DESKRIPSI KLON TANAMAN UBI KAYU (Manihot esculenta Crantz) YANG DITANAM PETANI DI ENAM KABUPATEN DI PROVINSI LAMPUNG

  • Dany Pranowo Universitas Lampung

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan melakukan pengumpulan data klon ubi kayu dengan melakukan survei di Way Kanan, Lampung Tengah, Lampung Utara, Pringsewu, Tanggamus, dan Metro).  Penentuan kabupaten sampel dilakukan dengan metode acak terarah berdasarkan luasan budidaya.  Pengambilan sampel desa dilakukan melalui rancangan sampling non-probablitas, yaitu sampling kebetulan (accidental sampling). Data primer diperoleh melalui wawancara kepada petani yang dijumpai di lokasi penelitian meliputi nama lokal, umur tanaman, dan penggunaan klon yang dibudidayaka.  Data deskripsi karakteristik morfologis karakteristik vegetatif didapatkan melalui pengamatan langsung di lapangan dengan standarisasi yang ditetapkan oleh International Institute of Tropical Agriculture (IITA) yaitu “Selected Morphological and Agronomic Descriptors for the Characterization of Cassava” oleh Fukuda, dkk. (2010). Ditemukan 15 klon dari 6 kabupaten/kota, di Kabupaten Lampung Tengah ditemui 3 klon ubi kayu (Barokah, Thailand, dan Kasesat), Tanggamus 2 klon (Martapuro dan Baturaja), Pringsewu 2 klon ( Melati dan Pringsewu-1), Way Kanan 3 Klon (S.R. Lowo, Way Kanan -1 dan Way Kanan-2), Kota Metro 2 klon (Manalagi dan Klenteng) dan di Lampung Utara ditemui 3 klon (Roti, Udang, dan Ketan).  Analisis klaster dilakukan untuk mengetahui struktur populasi suatu kelompok individu termasuk kemiripan (similarity) atau jarak genetik (distance) dan penyebaran kelompok tertentu dalam populasi dengan menggunakan software SPSS Statistics 23.  Terdapat 8 level, klon yang memiliki tingkat kesamaan karakter terbesar adalah klon Martapuro dan S.R Lowo.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atmojo, S.W. 2006. Peranan Bahan Organik terhadap Kesuburan Tanah dan Upaya Pengelolaannya. Sebelas Maret University Press. Surakarta.
Badan Pusat Statistik. 2017. Lampung Dalam Angka. BPS Provinsi Lampung. Bandar Lampung.
Bradbury, J.H. dan Warren, D.H. 1988. Chemistry of Tropical Root Crops: Significance for Nutrition and Agriculture in The Pacific. ACIAR. Canberra.
Direktorat Jenderal Bina Produksi Tanaman Pangan. 2002. Agribisnis Ubi Jalar Cilembu. Direktorat Kacang-Kacangan dan Umbi-umbian. Jakarta.
Eunike, A. 2013. Statistika Industri 1. dari www.aeunike.lecture.ub.ac.id pada tanggal 9 April 2019.
Ferrero, M.T dan Villegas L. 1992. Effect of rainfall on HCN content in cassava roots. Prosiding CBN. 25-28 August 1992; Cartagena de Indias, Colombia. Cali (CO): CIAT. hlm 433-437.
Fukuda, W.M.G., Guevara, C.L., Kawuki, R., dan Ferguson, M.E. 2010. Selected Morphological and Agronomic Descriptors for The Characterization of Cassava. International Institute of Tropical Agriculture (IITA). Ibadan, Nigeria.
Hasyim, A dan Yusuf, M. 2008. Difersifikasi Produk Ubi Kayu Sebagai Bahan Pangan Subtitusi Beras. Badan Litbang Pertanian. Malang.
Karsono, N. 2008. Peran Pemuliaan Tanaman dalam Meningkatkan Produksi Pertanian di Indonesia. http://Indoplasma.or.id/. Diakses 20 Juni 2019.
Moenandir, J. 2010. Ilmu Gulma. Universitas Brawijaya Press. Malang. 162 hlm.
Oladosu, Y., Rafii, M.Y., Abdullah, N., Hussin, G., Ramli, A., Rahim, H.A., Miah, G., dan Usman, M. 2016. Principle and application of plant mutagenesis in crop improvement: a review. Biotechnol. Biotechnol. Equip. hal. 1–16.
Soehardi, Soenarso. 2004. Memelihara Kesehatan Jasmani Melalui Makanan. ITB. Bandung:
Suharno, Djasmin, Rubiyo, dan Dasiran. 1999. Budi Daya Ubikayu. Badan Peneliti dan Pengembangan Pertanian. Kendari.
Sundari, T. 2010. Petunjuk Teknis Pengenalan Varietas Unggul dan Teknik Budidaya Ubi Kayu. Balai Penelitian Tanaman Kacang-kacangan dan Ubi-ubian. Malang.
Suparman. 2014. Diversifikasi Pertanian dalam Proses Mempercepat Laju Pembangunan Nasional. Pustaka Sinar Harapan. Jakarta:
Suyamto dan J. Wargiono. 2006. Potensi dan Peluang Pengembangan Ubi kayu untuk Industri Bioetanol. Prosiding Lokakarya Pengembangan Ubi Kayu. Balitkabi. Malang.
Syukur, M., Sujiprihati, S. dan R. Yunianti. 2015. Teknik Pemuliaan Tanaman. Edisi Revisi. Penebar Swadaya, Jakarta.
Wargiono, J., Hasanuddin, A., dan Suyamto. 2006. Teknologi produksi ubi kayu mendukung industri bioethanol. Puslitbang Tanaman Pangan. Bogor. 42 hlm.
Yuniarti. 2011. Inventaris dan karakteristik morfologi tanaman durian (Durio zibthinus Murr) di Kabupaten Tanah Datar. Skripsi. FMIPA Biologi Universitas Sriwijaya
Published
2021-12-15
How to Cite
Pranowo, D. (2021). DESKRIPSI KLON TANAMAN UBI KAYU (Manihot esculenta Crantz) YANG DITANAM PETANI DI ENAM KABUPATEN DI PROVINSI LAMPUNG. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 9(03), 271. https://doi.org/https://doi.org/10.35450/jip.v9i03.249