PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PEMBELAJARAN KONTRUKSI DAN UTILITAS GEDUNG
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan, ditemukan bahwa model pembelajaran inkuiri belum diterapkan pada mata pembelajaran konstruksi dan utilitas gedung, serta kurangnya kemampuan berpikir kreatif siswa dalam mata pembelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung di kelas XII DPIB SMK Negeri 1 Lotu. Oleh karena itu, Peneliti bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pembelajaran konstruksi dan utilitas gedung di SMK Negeri 1 Lotu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XII DPIB di SMK Negeri 1 Lotu. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan regresi linier sederhana di peroleh bahwa nilai sig < 0,05 yang artinya model pembelajaran inkuiri memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Sedangkan dari hasil uji determinasi di peroleh terdapat pengaruh sebesar 70%. Hasil uji-t menunujukan thitung 4,273 lebih besar dari ttabel 2,085 dengan tarif signifikan 5%, maka hipotesis alternatif (HA) diterima, bisa disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif pada mata pembelajaran konstruksi dan utilitas gedung di kelas XII DPIB SMK Negeri 1 Lotu.
Downloads
References
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Fadly (2022). Model-Model pembelajaran untuk implementasi Kurikulum Merdeka.Yokyakarta: Bening Pustaka
Fauziyah Nur, 2018. Analisis Data Menggunakan Uji Korelasi dan Uji Regresi Linear di Bidang Kesehatan Masyarakat dan Klinis. Bandung: Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung
Firstyara Prihenindya, A. (2019). Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa melalui penerapan model pembelajaran think pair share pada materi aritmatika sosial (Doctoral dissertation, UIN Mataram).
Fiska, F. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Lima Madrasah Ibtidaiyah Hayatul Islamiyah Depok (Doctoral dissertation, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta).
Hasmyati,Suwardi, et al. Effective Learning Models In Physical Education Teaching. (Yogyakarta : Grup Penerbitan CV Utama, 2018), h.12
Idrisah, I. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa.
Istiningsih, A., Mawardi, M., & Permata, H. K. I. (2019). Peningkatan keterampilan berpikir kreatif melalui penerapan model pembelajaran mind mapping. Edukasi: Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan, 11(1), 1-16.
Karimuddin Abdullah, Misbahul Jannah, A. (2021). METODOLOGI PENELITAN KUANTITATIF (N. Saputra (ed.)). Muhammad Zaini.
Karimuddin dkk, 2021. Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini
Luthfiyah & Eulis, 2015. Strategi Belajar Berpikir Kreatif. Yogyakarta: Ombak.
M Yusril, M. Y. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadapa Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA IT Wahdah Islamiyah Makassar (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).
Masykur, R. (2019). Teori Dan Telaah Pengembangan Kurikulum. Bandar Lampung: AURA, 15.
Nilakusmawati & Asfi. 2012. Kajian Beberapa Model Pembelajaran.
Nurul Pebri, A. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Menggunakan Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Di Sdn 07 Bengkulu Tengah (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widana, I. W., & Septiari, K. L. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Project-Based Learning Berbasis Pendekatan STEM. Jurnal Elemen, 7(1), 209–220. https://doi.org/10.29408/jel.v7i1.3031
Widodo dkk, 2018. Model Pembelajaran Allr Active Based – Lesson Learn – Reflection Untuk Penguatan Sikap Toleransi dan Keadilan Sosial. Surabaya: Unesa University Press
Widodo, Ladyani, & Asrianto. (2023). Buku Ajar Metodologi Penelitian (pertama). T CV SCIENCE TECHNO DIRECT PERUM KORPRI.
Wilda, dkk, 2022. Pemikiran Kritis Dan Kreatif. Kota Bandung -Jawa Barat: Media Sains Indonesia.
Zainuri Ahmad, 2023. Manajemen Kurikulum Merdeka. Bengkulu: Penerbit Buku Literasiologi Ahdar, 2021. Ilmu Pendidikan. Sulawesi Selatan: IAIN Parepare Nusantara Press.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Fadly (2022). Model-Model pembelajaran untuk implementasi Kurikulum Merdeka.Yokyakarta: Bening Pustaka
Fauziyah Nur, 2018. Analisis Data Menggunakan Uji Korelasi dan Uji Regresi Linear di Bidang Kesehatan Masyarakat dan Klinis. Bandung: Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung
Firstyara Prihenindya, A. (2019). Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa melalui penerapan model pembelajaran think pair share pada materi aritmatika sosial (Doctoral dissertation, UIN Mataram).
Fiska, F. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Lima Madrasah Ibtidaiyah Hayatul Islamiyah Depok (Doctoral dissertation, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta).
Hasmyati,Suwardi, et al. Effective Learning Models In Physical Education Teaching. (Yogyakarta : Grup Penerbitan CV Utama, 2018), h.12
Idrisah, I. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa.
Istiningsih, A., Mawardi, M., & Permata, H. K. I. (2019). Peningkatan keterampilan berpikir kreatif melalui penerapan model pembelajaran mind mapping. Edukasi: Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan, 11(1), 1-16.
Karimuddin Abdullah, Misbahul Jannah, A. (2021). METODOLOGI PENELITAN KUANTITATIF (N. Saputra (ed.)). Muhammad Zaini.
Karimuddin dkk, 2021. Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini
Luthfiyah & Eulis, 2015. Strategi Belajar Berpikir Kreatif. Yogyakarta: Ombak.
M Yusril, M. Y. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadapa Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA IT Wahdah Islamiyah Makassar (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).
Masykur, R. (2019). Teori Dan Telaah Pengembangan Kurikulum. Bandar Lampung: AURA, 15.
Nilakusmawati & Asfi. 2012. Kajian Beberapa Model Pembelajaran.
Nurul Pebri, A. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Menggunakan Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Di Sdn 07 Bengkulu Tengah (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widana, I. W., & Septiari, K. L. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Project-Based Learning Berbasis Pendekatan STEM. Jurnal Elemen, 7(1), 209–220. https://doi.org/10.29408/jel.v7i1.3031
Widodo dkk, 2018. Model Pembelajaran Allr Active Based – Lesson Learn – Reflection Untuk Penguatan Sikap Toleransi dan Keadilan Sosial. Surabaya: Unesa University Press
Widodo, Ladyani, & Asrianto. (2023). Buku Ajar Metodologi Penelitian (pertama). T CV SCIENCE TECHNO DIRECT PERUM KORPRI.
Wilda, dkk, 2022. Pemikiran Kritis Dan Kreatif. Kota Bandung -Jawa Barat: Media Sains Indonesia.
Zainuri Ahmad, 2023. Manajemen Kurikulum Merdeka. Bengkulu: Penerbit Buku Literasiologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shell be assigned to Development Innovation: Jurnal Kelitbangan (JIP) , Balitbangda Provinsi Lampung as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations, the reproduction of any part of this journal, its storeage in databases and its transmission by any form or media. such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc.