IMPLEMENTASI PROGRAM PUSAT PEMBINAAN DAN LATIHAN PELAJAR PADA CABANG OLAHRAGA ANGKAT BESI SUMATERA SELATAN

Authors

  • Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Universitas Sriwijaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35450/jip.v12i03.655

Keywords:

Implementasi, Program, PPLP.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Program Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar Pada cabang olahraga angkat besi Sumatera Selatan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya sumberdaya manusia pada Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Selatan, belum maksimalnya anggaran dan belum adanya peraturan setingkat daerah yang mengatur tentang program PPLP. Teori yang digunakan oleh peneliti ialah teori pemandu yang dikemukakan oleh George. C Edward III, dimana keberhasilan implementasi kebijakan publik dipengaruhi oleh empat aspek yaitu komunikasi, sumberdaya, disposisi, dan struktur birokrasi. Jenis penelitian yang digunakan berupa jenis kualitatif. Proses pengumpulan data meliputi wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan suatu Implementasi Program Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar Pada cabang olahraga angkat besi Sumatera Selatan. Dalam implementasi program, terdapat kekurangan pada aspek sumberdaya khususnya sub aspek staf dan fasilitas, dimana jumlah staf belum memadai. Kemudian, sub aspek fasilitas masih belum maksimalnya fasilitas pada atlet. Pada aspek struktur birokrasi belum adanya peraturan tingkat daerah tentang program PPLP. Hasil penelitian menyarankan agar pihak Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Selatan dapat memaksimalkan fasilitas atlet angkat besi, terutama fasilitas alat latihan. Serta, diharapkan pihak Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Selatan memiliki peraturan tingkat daerah dalam pelaksanaan program PPLP.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Creswell, J. W. (2014). Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran.
Edward III, G. C. (1980). Implementing Public Policy. In CQ Press. https://doi.org/10.31439/UNISCI-86
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitatives Data Analysis (3rd ed.). SAGE Publications.
Munthe, A. P. (2015). Pentingnya Evaluasi Program Di Institusi Pendidikan: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan, dan Manfaat. Scholaria, 5(2), 1–14.
Nugroho, R. (2018). Public Policy (Edisi 6). Elex Media Komputindo.
Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga. (2022). Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga Nomor 10 Tahn 2022 tentang Pengembangan Sentra Pembinaan Olahraga Prestasi di Daerah.
Peraturan Presiden RI. (2021). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 86 Tahun 2021 Tentang Desain Besar Olahraga Nasional.
Putra, A., Yarmani, & Arwin. (2018). Implementasi Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Dalam Menunjang Prestasi Olahraga Bengkulu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(2), 7–11.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Penerbit Alfabeta.
Younistalb. (2015). Implementation of Public Policy. Dartmouth.

Published

2024-12-04

How to Cite

Muhammad Lindhu Sapta, Lili, & Nurmah. (2024). IMPLEMENTASI PROGRAM PUSAT PEMBINAAN DAN LATIHAN PELAJAR PADA CABANG OLAHRAGA ANGKAT BESI SUMATERA SELATAN. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 12(3). https://doi.org/10.35450/jip.v12i03.655