THE INFLUENCE OF SERVICE QUALITY AND PRICE ON CUSTOMER SATISFACTION AT 212 MART IN BABURA SUBDISTRICT, MEDAN

Authors

  • Monalisa Marbun Universitas Budi Darma
  • Ronda Deli Sianturi Universitas Budi Darma
  • Siti Nurhaliza Universitas Budi Darma
  • Yuter Hindar Daeli Universitas Budi Darma

DOI:

https://doi.org/10.35450/jip.v13i01.847

Abstract

Pertumbuhan bisnis ritel di Indonesia terus mengalami peningkatan seiring dengan perubahan pola konsumsi masyarakat. Minimarket menjadi salah satu pilihan utama bagi konsumen dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari karena menawarkan kenyamanan, harga yang kompetitif, serta berbagai promo menarik. 212 Mart hadir sebagai minimarket berbasis ekonomi syariah yang mengutamakan kebersamaan dan keberlanjutan bisnis umat Muslim. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei untuk mengumpulkan data primer dari responden yaitu konsumen 212 Mart Kelurahan Babura Medan. Penentuan jumlah sampel dilakukan dengan menggunakan rumus Lemeshow, yang digunakan ketika populasi tidak diketahui secara pasti yaitu didapatkan 96 responden. Penyebaran kuesioner dilakukan secara langsung dengan cara accidental sampling. Metode statistik yang sesuai yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian yaitu kualitas pelayanan dan harga berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap kepuasan konsumen pada 212 Mart Kelurahan Babura Medan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-04-22

How to Cite

Marbun, M., Ronda Deli Sianturi, Siti Nurhaliza, & Yuter Hindar Daeli. (2025). THE INFLUENCE OF SERVICE QUALITY AND PRICE ON CUSTOMER SATISFACTION AT 212 MART IN BABURA SUBDISTRICT, MEDAN. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 13(01). https://doi.org/10.35450/jip.v13i01.847