Variasi Stimulus dalam Pembelajaran Pelayanan Prima
DOI:
https://doi.org/10.35450/jip.v5i03.51Kata Kunci:
pelayanan prima, pembelajaran, variasi stimulusAbstrak
variasi stimulus bertujuan menjadikan proses pembelajaran pelayanan prima berjalan baik. Dalam artian peserta pedidikan dan pelatihan (diklat) dapat meningkatkan pengetahuan terhadap materi pelayanan prima setelah mengikuti diklat. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan statistik inferensial. Variasi stimulus yang terdiri atas tiga bentuk variasi, yaitu gaya mengajar, penggunaan media dan bahan pembelajaran, dan pola interaksi dan kegiatan peserta, telah meningkatkan pengetahuan peserta diklat terhadap materi pelayanan prima. Hasil analisa statistik diperoleh nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel, yang artinya variasi stimulus mempengaruhi peningkatan pengetahuan peserta diklat tentang materi pelayanan prima. Dalam skala nilai 0 – 100, rata-rata nilai sebelum pembelajaran adalah 50,33, meningkat menjadi 87 setelah pembelajaran
Unduhan
Referensi
Anonim. 2017. Ombudsman: Keluhan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik Semakin Meningkat. www.national.kompas.com diakses tanggal 24 Oktober 2017
Asropi, A. 2016. Analisis Penelitian. LAN RI. Jakarta
Herrhyanto, N. 2017. Analisis Data Kuantitatif dengan Statistika Inferensial. Yrama Widya. Bandung
Iriantara, Y. 2014. Komunikasi Pembelajaran; Interaksi Komunikatif dan Edukatif di dalam Kelas. Simbiosa Rekatama Media. Bandng
Muhson, A. 2017. Teknik Analisis Kuantitatif. Yogyakarta: staffnew.uny.ac.id. diakses pada tangal 25 Oktober 2017
Novianto, W. 2016. Penyusunan Rancangan Penelitian. Jakarta: LAN RI.
Rezita, R. 2015. Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah DI Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.Yogyakarta
Sobandi, B. 2016. Metode Penelitian II. LAN RI. Jakarta
Taupik, R. 2017. Kinerja Aparatur Sipil Negara Dalam. Malang: ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id. diakses pada tanggal 24 Oktober 2017
Ubaidillah. (2010). Teknik Analisis Data Kuantiatif. Jember: mabadik.wordpress.com. Diakses pada tanggal 24 Oktober 2017
Winnary, A., dan Faihah, I. 2016. Kebijakan Pembinaan Widyaiswara dan Angka Kreditnya. LAN RI. Jakarta
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Penulis yang mengirimkan jurnal harus mengerti bahwa jurnal yang diterima dan dipublikasikan, hak cipta jurnal tersebut diberikan kepada Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan (JIP), Balitbangda Provinsi Lampung sebagai penerbit jurnal.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan jurnal ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi sejenis lainnya, serta terjemahan, reproduksi sebagian / bagian dari jurnal ini, penyimpanannya di basis data dan penularannya oleh bentuk atau media apapun seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dll.









