STRATEGI PEMANFAATAN TEKNOLOGI IMMERSIVE UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK WISATA DI KABUPATEN TANGERANG

Authors

  • Edvin Fairliantina Politeknik Sains Seni Rekakreasi, Bogor
  • Lesfandra Politeknik Sains Seni Rekakreasi, Bogor
  • Dony Oktariswan Universitas Asa Indonesia, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.35450/jip.v13i01.825

Abstract

Pariwisata di Kabupaten Tangerang memiliki potensi besar untuk berkembang dengan pemanfaatan teknologi immersive seperti Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), dan Mixed Reality (MR). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemanfaatan teknologi immersive dalam meningkatkan daya tarik wisata berdasarkan pendekatan Triple Bottom Line yang mencakup aspek sosial, lingkungan, dan ekonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi immersive dapat meningkatkan pengalaman wisatawan, memperluas akses inklusif, serta mendorong pemasaran digital yang lebih efektif. Pada aspek lingkungan, pemanfaatan teknologi ini membantu mengurangi jejak karbon dengan menyediakan tur virtual yang lebih ramah lingkungan. Sementara itu, dari aspek ekonomi, teknologi immersive mendukung pertumbuhan industri kreatif dan meningkatkan daya saing destinasi wisata. Rekomendasi utama meliputi penguatan infrastruktur digital, kolaborasi dengan industri kreatif, pelatihan dan edukasi bagi pelaku wisata, serta promosi berbasis teknologi. Iimplementasi yang tepat, Kabupaten Tangerang dapat menjadi destinasi wisata berbasis teknologi yang inovatif, berkelanjutan, dan berdaya saing global.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-03-03

How to Cite

Fairliantina, E., Lesfandra, & Dony Oktariswan. (2025). STRATEGI PEMANFAATAN TEKNOLOGI IMMERSIVE UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK WISATA DI KABUPATEN TANGERANG. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 13(01). https://doi.org/10.35450/jip.v13i01.825