangga Ayu Putu, Mega, & Yumiad Fernando. (2024). STRATEGI PELESTARIAN KULINER TRADISIONAL PAPUA (SAGU SEP) MELALUI PEMASARAN DIGITAL. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 12(3). https://doi.org/10.35450/jip.v12i03.622