Variasi Stimulus dalam Pembelajaran Pelayanan Prima

Penulis

  • Saripuddin User Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Way Kanan

DOI:

https://doi.org/10.35450/jip.v5i03.51

Kata Kunci:

pelayanan prima, pembelajaran, variasi stimulus

Abstrak

variasi stimulus bertujuan menjadikan proses pembelajaran pelayanan prima berjalan baik. Dalam artian peserta pedidikan dan pelatihan (diklat) dapat meningkatkan pengetahuan terhadap materi pelayanan prima setelah mengikuti diklat. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan statistik inferensial. Variasi stimulus yang terdiri atas tiga bentuk variasi, yaitu gaya mengajar, penggunaan media dan bahan pembelajaran, dan pola interaksi dan kegiatan peserta, telah meningkatkan pengetahuan peserta diklat terhadap materi pelayanan prima. Hasil analisa statistik diperoleh nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel, yang artinya variasi stimulus mempengaruhi peningkatan pengetahuan peserta diklat tentang materi pelayanan prima. Dalam skala nilai 0 – 100, rata-rata nilai sebelum  pembelajaran adalah 50,33, meningkat menjadi 87 setelah pembelajaran

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anonim. 2007. Pendidikan Orang Dewasa. LAN RI. Jakarta

Anonim. 2017. Ombudsman: Keluhan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik Semakin Meningkat. www.national.kompas.com diakses tanggal 24 Oktober 2017

Asropi, A. 2016. Analisis Penelitian. LAN RI. Jakarta

Herrhyanto, N. 2017. Analisis Data Kuantitatif dengan Statistika Inferensial. Yrama Widya. Bandung

Iriantara, Y. 2014. Komunikasi Pembelajaran; Interaksi Komunikatif dan Edukatif di dalam Kelas. Simbiosa Rekatama Media. Bandng

Muhson, A. 2017. Teknik Analisis Kuantitatif. Yogyakarta: staffnew.uny.ac.id. diakses pada tangal 25 Oktober 2017

Novianto, W. 2016. Penyusunan Rancangan Penelitian. Jakarta: LAN RI.

Rezita, R. 2015. Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah DI Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.Yogyakarta

Sobandi, B. 2016. Metode Penelitian II. LAN RI. Jakarta

Taupik, R. 2017. Kinerja Aparatur Sipil Negara Dalam. Malang: ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id. diakses pada tanggal 24 Oktober 2017

Ubaidillah. (2010). Teknik Analisis Data Kuantiatif. Jember: mabadik.wordpress.com. Diakses pada tanggal 24 Oktober 2017

Winnary, A., dan Faihah, I. 2016. Kebijakan Pembinaan Widyaiswara dan Angka Kreditnya. LAN RI. Jakarta

Diterbitkan

2017-12-01

Cara Mengutip

User, S. (2017). Variasi Stimulus dalam Pembelajaran Pelayanan Prima. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 5(03), 282-297. https://doi.org/10.35450/jip.v5i03.51

Terbitan

Bagian

Articles