ANALISIS PENGUATAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL DALAM MEMPERTAHANKAN UMKM DI ERA NEW NORMAL

  • Claudius Lisias Institut Shanti Bhuana
  • Sabinus Beni
  • Amelia Priska Asmara
  • Efri Yelis Yeni

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan agar dapat mengetahui serta menganalisis strategi untuk meningkatkan perekonomian UMKM pada saat kebijakan new normal yang sedang di terapkan akibat dari dampak adanya pandemi covid-19.Metode penelitian yang di gunakan adalah metode kualitatif deskrptif.Hasil yang di peroleh adalah penelitian ini menunjukkan bahwa perlunya tindakan yang cepat,tepat dan nyata dari pemerintah ataupun dari pelaku usaha dalam menanggulangi kerugian yang telah terjadi akibat pandemi covid-19 dan dapat melakukan pembaharuan serta dapat mengevaluasi mengenai silkus usaha agar dapat terus berkembang dan bertahan.

Kata kunci: UMKM,Strategi Pemasaran,Pandemi Covid-19

 

Abstract: This study aims to be able to identify and analyze strategies to improve the MSME economy during the new normal policy which is being caused by the impact of the covid-19 pandemic. The research method used is a qualitative descriptive method. fast, precise and real from the government or from business actors in tackling losses that have occurred due to the covid-19 pandemic and can make improvements and can develop the business cycle so that it can continue to grow and survive.

Keywords: UMKM,Markting Strategy,Covid-19 Pandemic

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bambang Agus Windusancono. 2021. “Upaya Percepatan Pertumbuhan Uasaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Indonesia.” Mimbar Administrasi 18(2):1–14.
Basuki, Kustiadi, and Silfa Nugrawati. 2015. “Implementasi Abg ( Academician , Business and Government ) Melalui Kampung Bisnis Sebagai Upaya Pengembangan Umkm Dalam Menghadapi Asean Economic Community 2015.” ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta 53(9):248–58.
Chaerani, Diah, Melda Noereast Talytha, Tomy Perdana, Endang Rusyaman, and Nurul Gusriani. 2020. “Pemetaan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Pada Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Analisis Media Sosial Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan.” Dharmakarya 9(4):275. doi: 10.24198/dharmakarya.v9i4.30941.
Hidayat, Taufik. 2019. “Pengaruh Motivasi Kerja, Kompetensi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Penelitian Dan Pengembangan Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia.” 6.
Nuvitasari, Ari, Norita Citra Y, and Nina Martiana. 2019. “Implementasi SAK EMKM Sebagai Dasar Penyusunan Laporan Keuangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM).” International Journal of Social Science and Business 3(3):341. doi: 10.23887/ijssb.v3i3.21144.
Siagian, Ade Onny, and Yoyok Cahyono. 2021. “Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif.” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis 3(1):206–17. doi: 10.47233/jiteksis.v3i1.212.
Published
2022-08-09
How to Cite
Lisias, C., Beni, S., Asmara, A. P., & Yeni, E. Y. (2022). ANALISIS PENGUATAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL DALAM MEMPERTAHANKAN UMKM DI ERA NEW NORMAL. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 10(02), 207. https://doi.org/https://doi.org/10.35450/jip.v10i02.291