Strategi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam Pengembangan Desa Wisata Di Wisata Taman Ghanjaran Desa Ketapanrame Kecamatan Trawas
DOI:
https://doi.org/10.35450/jip.v12i02.553Keywords:
Pengembangan Desa Wisata, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)Abstract
: Penelitian ini bertujuan guna melihat strategi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam Pengembangan Desa Wisata di Wisata Taman Ghanjaran Desa Ketapanrame Kecamatan Trawas. Penelitian ini dilaksanakan di BUMDes Mutiara Welirang Desa Ketapanrame Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto. Metode yang dipakai di penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan informan yaitu Kepala Desa Ketapanrame, Direktur BUMDes Mutiara Welirang dan Para wisatawan di Taman Ghanjaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) strategi organisasi dan tujuan BUMDes Mutiara Welirang secara garis besar untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa dengan cara mengeksplorasi potensi untuk didayagunakan dan membuka pola wirausaha masyarakat desa, b) strategi program yakni Wisata Taman Ghanjaran yang dikelola BUMDes di bawah unit wisata ini dikembangkan melalui program investasi masyarakat Desa Ketapanrame dan memanfaatkan media promosi namun dalam pelaksanaannya kurang optimal dikarenakan tim IT tidak fokus pada unit Wisata Taman Ghanjaran saja c) Strategi pendukung sumber daya, dalam meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan untuk pengelolaan serta pengembangan unit usaha, BUMDes Mutiara Welirang menggandeng pihak pemerintah kabupaten, swasta serta akademisi, d) dalam Strategi kelembagaan, struktur BUMDes Mutiara Welirang sudah berjalan dengan semestinya, namun koordinasi pada pelaku usaha masih kurang.
Downloads
References
N. A. U. Purba and E. Rining Nawangsari, “Prinsip Saemaul Undong dalam Pengelolaan Desa Wisata oleh BUMDesa di Desa Ketapanrame Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto,” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 5, no. 7, pp. 2142–2147, 2022, doi: 10.54371/jiip.v5i7.684.N. Maulidiah and S. Megawati, “Implementasi Kebijakan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Dalam Pengembangan Desa Wisata,” Publika, vol. 10, no. 2, pp. 391–406, 2022.
Budhi Pamungkas Gautama, A. K. Yuliawati, N. S. Nurhayati, E. Fitriyani, and I. I. Pratiwi, “Pengembangan Desa Wisata Melalui Pendekatan Pemberdayaan Masyarakat,” BERNAS J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 4, pp. 355–369, 2020, doi: 10.31949/jb.v1i4.414.
Surti, “Jumlah Desa Wisata di Indonesia 2023, Terbaru!,” Fortune.id, 2023, [Online]. Available: https://www.fortuneidn.com/news/surti/jumlah-desa-wisata-di-indonesia
H. W. R. Hafit and H. W. R. Hendra Sukmana, “Strategi BUMDes Dalam Pengembangan Pariwisata Di Wisata Bahari Tlocor,” Dialekt. J. Ekon. dan Ilmu Sos., vol. 8, no. 2, pp. 317–331, 2023, doi: 10.36636/dialektika.v8i2.3396.
J. Iskandar, Engkus, Fadjar Tri Sakti, N. Azzahra, and N. Nabila, “STRATEGI PENGEMBANGAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA,” J. Dialekt. J. Ilmu Sos., vol. 19, no. 2, pp. 1–11, 2021, doi: 10.54783/dialektika.v19i2.1.
T. Prasetijowati, B. A. Kurniwan, and A. Firniasari, “Strategi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Mutiara Welirang Dalam Kesejahteraan Desa Ketapanrame Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto,” J. Ilm. Muqoddimah J. Ilmu Sos. Polit. dan Hum., vol. 7, no. 2, p. 572, 2023, doi: 10.31604/jim.v7i2.2023.572-577.
Karinov, Pengertian Bauran Pemasaran (7P – Marketing Mix). 2018.
Cahyaningrum and T. Tukiman, “Strategi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam Mengembangkan Wisata Taman Ghanjaran di Desa Ketapanrame Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto,” J. Ilm. Univ. Batanghari Jambi, vol. 22, no. 2, p. 1133, 2022, doi: 10.33087/jiubj.v22i2.2328.
R. N. Pradini, “Strategi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Di Desa Kedungturi Kabupaten Sidoarjo,” J. Pemerintah. Dan Keamanan Publik (JP dan KP), pp. 57–67, 2020, doi: 10.33701/jpkp.v2i1.1000.
J. Kooten, Strategic Management in Publicang NonProfit. Newyork: Praeger Publishers., 1991.
H. Willy, “Strategi Pembangunan Desa dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Desa Melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) (Studi Pada Badan Pengelolaan Air Minum (BPAM) di Desa Ketapanrame Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto),” vol. 5, no. 1, 2015.
D. N. C. Permatasari, “Perancangan Destination Branding Desa Wisata Bongan melalui Visual Branding dan Digital Marketing,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. Makardhi, vol. 2, no. 1, pp. 9–22, 2022, doi: 10.52352/makardhi.v2i1.794.
D. F. Eprilianto, Y. Lestari, S. Megawati, and T. A. Oktariyanda, “Pendampingan Tata Kelola Pemerintahan Berbasis Digital Sebagai Upaya Adaptasi Desa Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Era New Normal,” Community Dev. J. J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 3, pp. 767–776, 2021, doi: 10.31004/cdj.v2i3.2587.
Tamianingsih and D. Febriyan Eprilianto, “Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Community Based Tourism,” Publika, vol. 10, no. 3, pp. 1025–1040, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/46900%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/publika/article/download/46900/39739
J. Ivancevich, Perilaku & Manajemen Organisasi. Jakarta: Erlangga, 2007.
Published
How to Cite
Issue
Section
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shell be assigned to Development Innovation: Jurnal Kelitbangan (JIP) , Balitbangda Provinsi Lampung as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations, the reproduction of any part of this journal, its storeage in databases and its transmission by any form or media. such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc.