Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Model Children Learning In Science (Clis) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Pada Kelas Ix
DOI:
https://doi.org/10.35450/jip.v8i01.178Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk megembangkan lembar kerja peserta didik berbasis model children learning in science untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS), mengetahui pendapat para ahli, respon pendidik dan peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik ini dan juga melihat peningkatakan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian R&D dengan model pengembangan 4D. Hasil penelitian ini adalah : 1) Produk akhir yang telah dihasilkan pada pengembangan adalah lembar kerja peserta didik dengan skor rata-rata dar ahli media sebesar 91,25%, ahli materi 90,33% dengan kriteria sangat baik, 2) Kemenarikan produk ini untuk peserta didik pada uji coba kelompok kecil dengan persentase sebesar 83,33% , uji coba lapangan dengan persentase sebesar 86% dengan kriteria sangat menarik. 3) Respon uji coba produk ke pendidik terhadap lembar kerja peserta didik ini dengan persentase sebesar 86% dengan kriteria sangat baik. 4) Kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik meningkat setelah menggunakan lembar kerja peserta didik ini. Bahan ajar berupa lembar kerja peserta didik berbasis model pembelajaran children learning in science sudah baik dan menarik untuk digunakan sebagai bahan ajar IPA serta sudah mampu meningkatkan kemapuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) peserta didik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shell be assigned to Development Innovation: Jurnal Kelitbangan (JIP) , Balitbangda Provinsi Lampung as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations, the reproduction of any part of this journal, its storeage in databases and its transmission by any form or media. such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc.