Implementasi Program Ekstrakurikuler Pramuka dalam Menanamkan Keterampilan Kepemimpinan Peserta Didik (Studi di SMPN 11 Mataram)

Authors

  • Universitas Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35450/jip.v12i03.612

Keywords:

Keterampilan Kepemimpinan, Pramuka, Program Ekstrakurikuler

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program ekstrakurikuler Pramuka dalam menanamkan keterampilan kepemimpinan pada peserta didik di SMPN 11 Mataram. Program Pramuka merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler wajib yang dirancang untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan siswa melalui kegiatan yang terstruktur dan mendidik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dari berbagai pihak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini efektif dalam menanamkan keterampilan kepemimpinan seperti pengambilan keputusan, komunikasi efektif, dan kerjasama tim. Faktor pendukung utama program ini meliputi sarana dan prasarana yang memadai, kualitas pembinaan yang baik, serta partisipasi aktif peserta didik dalam setiap kegiatan. Selain itu, dampak yang dihasilkan pada pengimplementasian program ini juga terlihat dari meningkatnya keterampilan kepemimpinan dalam kehidupan sehari-hari yang tidak hanya dirumah tetapi juga dimasyarakat, dampak yang dihasilkan di sekolah yakni meningkatnya reputasi sekolah dan menjadikan sekolah menjadi sekolah berkualitas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahtiar, R. S. (2018). Buku Ajar Pengembangan Kepramukaan.
Haryoko, S., Bahartiar, & Arwadi, F. (2020). Analisis Data Penelitian Kualitatif.
Izalia, B. (2022). Peran Organisasi Pramuka Dalam Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan Pada Mahasiswa Di Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Kristianto, A. A., & Fitriana, W. (2019). Latihan Kepemimpinan Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. 108–112.
Lombu, D., & Lase, F. (2023). Membangun Rasa Percaya Diri Individu Dalam Komunikasi Interpersonal. Jurnal Pendidikan, 2(1), 241–251. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.144
Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun
2014 Tentang Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.
Rochayati, & Febriarhamadini. (2014). Bahan Buku Ajar Dasar - Dasar Prngambilan Keputusan.
Syafitri, K. (2023). Strategi Pembentukan Karakter Kepemimpinan pada Peserta Didik melalui Ekstrakurikuler Pramuka di SMP Negeri 8 Surabaya. 05(02), 4959–4986.
Yanti, N., Adawiah, R., & Matnuh, H. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Rangka Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Siswa Untuk Menjadi Warga. 6, 963–970.
Yuli, D. R. (2019). Meningkatkan Kerjasama Tim Melalui Kepemimpinan Yang Efektif. Jurnal Kerjasama. https://osf.io/preprints/inarxiv/

Published

2024-11-10

How to Cite

Rizma Lia Dwi Putri. (2024). Implementasi Program Ekstrakurikuler Pramuka dalam Menanamkan Keterampilan Kepemimpinan Peserta Didik (Studi di SMPN 11 Mataram). Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 12(3). https://doi.org/10.35450/jip.v12i03.612