ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI TOKO LAKSMI KEBAYA LAMPUNG

Penulis

  • Ardansyah - Ardansyah Manajemen

DOI:

https://doi.org/10.35450/jip.v10i02.288

Kata Kunci:

SWOT, Strategi Pemasaran, Laksmi Kebaya.

Abstrak

Strategi pemasaran merupakan serangkaian tujuan dan sasaran, kebijakan dan aturan yang memberi arah kepada usaha-usaha pemasaran perusahaan dari waktu ke waktu, pada masing-masing tingkatan dan acuan serta alokasinya, terutama sebagai tanggapan perusahaan dalam menghadapi lingkungan dan keadaan persaingan yang selalu berubah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran dalam meningkatkan minat beli konsumen pada toko Laksmi Kebaya Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisi SWOT. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan observasi dan wawancara. Manfaat dari penelitian ini yaitu untuk menambah wawasan mengenai pentingnya dalam memahami konsep pemasaran, sebagai referensi dalam menghadapi masalah yang sama nantinya dan menjadi masukan penting bagi perusahaan dalam mengetahui strategi pemasaran terhadap minat beli konsumen. Berdasarkan hasil analisis SWOT dapat diambil kesimpulan bahwa analisis faktor kekuatan toko Laksmi Kebaya memiliki skor 1,92 dan faktor kelemahan memiliki skor 1,27, sehingga diperoleh total skor internal perusahaan yaitu sebesar 3,19 sedangkan hasil faktor peluang toko Laksmi Kebaya memiliki skor 1,58 dan ancaman memiliki skor 1,37 sehingga total skor pada faktor eksternal sebesar 2,95. Dari hasil analisis faktor tersebut, toko Laksmi Kebaya berada di posisi kuadran I yaitu starategi Growth (strategi pengembangan).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alliyah, Nur Siti, 2008. Strategi Pelayanan Prima Kantor Departemen Agama Jakarta Barat Terhadap Calon Jama’ah Haji, Jakarta. didownload dari:https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/8765/1/NUR%20SITI%20ALIYAH-FDK.pdf.
Anoraga, Panji, 2004. Manajemen Bisnis, Jakarta: Rineka Cipta.
Arianty, Nel. 2014. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai: Jurnal Manajemen & Bisnis, Vol. 14, No. 02, Oktober 2014.
Daft, Richard L. 2010. New Era of Management. Canada: South-Western Cengage Learning.
Kotler, Philip & Keller, Lene Kevin, 2008. Manajemen Pemasaran, Jakarta : Prenhallindo.
Mustaqov, Muhammad Ativ, dkk., 2020. Penerapan Algoritma A-Star pada Aplikasi Pencarian Lokasi Foto Berbasis Android: Jurnal Kelitbangan, Vol.08, No.01, April 2020, hal.40.
Philip dan Duncan, 2012. Marketing Principles and Methods. Georgetown: Richard D. Irwin, Inc.
Putra, Ardy Rimanda, dkk., 2020. Aplikasi Monitoring Kebocoran Gas Berbasis Android dan Internet of Things Dengan Firebase Realtime System: Jurnal Kelitbangan, Vol.08, No.01, April 2020, hal.6.
Stanton, William J. 2012. Prinsip Pemasaran, alih bahasa: Yohanes Lamarto, Penerbit: Erlangga, Jakarta.

Diterbitkan

2022-08-01

Cara Mengutip

Ardansyah, A.-. (2022). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI TOKO LAKSMI KEBAYA LAMPUNG. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 10(02), 109. https://doi.org/10.35450/jip.v10i02.288

Terbitan

Bagian

Articles