GAME EDUKASI PENGENALAN PROFESI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK BERBASIS ANDROID

Penulis

  • Sri Eka Herlina Universitas Teknokrat Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35450/jip.v7i3.157

Kata Kunci:

Android, Game Edukasi,Profesi,Fungsionality, Usability, Construct 2

Abstrak

Abstrak: Profesi adalah Suatu bentuk pekerjaan yang mengharuskan pelakunya memiliki pengetahuan tertentu yang diperoleh melalui pendidikan formal dan keterampilan tertentu yang didapat melalui pengalaman kerja pada orang yang terlebih dahulu menguasai keterampilan tersebut, dan terus memperbaharui keterampilannya sesuai dengan perkembangan teknologi.. Dengan mengenalkan profesi pada anak akan membantu mengajarkan anak agar lebih menghargai profesi seseorang, sehingga anak akan memiliki sifat saling menghargai dan tidak memandang rendah profesi seseorang. Pengenalan Profesi akan lebih mudah dipelajari melalui edukasi game dengan tampilan yang menarik dan menyenangkan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu menggunakan wawancara, tinjauan pustaka, dokumentasi dan kuisioner. Sumber data/subjek yaitu anak-anak TK Qonita Bandar lampung yang berjumlah 20 orang. Metode pengujian yang dilakukan yaitu aspek Fungsionality dan Usability. Aplikasi game edukasi pengenalan profesi menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) tools yang dipakai yaitu Construct 2 yang dijalankan pada Android. Hasil pengujian ISO 9126 kualitas aplikasi game edukasi pengenalan profesi  manusia diperoleh nilai dari aspek fungsionality dan usability, hasil dari pengujian fungsionality yaitu game menunjukkan ahsil bahwa fungsi-sungsi pada game edukasi pengenalan profesi ini dapat berjalan dengan benar dan hasil dari pengolahan data pada uji usability menyatakan bahwa dalam penyebaran datanya sudah berdistribusi secara normal dan Game edukasi pengenlan profesi dapat dijadikan sebagai variable pembelajaran serta dapat meningkatkan minat belajar anak dalam mengenal profesi dari pernyataan kuisioner yang telah diisi dengan anak-anak TK Qonita Bandar lampung .

 

 

Kata kunci: Android, Game Edukasi,Profesi,Fungsionality, Usability, Construct 2.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ariatmanto, D., 2016, Penerapan Media Ajar Tentang Profesi Kerja Berbasis Desktop Menggunakan Teknologi Augmented Reality Sebagai Motivasi Belajar Untuk Anak-Anak Usia Dini (Studi Kasus TK Budi Mulia II Yogyakarta), Jurnal Teknologi Informasi.
Arsyad, A., 2014, Media Pembelajaran, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Busran., 2015, Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Iqra Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android, Jurnal Momentum Vol.17.
Dino R., 2015, Dunia Anak Indonesia Senior dengan Tema Pekerjaan, Surakarta : CV Dipo Mulyo.
Hanafri, M.I., 2015,Game Edukasi Tebak Gambar Bahasa Jawa Menggunakan Adobe Flash CS6 Berbasis Android, Jurnal Sispotek Global.
Henry, S., 2010, Cerdas Dengan Game, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Hurd, D., dan Jennings, E., 2009, Standarized Educational Gunies Rattings : Suggested Criteria.
Indrajani., 2011, Perancangan Basis Data Dalam All in One.
Kiki., Buku Pintar Profesi Untuk Anak-anak, Yogyakarta “ Cemerlang Publishing.
Novaliendry, D., 2013, Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif (Studi Kasus Siswa IX Smpn 1 Rao), Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan Vol.6 No.2.
Putra, D.W., Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini, Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan.
Ramadhan K., 2015, Game Edukasi Tebak Gambar Bendera Negara Menggunakan Metode Linear Congruental Generator (LCG) Berbasis Android, Jurnal Informatika Global
Rickman Roedavan ., 2016, Construct 2 Tutorial game engine, Bandung: Informatika.
Rukimin., 2015, Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Bahasa Arab, Prosiding Workshop Nasional Pengembangan ICT Dalam Pembelajaran.
Soenyoto, P., 2017, Animasi 2D, Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Sugara, E.P., 2017, Aplikasi Pengenalan Profesi Pekerjaan Bagi Anak Usia Dini Berbasis Augmented Reality, Journal Of Computer Science Vol.3.
Supardi. Y., 2017. Koleksi Program Tugas Akhir dan Sekripsi Dengan Android. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Sutopo, A. H., 2003, Multimedia Interaktif dengan Flash, Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tian, J., 2005. Software quality engineering: testing, quality assurance, and quantifiable improvement.
Wahyono, T., 2006, Etika Komputer dan Tanggung Jawab Profesional di Bidang Teknologi Informasi, Yogyakarta : CV Andi Offset.
Widiastuti, N.I., 2012, Membangun Game Edukasi Sejarah Walisongo, Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA).

Diterbitkan

2019-12-01

Cara Mengutip

Herlina, S. E. (2019). GAME EDUKASI PENGENALAN PROFESI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK BERBASIS ANDROID. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 7(3), 234. https://doi.org/10.35450/jip.v7i3.157

Terbitan

Bagian

Articles