IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI UNTUK ANALISIS POLA PEMBELIAN

Authors

  • Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Universitas Teknologi Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.35450/jip.v12i03.633

Keywords:

Apriori, Association Rule, Confidence, Data Mining, Support

Abstract

Perkembangan pasar industri dalam dunia Food & Baverage (F&B) sangat pesat. Toleransi Kopi Banyuraden merupakan salah satu bidang industri yang bergerak dalam dunia F&B, penjualannya mengalami
perkembangan yang sangat pesat. Saingan perdagangan yang semakin ketat sehingga dibutuhkan suatu strategi yang matang dalam mengelola usaha agar tetap stabil dan terus berkembang. Penggunaan teknik data mining, data transaksi penjualan akan diolah menjadi informasi yang nantinya berguna dalam mengambil keputusan terutama sebagai media promosi. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis guna mengetahui pola pembelian pada pelanggan berdasarkan item yang sering dibeli secara bersamaan. Proses perhitungan menggunakan Algoritma Apriori dengan menghitung nilai support untuk menemukan frequent item set yang memenuhi syarat minimum confidence. Nilai minimum parameter support yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 30% dan nilai minimum untuk parameter confidence sebesar 80%. Hasil penerapan Algoritma Apriori menghasilkan total 4 aturan asosiasi. Hasil terbaik yang didapatkan ketika pelanggan membeli Taro maka juga akan membeli Coffee Creamy dengan nilai confidence sebesar 85,99%

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Zaenal, Arsya Kharisma Amartya, and Arliyanti Nurdin. 2022. “PENERAPAN ALGORITMA APRIORI PADA PENJUALAN SUKU CADANG KENDARAAN RODA DUA (Studi Kasus: Toko Prima Motor Sidomulyo).” Jurnal Teknoinfo 16(2):225. doi: 10.33365/jti.v16i2.1459.
Ade Irma Amanda, Suci Meilani Amanda, Debi Setiawan, and Liza Trisnawati. 2023. “Penerapan Algoritma Apriori Dalam Menganalisis Pola Minat Beli Konsumen Di Coffee Shop.” JEKIN - Jurnal Teknik Informatika 3(1):25–32. doi: 10.58794/jekin.v3i1.483.
Anggrawan, Anthony, Mayadi Mayadi, and Christofer Satria. 2021. “Menentukan Akurasi Tata Letak Barang Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Dan Algoritma FP-Growth.” MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer 21(1):125–38. doi: 10.30812/matrik.v21i1.1260.
Badaruddin, Muliati, and Rayendra Rayendra. 2022. “Penerapan Algoritma Apriori Pada Analisa Data Penjualan Ecommerce.” Jurnal Media Informatika Budidarma 6(2):1032. doi: 10.30865/mib.v6i2.3976.
Delya, Delya, Bagus Mulyawan, and Manatap Dolok Lauro. 2022. “E-Commerce Blessed Party Dengan Sistem Rekomendasi Apriori Dan Collaborative Filtering.” Jurnal Ilmu Komputer Dan Sistem Informasi 10(1). doi: 10.24912/jiksi.v10i1.17851.
Merliani, Nanda Nurisya, Nur Isnaeni Khoerida, Neta Tri Widiawati, Latifah Adi Triana, and Pungkas Subarkah. 2022. “Penerapan Algoritma Apriori Pada Transaksi Penjualan Untuk Rekomendasi Menu Makanan Dan Minuman.” Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi 8(1):9–16. doi: 10.25077/teknosi.v8i1.2022.9-16.
Rahmadsyah, Andi, Hartono Hartono, and Rika Rosnelly. 2021. “Analisa Association Rule Pada Algoritma Apriori Untuk Minat Pembelian Alat Kesehatan.” Jurnal Media Informatika Budidarma 5(1):280. doi: 10.30865/mib.v5i1.2658.
Rosmayati, Irma, Wahyuningsih Wahyuningsih, Eliya Fatma Harahap, and Hani Siti Hanifah. 2023. “Implementasi Data Mining Pada Penjualan Kopi Menggunakan Algoritma Apriori.” Jurnal Algoritma 20(1):99–107. doi: 10.33364/algoritma/v.20-1.1259.
Suardi, Clara Falisha, Hasyrif S. Y, and Sunardi Sunardi. 2023. “Implementasi Algoritma Apriori Untuk Analisis Data Transaksi Penjualan Pada Toko Berbasis Desktop.” Jurnal Tekno Kompak 17(1):136. doi: 10.33365/jtk.v17i1.2148.
Tarigan, Putri Mai Sarah, Jaya Tata Hardinata, Hendry Qurniawan, M. Safii, and Riki Winanjaya. 2022. “Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Dalam Menentukan Persediaan Barang.” Jurnal Janitra Informatika Dan Sistem Informasi 2(1):9–19. doi: 10.25008/janitra.v2i1.142

Published

2024-11-19

How to Cite

Muhammad Zeno Lidoviansa, & Adityo Permana. (2024). IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI UNTUK ANALISIS POLA PEMBELIAN. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 12(3). https://doi.org/10.35450/jip.v12i03.633