STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA KULINER DI MANGROVE PANDANG TAK JEMU BATAM

Authors

  • Batam Tourism Polytechnic, Indonesia
  • Batam Tourism Polytechnic, Indonesia
  • Batam Tourism Polytechnic, Indonesia
  • Heri Nuryanto Batam Tourism Polytechnic, Indonesia
  • Frangky Silitonga Batam Tourism Polytechnic, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35450/jip.v12i03.588

Keywords:

Strategi pengembangan, Wisata Kuliner, Analisis Swot

Abstract

Wisata kuliner di Manggrove Pandang Tak Jemu Batam memiliki potensi untuk dikembangkan, ini disebabkan oleh meningkatnya jumlah wisatawan asing maupun wisatawan nusantara yang kunjungan tiap tahun terus meningkat. Namun, kegiatan di kawasan wisata kuliner tersebut belum berjalan dengan baik dikarenakan pengembangan dan penataan kawasan wisata kuliner yang belum optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merumuskan strategi dan perencanaan yang tepat dalam pengembangan kawasan wisata kuliner di Manggrove Pandang Tak Jemu Batam. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif dengan metode wawancara dan kuesioner kepada informan. Strategi pengembangan kawasan wisata kuliner di Manggrove Pandang Tak Jemu Batam dilakukan dengan mengidentifikasi faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman melalui analisis SWOT. Analisis SWOT menghasilkan posisi strategis di kuadran pertama sebagai strategi agresif dimana mencerminkan situasi yang menguntungkan dan wisata kuliner di Manggrove Pandang Tak Jemu memiliki kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang tersedia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, N. A., Kanom, & Darmawan, R. N. (2020). Analisis Potensi Wisata Kuliner Ikan Bakar Sebagai Daya Tarik Wisata Di Pantai Blimbingsari Banyuwangi. Inovasi Penelitian, 1(6), 1211–1221.
Ardiansyah, I., & Silmi, N. F. (2022). Strategi Pengembangan Destinasi Wisata Kuliner Di Kota Tangerang Dengan Matriks Swot Dan Analisis Qspm (Studi Kasus Kawasan Laksa Tangerang). Jurnal Industri Pariwisata, 4(2), 141–160. https://doi.org/10.36441/pariwisata.v4i2.662
Cahayani, K., & Silitonga, F. (2024). The Ecotourism Development Strategy At Pandang Tak Jemu Mangrove Batam. https://doi.org/10.4108/eai.21-9-2023.2343005
Candrawati Sri, K., & Wahyuni Sri, N. (2021). STRATEGI PENGEMBANGAN POTENSI KULINER LOKAL DALAM MENUNJANG DESA WISATA EKOLOGIS (DWE) DI DESA NYAMBU KEDIRI, TABANAN. Modul Biokimia Materi Metabolisme Lemak, Daur Asam Sitrat, Fosforilasi Oksidatif Dan Jalur Pentosa Fosfat, 4, 6.
D. Sianturi, G. H., & Purwanti, A. (2021). Citra Kota Batam Sebagai Kota Pariwisata Menurut Wisatawan Yang Berkunjung Ke Kota Batam. SCIENTA Journal, 3(3).
Dermawan, A. A., Putera, D. A., Rini, R. O. P., & ... (2022). Analisis Swot Pengembangan Umkm Xyz. … Dan Inovasi Bisnis, 1(1), 11–20. https://journal.iteba.ac.id/index.php/jmrib/article/view/16%0Ahttps://journal.iteba.ac.id/index.php/jmrib/article/download/16/13
Di-Clemente, E., Hernández-Mogollón, J. M., & López-Guzmán, T. (2020). Culinary tourism as an effective strategy for a profitable cooperation between agriculture and tourism. Social Sciences, 9(3). https://doi.org/10.3390/socsci9030025
Friskila Angela, V. (2023). Strategi Pengembangan Ekowisata dalam Mendukung Konservasi Alam Danau Tahai. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 984–993. http://jim.unsyiah.ac.id/sejarah/mm
Gupita, C. R. (2020). Strategi Pengembangan Wisata Kuliner Waroeng Pohon Yogyakarta Berbasis Ecotourism. Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 167–176. https://doi.org/10.30596/interaksi.v4i2.4534
Hernawan, Y., Musafa, M., & Wijaya Kesuma Dewi, S. (2020). PENGEMBANGAN STRATEGI BISNIS MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DI PERKEBUNAN KOPI PALASARI KABUPATEN BANDUNG. Jurnal Ilmiah Manajemen EMOR (Ekonomi Manajemen Orientasi Riset), 3(1), 14–28.
Ismail, M. (2020). Strategi Pengembangan Pariwisata Provinsi Papua. Matra Pembaruan, 4(1), 59–69. https://doi.org/10.21787/mp.4.1.2020.59-69
Kemenparekraf. (n.d.). Donat Meong khas desa wisata Kp.Tua Bakau serip. Retrieved October 7, 2024, from https://jadesta.kemenparekraf.go.id/paket/donat_meong_khas__kptua_bakau_serip
Kristiana, Y., Suryadi, M. T., & Sunarya, S. R. (2018). Eksplorasi Potensi Wisata Kuliner Untuk Pengembangan Pariwisata Di Kota Tangerang Yustisia. Jurnal Khasanah Ilmu, 9(1).
Kurniawan, M. R., & Artisa, Ri. A. (2023). STRATEGI PENINGKATAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PERENCANAAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) DESA. STUDI KASUS: DESA CIBURIAL, KECAMATAN CIMENYAN, KABUPATEN BANDUNG, JAWA BARAT. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 11(01), 61. https://doi.org/10.35450/jip.v11i01.349
Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis
Mashuri, M., & Nurjannah, D. (2020). Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 1(1), 97–112. https://doi.org/10.46367/jps.v1i1.205
Moleong, L. J. (2017). Qualitative Research Methods, 36th printing, Bandung: PT. Teen Rosdakarya Offset.
Pradipta, M. P. Y. P. (2022). Analisis Potensi Pengembangan Wisata Alam Air Terjun Sewawar dan Air Terjun Sedinding Di Kabupaten Karanganyar. Sabbhata Yatra: Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 3(1), 11–20. https://doi.org/10.53565/sabbhatayatra.v3i1.413
Rachão, S., Breda, Z., Fernandes, C., & Joukes, V. (2019). Food tourism and regional development: A systematic literature review. European Journal of Tourism Research, 21, 33–49. https://doi.org/10.54055/ejtr.v21i.357
Rahayu, S., Diatmika, I. P. G., & Haryadi, W. (2022). Analisis Potensi Wisata Kuliner Dalam Mendukung Perekonomian Umkm Pesisir Saliper Ate Di Kabupaten Sumbawa. Jurnal Riset Kajian Teknologi Dan Lingkungan, 5(1), 01–08. https://doi.org/10.58406/jrktl.v5i1.954
Rini, R. O. P. (2021). Analysis of the Development of Culinary Tourism Destination in Tanjungpinang City Through Semprong Cake Festival. Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah, 15(01), 12–21. https://doi.org/10.47256/kepariwisataan.v15i01.147
Siagian, S. P. (2005). Fungsi-fungsi manajerial.
Simatupang, C. C. (2018). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN WISATAWAN DI DESTINASI PANTAI BINASI KECAMATAN SORKAM. Pelayanan Kesehatan, 2016(2014), 1–6. http://library.oum.edu.my/repository/725/2/Chapter_1.pdf
Sinaga Murni, N. (2023). STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA KULINER DESA WISATA KAMPUNG LAMA KABUPATEN DELI SERDANG BERBASIS POTENSI LOKAL. 5(1), 1–14. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/
Theodora, V. (2022). Strategi Pengembangan Wisata Kuliner Dalam Mendukung Pariwisata di Kota Pontianak Kalimantan Barat. Jurnal Mahasiswa Pariwisata Dan Bisnis, 01(06), 1515–1525. https://paris.ipb-intl.ac.id/index.php/paris/article/view/97/86
Untari, D. T. (2019). The development strategy of betawi eco-culinary tourism as a potential business in DKI Jakarta, Indonesia. African Journal of Hospitality, Tourism and Leisure, 2019(Special Issue), 1–9.
Zulkarnain, D. R., Munir, A., & Mahyuddin. (2023). ANALISIS IFAS DAN EFAS PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA KULINER DI SEKITAR PANTAI LOSARI. Ekonomi Pembangunan STIE Muhammadiyah Palopo, 9(1), 129–140. file:///C:/Users/hp/Downloads/1454-5832-2-PB.pdf

Published

2024-11-28

How to Cite

Yobel, Rosie Oktavia Puspita, Miratia, Heri Nuryanto, & Frangky Silitonga. (2024). STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA KULINER DI MANGROVE PANDANG TAK JEMU BATAM. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 12(3). https://doi.org/10.35450/jip.v12i03.588