STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN SWEET CORN BERLI
Abstract
Strategi yang digunakan oleh Sweet Corn Berli adalah menggunakan strategi bauran pemasaran 4P (Product, Price, Place, Promotion) dan menggunakan strategi STP (Segmenting, Targeting, Positioning, Diferentation Product) yang ditetapkan dalam usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran 4P (Product, Price, Place, Promotion) dan STP (Segmenting, Targeting, Positioning, Diferentation Product) pada produk Sweet Corn Berli. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif. Sumber data yang diperoleh adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) produk, berkualitas dan memiliki nilai tambah. 2) harga, terjangkau. 3) tempat, strategis mudah dikunjungi. 4) promosi, secara langsung atau dari mulut ke mulut. 5) segmentasi Sweet Corn Berli: segmentasi geografis di Desa Cipta Karya tepatnya di Riam Palayo, segmentasi demografis berdasarkan usia, pendidikan, jenis kelamin dan penghasilan, segmentasi psikografis lebih berkaitan dengan harga yang terjangkau karena dilihat dari segi usia, pendidikan dan penghasilan kebanyakan konsumen yang senang dengan produk Sweet Corn Berli adalah anak remaja yang belum memiliki penghasilan, segmentasi perilaku lebih mengarah pada respon konsumen. 6) Target, anak remaja. 7) positioning, berkaitan dengan image atau citra merek, pemberian nama brand Sweet Corn Berli masyarakat tidak terlalu tahu. 8) diferensiasi produk, memodifikasi produk. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa dengan melakukan strategi-strategi tersebut ternyata sangat berpengaruh terhadap hasil penjualan Sweet Corn Berli sehingga bisa bertahan dan mengalami peningkatan penjualan.
Downloads
References
Cucu Sumartini, Lilis, and Dini Fajriany Ardining Tias. 2019. “Consumer Satisfaction Analysis to Increase Sales Volume of Coffee Shops at Twilight.” Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis) 3(2): 111–18. http://jurnal.politeknik-kebumen.ac.id/E-Bis/article/view/124.
Dardanila, Miraya. 2023. “Analisis Potensi Dan Proyeksi Perekonomian Provinsi Lampung Tahun 2023.” Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan 11(02): 143–58.
Falentia Tia Indana, and Sabinus Beni. 2021. “Strategi Pemasaran Sayuran Hidroponik Shanti Bhuana.” Business, Economics and Entrepreneurship 3(2): 86–92.
FEBRIAN, ANGGA, and Cinthia Annisa Vina Hapsari. 2019. “Strategi Pemasaran Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Melalui Niat Sebagai Mediasi.” Buletin Studi Ekonomi 24(2): 279.
Fernanda, Anggela, Shanti Veronica Br Siahaan, Veneranda Rini Hapsari, and Yosua Damas Sadewo. 2020. “Analisis Strategi Bauran Pemasaran Usaha Kemitraan Gi-Va Fashion Di Perumahan Kelapa Sawit Wirata.” Business, Economics and Entrepreneurship 2(2): 52–73.
Jasaraharja, P T, and Putera Surakarta. 2009. “Strategi Pemasaran Asuransi Jp-Astor Pada.”
Lestari, Hanisa Sismaya. 2020. “Pertanian Cerdas Sebagai Upaya Indonesia Mandiri Pangan.” AGRITA (AGri) 2(1): 55.
Mahfud, Mohamad Harisudin. 2020. “Metode Penentuan Faktor-Faktor Keberhasilan Penting Dalam Analisis SWOT.” AGRISAINTIFIKA: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian 3(2): 113.
Masganti, Masganti, Ani Susilawati, and Muhammad Yasin. 2020. “Ketersediaan Lahan Mendukung Ekspor Jagung Kabupaten Bengkayang Ke Malaysia.” Jurnal Sumberdaya Lahan 11(2): 107.
Nasution, Aru Moksa Pinayungan Nasution. 2021. “Analisis Pendapatan Usaha Jasuke Di Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang.” : 21.
Norrohmah, Putri. 2017. “Pengaruh Penjualan Langsung Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen.” Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi 5(3): 344–51.
Pebriasih, Dilly Yuda, R A Diana Widyastuti, Kus Hendarto, and Fitri Yelli. 2023. “Pertumbuhan Dan Produksi Dua Varietas Bawang Merah ( Allium Ascalonicum L .) The Effect of Type of Organic Matter on the Growth and Production of Two Shallot Varieties ( Allium Ascalonicum L .) Sebagai Obat Herbal Karena Memiliki Bahan Organik Tumbuhan Da.” 11(2): 175–88.
Putra, Made Irvan Mahendra, Sephy Lavianto, and I Made Artana. 2022. “Implementasi Analisis Stp (Segmentation, Targeting, Positioning) Pada Usaha Kue Tradisional Djaje.” Jurnal Teknik Informasi dan Komputer (Tekinkom) 5(1): 78.
Rusdi, Moh. 2019. “Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada Perusahaan Genting UD. Berkah Jaya.” Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis 6(2): 83–88.
Salsabilla Beu, Nabilla, Silcyljeova Moniharapon, and Reitty L. Samadi. 2021. “Analisis Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Penjualan Ikan Kering Pada Umkm Toko 48 Pasar Bersehati Manado.” Emba 9(3): 1530–38.
Sapas, Patrisia, Benedhikta Kikky Vuspitasari, Yosua Damas Sadewo, and Shanti Veronica Br Siahaan. 2020. “Strategi Pemasaran Sayur Organik Frysia Melalui Analisis 4P Dan Stp.” Business, Economics and Entrepreneurship 2(2): 20–28.
Usman, Usman, and Veneranda Rini Hapsari. 2022. “Peluang Mengembangkan Kewirausahaan Dengan Menggali Potensi Desa Berbasis Kearifan Lokal.” EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis 10(S1): 1–8.
Vuspitasari, Benedhikta Kikky, Yermia Niaga Atlantika, and Novianty Novianty. 2023. “Pemanfaatan Digital Dalam Pemasaran Produk Anyaman Rotan Kampung Kreatif Di Perbatasan.” EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis 11(1): 997–1004.
Aliya Malikah. 2015. “Metadata, Citation and Similar Papers at Core.Ac.Uk 4.” Донну 5(December): 118–38.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shell be assigned to Development Innovation: Jurnal Kelitbangan (JIP) , Balitbangda Provinsi Lampung as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations, the reproduction of any part of this journal, its storeage in databases and its transmission by any form or media. such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc.