STRATEGI PEMASARAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK UMKM DI DESA LENGAU SERPANG

Authors

  • Universitas Budi Darma
  • Universitas Budi Darma

DOI:

https://doi.org/10.35450/jip.v12i02.590

Keywords:

UMKM, Media Digital, Pemasaran, Produk

Abstract

Kemajuan teknologi semakin memudahkan para pelaku UMKM dalam meningkatkan penjualannya. Tujaun dilakukannya riset berikut adalah guna mendapati strategi pemasaran digital dalam meningkatkan penjualan produk UMKM di Desa Lengau Serpang. Kualitatif deskriptif menjadi metode yang diterapkan dalam riset ini yakni dengan teknik pengambilan data wawancara serta observasi yang diberikan kepada para pelaku UMKM di Desa Lengau Serpang. Keluaran riset memperlihatkan para pelaku UMKM di di Desa Lengau Serpang telah menggunakan strategi pemasaran digital dalam meningkatkan penjualan produknya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariani, R., & Mardiansyah. (2024). ANALISIS KEBERADAAN BUMDes SIMPAN PINJAM DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN EKONOMI MASYARAKAT DESA LENGAU SEPRANG KECAMATAN TANJUNG MORAWA KABUPATEN DELI SERDANG SUMATERA UTARA. Jurnal Ajudan, 2(1), 14–20.
Az-Zahra, N. S. (2021). Implementasi digital marketing sebagai strategi dalam meningkatkan pemasaran UMKM. NCOINS: National Conference Of Islamic Natural …, 77–88. http://103.35.140.33/index.php/NCOINS/article/view/47%0Ahttp://103.35.140.33/index.php/NCOINS/article/download/47/30
Azmi Fadhilah, D., & Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 12(1), 17–22. https://doi.org/10.32670/coopetition.v12i1.279
Batu, R. L., & Situngkir, T. L. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Online Purchase Decision Pada Platform Belanja Online Shopee. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 18(2), 144–152.
El Ghifari, L. F., & Moh. Supendi. (2024). Penerapan Strategi Digital Marketing Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Waken Cafe. Jurnal Niara, 16(3), 504–512. https://doi.org/10.31849/niara.v16i3.15295
Fadhilah, D. A., & Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing. Jurnal Ilmiah Manajemen, 12(1), 17–22.
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2), 61–76.
Firmansyah, H. (2021). Saluran Digital Marketing. Cirebon Insania.
Hendrawan, A., Sucahyowati, H., & Cahyadi, K. (2019). Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri di Kecamatan Bantarsari Cilacap. Jurnal Administrasi Dan Kesekretariatan, 4(1), 50–61.
Jasri, Arfan, N., Hasanuddin, & Hasan, H. A. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research, 6(2), 212–224. https://doi.org/10.30631/iltizam.v6i2.1452
Jatmiko, N. S. (2022). Strategi Pemasaran Ideal di Era Digital untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM. PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 4(2), 253. https://doi.org/10.30872/plakat.v4i2.8955
Kaur, G. (2017). The Importance of Digital Marketing in The Tourism Industry. International Journal of Research-Granthaalayah. International Journal of Research-Granthaalayah, 5(6), 72–77.
Maskarto, L. N. (2021). Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 4, 122–127.
Naimah, R. J., & Wardhana, M. W. (2020). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Impact: Implementation and Action, 2(2), 1–12.
Purwana, D., Rahmi, & Aditya, S. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM)2, 1(1), 1–17.
Putra, F. P. E., Imron Rofiki, M., & Umar l, M. (2024). Sistem Informarsi Penjualan Obat Berbasis Web Pada Apotek Wira Farma Pamekasan Web-Based Medicine Sales Information System At Wira Farma Pamekasan Pharmacy. Jurnal Kelitbangan, 12(2), 123–130.
Putri, J. C., & Riyadh, A. (2024). Strategi Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes ) dalam Pengembangan Desa Wisata Di Wisata Taman Ghanjaran Desa Ketapanrame Kecamatan Trawas Strategy Of Village Owned Enterprises ( BUMDes ) in Developing Tourism Village at Ghanjaran Park Tourism , Ketapanrame Vi. 9(1).
Riska Amalia, Siti Syaodah, Susilawati Susilawati, & Riki Gana Suyatna. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Studi Kasus Batik Tedjo. Jurnal Manuhara : Pusat Penelitian Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 295–301. https://doi.org/10.61132/manuhara.v2i1.568
Rudianto, Z. R. V. (2023). Strategi Pemasaran Digital Bagi UMKM Untuk Meningkatkan Daya Saing(Studi Kasus Pada UMKMDi Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi (JEBMAK), 2(2), 449–456.
Saleh, M. Y., & Said, M. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran: Marketing Concepts and Strategies. SAH MEDIA.
Saputra, H. T., Rif’ah, F. M., & Andrianto, B. (2024). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. MANTAP: Journal of Management Accounting, Tax and Production, 2(1), 109–118. https://doi.org/10.57235/mantap.v2i1.1592
Saraswati, E. (2019). Strategi Perencanaan dan Biaya Pemasaran yang Efektif bagi UMKM Mitra Binaan PT. Semen Indonesia. Journal of Dedicators Community, 3(3), 97–105.
Sari, S., Atlantika, Y. N., Beni, S., & Usman. (2024). STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA MIE AYAM SOSI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN MARKETING STRATEGY IN AYAM SOSI Noodle BUSINESS IN INCREASING CONSUMER INTEREST IN BUYING. Inovasi Pembangunan Jurnal Kelitbangan (JIP), 12(1), 71–81.
Sugiyono. (2018). Metode Peneiltian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In Alfabeta Bandung.
Suwandi, Wardah, Sahrani Sibarani Lola, A. S., & Syafitri, H. (2023). Strategi Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Usaha Kecil Dan Menengah. Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 1(4), 116–127. https://doi.org/10.59061/guruku.v1i4.501
Suyadi, Syahdanur, & Suryan, S. (2018). Upaya pengembangan usaha, mikro, kecil, dan menengah UMKM. Jurnal Ekonomi KIAT, 29(1), 1. http://jurnal.unpad.ac.id/sosiohumaniora/article/view/12249/6227
Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Digital Marketing. PT. Literindo Berkah Karya.
Wibowo, B. S., & Haryokusumo, D. (2020). Capturing Opportunities in the Industrial Revolution 4.0: E-Commerce, Digital Marketing, Prestige, and Instant Online Buying. Jurnal Dinamika Manajemen, 11(2), 198–206.
Yolanda, C. (2024). Peran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Dalam Pengembangan Ekonomi Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(3), 170–186. https://doi.org/10.36490/jmdb.v2i3.1147

Published

2024-12-04

How to Cite

Ferawati, & Ronda Deli. (2024). STRATEGI PEMASARAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK UMKM DI DESA LENGAU SERPANG. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 12(03). https://doi.org/10.35450/jip.v12i02.590