Pengaruh Gaya Kepemimpinan Pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Tutor “Paket B” Di Kecamatan Sirimau Kota Ambon

  • Arnold Sahalessy
  • Zeztrix Christina Rahabav
  • Vando Kristi Makaruku

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh gaya kepemimpinan pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan motivasi kerja terhadap kinerja tutor "Paket B" di Kecamatan Sirimau, Kota Ambon. Dengan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan dari 4 pengelola PKBM dan 30 tutor melalui kuesioner yang dirancang untuk mengukur kinerja, motivasi kerja, dan gaya kepemimpinan. Data dianalisis menggunakan teknik regresi sederhana dan ganda untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel independen (gaya kepemimpinan dan motivasi kerja) dan variabel dependen (kinerja tutor). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara gaya kepemimpinan yang efektif dan motivasi kerja yang tinggi dengan peningkatan kinerja tutor. Temuan ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yang menekankan pentingnya kepemimpinan dan motivasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Gaya kepemimpinan yang baik mampu menciptakan lingkungan kerja yang mendukung dan memberikan motivasi kepada tutor untuk melaksanakan tugasnya dengan lebih baik. Selain itu, dukungan masyarakat dan kondisi sarana dan prasarana yang memadai juga berperan penting dalam mendukung keberhasilan pendidikan nonformal. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi pengelola PKBM dalam mengembangkan strategi kepemimpinan dan motivasi untuk meningkatkan kinerja tutor dan kualitas pendidikan di daerah tersebut. Implikasi praktis dari penelitian ini meliputi perlunya pelatihan bagi pengelola PKBM untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan yang efektif dan strategi motivasi yang dapat diterapkan untuk mendukung kinerja tutor secara optimal. Penelitian ini juga menyarankan penelitian lanjutan untuk mengeksplorasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Tambingon, H. (2018). The Influence of Principal Leadership Style and Teacher Work Motivation on the Performance of Certified Teachers at SMA Negeri Kotamobagu, North Sulawesi, Indonesia. Journal of Education and Learning (EduLearn). https://doi.org/10.11591/EDULEARN.V12I3.8248.
Anggraini, D., Marsih, Y., Buwono, A. K., & Ardiansyah, A. (2021). Motivation And Competency Factors Influencing Tutors Performance In Educational Equality Of Study Group Musi Banyuasin Regency. IJEBD (International Journal of Entrepreneurship and Business Development). https://doi.org/10.29138/ijebd.v4i4.1425.
Djibu, R., & Duludu, U. (2020). Impact of the Work Environment and Work Motivation in Influencing the Performance of Non-Formal Educators.
Eprianti, Y. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi terhadap Kinerja Tutor. Jurnal Pendidikan Nonformal, 11(1), 75-88.
Haryono, T. (2015). The Effect of Leadership Style and Work Motivation on the Performance of Teachers in Non-Formal Education Institutions. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 9(2), 120-134.
Kyriakides, L., & Luyten, H. (2007). The contribution of schooling to the cognitive development of secondary education students in Cyprus: an application of regression discontinuity with multiple cut-off points. School Effectiveness and School Improvement, 20, 167-186.
Nugroho, A. D., Suryandari, L., & Sumarsid. (2019). The Effect of Leadership Style and Discipline of Work on Work Motivation as An Intervening Variable and Impact on the Performance of Teachers of Islamic Education Park, Gedangan Sidoarjo. Journal of Resources Development and Management.
Petscher, Y., & Logan, J. A. R. (2014). Quantile regression in the study of developmental sciences. Child Development, 85(3), 861-881.
Petscher, Y., & Logan, J. A. R. (2014). Quantile regression in the study of developmental sciences. Child Development, 85(3), 861-881.
Plonsky, L., & Ghanbar, H. (2018). Multiple Regression in L2 Research: A Methodological Synthesis and Guide to Interpreting R2 Values. The Modern Language Journal.
Plonsky, L., & Ghanbar, H. (2018). Multiple Regression in L2 Research: A Methodological Synthesis and Guide to Interpreting R2 Values. The Modern Language Journal.
Sedarmayanti, S., Gunawan, S., & Perceka, D. P. (2019). Influence of Leadership Style and Motivation to Teachers’ Performance in BPI 1 Bandung Senior High School. Proceedings of the 2nd International Conference on Research of Educational Administration and Management (ICREAM 2018). https://doi.org/10.2991/icream-18.2019.23.
Susanti, M., Putra, E. H., Syam, H., Arif, M., & Yuliandri, Y. (2023). The Influence of Principal Leadership Style and Teacher Work Motivation on Teacher Performance. GIC Proceeding. https://doi.org/10.30983/gic.v1i1.111.
Usmar, R. J., & Santosa, A. B. (2022). Improving Teacher Performance Through a Good Leadership and Motivational Approach. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. https://doi.org/10.14421/manageria.2022.71-05.
Published
2024-06-11
How to Cite
Sahalessy, A., Rahabav, Z., & Makaruku, V. (2024). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Tutor “Paket B” Di Kecamatan Sirimau Kota Ambon. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 12(01), 177 - 185. https://doi.org/https://doi.org/10.35450/jip.v12i01.519
Section
Articles